Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder – Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tingkat kedua pada jenis kebutuhan berdasarkan skala prioritasnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder akan dipenuhi apabila kebutuhan primer telah terpenuhi. Kebutuhan sekunder bukanlah kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh manusia untuk kelangsungan hidupnya.

Meskipun begitu, kebutuhan sekunder merupakan pelengkap dari kebutuhan primer dan dapat mendukung kehidupan agaar berlangsung dengan lebih baik.

Baca : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Primer

Kebutuhan sekunder sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Faktor lingkungan tempat tinggal

Faktor tempat tinggal sangat mempengaruhi kebutuhan sekunder. Hal ini dikarenakan lingkungan tempat tinggal akan mendorong seseorang untuk memiliki suatu jenis barang tertentu.

Misalnya, seseorang yang tidak di perkotaan sangat memerlukan kendaraan untuk berpergian.

Lingkungan tempat tinggal dimana seseorang berada di kelas sosial tertentu juga mendorong sesorang untuk membeli berbagai macam barang.

  • Faktor perkembangan zaman

Perkembangan zaman juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keutuhan sekunder seseorang.

Misalnya, apabila zaman dahulu kendaraan bukanlah kebutuhan sekunder, sekarang ini kendaraan menjadi kebutuhan sekunder yang cukup penting.

Contoh lain adalah handphone, zaman dulu handphone bukanlah suatu kebutuhan yang penting, bahkan termasuk kebutuhan tersier yang sangat jarang dimiliki.

Namun, sekarang ini handphone menjadi salah satu kebutuhan sekunder yang sangat penting dan dimiliki oleh sebagian besar orang.

  • Faktor tradisi yang berlaku

Faktor tradisi yang berlaku di suatu lingkungan dapat mendorong perbedaan jenis kebutuhan seseorang.

Dengan adanya suatu tradisi, seseorang akan memiliki kebutuhan yang berbeda dari orang lainnya.

Misalnya, ada suatu tradisi untuk mengadakan suatu acara apabila terjadi sesuatu yang baik, tradisi untuk berbagi kepada orang lain pada moment waktu tertentu, dan banyak lain.

Contoh yang mungkin kita kenal adalah resepsi pernikahan atau akad nikah dan tradisi memberi pada saat lebaran atau imlek.

  • Faktor agama

Agama juga menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan kebutuhan seseorang.

Hal ini karena pada suatu agama, ada beberapa jenis benda/barang yang diperbolehkan maupun tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi dan dimiliki.

Selain itu, ada beberapa benda/barang yang dianggap sebaiknya dimiliki atau digunakan oleh seseorang dengan dorongan pengajaran dari suatu agama.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *