Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Primer

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Primer – Kebutuhan primer adalah kebutuhan tingkat pertama pada jenis kebutuhan berdasarkan skala prioritasnya. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh manusia untuk kelangsungan hidupnya. Kebutuhan primer meliputi sandang, pangan, dan papan.

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Primer

Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Primer

Sandang merupakan kebutuhan manusia berupa pakaian, termasuk di dalamnya baju, celana, jaket, dan alas kaki. Pangan merupakan kebutuhan manusia berupa makanan dan minuman. Papan merupakan kebutuhan berupa tempat tinggal.

Baca : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Tersier

Kebutuhan sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Mesikpun pada dasarnya kebutuhan primer tidak berubah, namun tetap ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersebut. Beberapa faktor tersebut diantaranya, adalah:

  • Perkembangan Zaman

Perkembangan zaman menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan primer. Manusia, sejak zaman dahulu, memerlukan makanan dan tempat tinggal untuk hidup.

Meskipun begitu, seiring dengan perkembangan zaman, bentuk pemenuhan kebutuhan tersebut juga semakin berkembang. Apabila dahulu manusia dapat tinggal di dalam gua, maka saat ini manusia memerlukan rumah untuk tinggal.

Selain itu, kebutuhan lain yang terpengaruh oleh perkembangan zaman adalah sandang. Zaman dahulu manusia menggunakan pakaian dari kulit hewan atau dedaunan.

Bahkan, ada suatu masa dimana manusia dapat hidup tanpa menggunakan pakaian. Namun, seiring perkembangan zaman, pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa dihilangkan.

  • Lingkungan

Faktor lainnya adalah lingkungan. Lingkungan menjadi salah satu faktor dalam kebutuhan primer dikarenakan lingkungan sangat mempengaruhi barang yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan.

Misalnya, pada lingkungan pedesaan dengan lingkungan perkotaan, ada perbedaan dalam pemilihan jenis pangan yang dibutuhkan. Selain itu, lingkungan juga mempengaruhi jenis-jenis barang yang dipilih dalam sandang dan papan.

Untuk sandang misalnya, lingkungan sangat mepengaruhi baik dari sisi iklim dan cuaca maupun lingkungan bermasyarakat.

Pada lingkungan dengan iklim yang dingin, maka kebutuhan utnuk sandang akan lebih besar dibandingkan dengan lingkungan dengan iklim hangat. Selain itu, lingkungan perkotaan dan pedesaan juga memiliki khas yang berbeda dalam pemilihan sandang.

Hal yang sama juga berlaku untuk pemilihan tempat tinggal. Tempat tinggal yang dianggap sesuai dengan suatu lingkungan belum tentu dianggap sesuai untuk digunakan dalam lingkungan lain.

Baca : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Updated: April 27, 2019 — 4:46 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *