Pengertian Mengemas

Pengertian MengemasSetiap kali membeli suatu barang, entah itu makanan, kebutuhan rumah tangga seperti sabun maupun barang elektronik pasti disertai dengan kemasan.

Pengertian Mengemas

Pengertian Mengemas

Kemasan dalam suatu barang sangat penting. Tidak hanya berfungsi melindungi suatu produk ketika dilakukan distribusi maupun saat dipasarkan, namun kemasan juga memiliki peran lain yaitu sebagai salah satu strategi pemasaran guna menarik konsumen lebih banyak.

Dari sebuah penelitian, diketahui bahwa kemasan sabun mandi memengaruhi pemilihan konsumen sebanyak 17-68%. Hal ini berarti selain melihat dari kegunaan dan kebutuhan, konsumen yang baru pertama kali membeli suatu produk, atau sedang ingin beralih ke produk lain akan melihat suatu produk dari dari kemasannya terlebih dahulu.

Selain itu kemasan juga bisa digunakan sebagai sarana informasi antar produsen ke konsumen. Produsen dapat melampirkan bahan dari sebuah produk atau membuat tagline yang menarik pada produk sebuah kemasan. Tentu apabila sebuah produk memiliki keunikan bukan hanya dari sisi bahan namun desain kemasan, maka akan lebih mudah diingat oleh konsumen.

Membicarakan mengenai kemasan, tentu tak jauh dari aktivitas mengemas. KBBI mendefinisikan mengemas sebagai membungkus-bungkus supaya ringkas, mengatur rapi-rapi.

Mengemas juga dapat diartikan sebagai membungkus suatu hal dengan suatu cara agar dapat menarik target/konsumen. Kegiatan mengemas bisa dimulai dengan pemilihan desain suatu produk, dalam hal ini tentu akan lebih maksimal hasilnya apabila desainer dari suatu produk adalah orang yang berpengalaman.

Selanjutnya menentukan apakah kemasan dalam suatu produk membutuhkan sudah cukup hanya berdasarkan dari kemasan primer, yaitu bahan kemas yang langsung mewadahi suatu produk seperti botol kecap atau botol minuman, ataukah dibutuhkan kemasan sekunder untuk melindungi lagi suatu produk. Yang paling penting adalah memilih apakah kemasan yang diberikan pada suatu produk efisien dan tidak menyulitkan konsumen dalam menggunakan produk tersebut.

Baca Juga :

Saat ini, banyak perusahaan juga mulai mempertimbangkan untuk melakukan pengemasan yang tidak merugikan lingkungan. Hal ini dimaksudkan agar kemasan suatu produk tidak turut andil dalam mengurangi luas hutan, merusak lingkungan dengan bahan yang tidak dapat terurai sehingga kemasan tersebut tetap menjadi bahan yang berkelanjutan dan dapat didaur ulang.

Updated: July 31, 2019 — 2:02 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *