Siapakah yang layak memimpin DKI Jakarta 2017-2022?

View Results

Loading ... Loading ...

Tingkatan Takson dalam Klasifikasi

Definisi Tingkatan Takson

Definisi tingkatan takson adalah tingkatan kelompok atau unit makhluk hidup yang terdiri dari tingkat paling tinggi hingga tingkat paling rendah.

Umumnya urutan tingkatan takson dimulai dari tingkatan paling tinggi menuju tingkatan paling rendah yaitu kerajaan (kingdom) atau dunia (ragnum), filum (phylum) atau deivisi (division), kelas (classis), bangsa (ordo), family atau suku (familia), marga (genus), spesies atau jenis (species), dan ras (varietas).

virus

Semakin tinggi tingkatan takson, maka akan semakin banyak anggota takson. Namun, akan semakin banyak pula perbedaan ciri antara anggota takson.

Sedangkan semakin rendah tingkatan takson, maka semakin sedikit anggota takson. Akan tetapi, akan semakin banyak pula persamaan ciri antara anggota takson.

Tingkatan-Tingkatan Takson Dalam Klasifikasi

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, jika urutan tingkatan takson dalam klasifikasi diawali dari tingkatan paling tinggi menuju ke tingkatan paling rendah. Berikut tingkatan takson dalam klasifikasi antara lain sebagai berikut;

  • Kerajaan (Kingdom) atau Dunia (Regnum); Kerajaan adalah tingkatan takson yang paling tinggi, dengan jumlah anggota takson yang paling banyak atau paling besar. Organisme di bumi dibedakan menjadi beberapa kerajaan antara lain tumbuhan (Plantae), jamur (Kingdom Fungi), organisme uniseluler tanpa nukleus (Kingdom Monera), dan eukariotik yang memiliki jaringan sederhana (Prostita).
  • Filum (Phylum) atau Devisi (Division); Filum digunakan untuk takson hewan, sedangkan devisi digunakan untuk takson tumbuhan. Kingdom animalia dapat dibagi menjadi tiga filum yaitu Filum Platyheriminthes (cacing pipih), Filum Echinodermata (hewan berkulit duri), dan Filum Chordata (memiliki notokorda saat embrio). Untuk devisi pada tumbuhan menggunakan akhiran phyta seperti kingdom plantae yang dibagi menjadi tiga divisi yaitu tumbuhan lumut, tumbuhan Paku, dan tumbuhan berbiji.
  • Kelas (Clasiss); Anggota takson pada setiap divisi atau filum kembali dikelompokan sesuai persamaan ciri-ciri tertentu. Nama kelas pada tumbuhan menggunakan akhiran yang berbeda-beda sepeti edoneae (tumbuhan berbiji tertutup), Phyceae (alga), Opsida (lumut), dan masih banyak lagi.
  • Bangsa (Ordo); Anggota takson pada setiap kelas kembali dibedakan menjadi beberapa bangsa atau ordo berdasarkan persamaan ciri-ciri yang lebih khusus. Umumnya, nama ordo terhadap takson tumbuhan menggunakan akhiran ales. Seperti Solanales, Malvales, Rosales, dan Poales.
  • Famili atau Suku (Familia); Anggota takson pada setiap ordo kembali dikelompokan lagi menjadi beberapa familia berdasarkan persamaan ciri-ciri tertentu. Nama family terhadap tumbuhan umumnya menggunakan akhiran aceace seperti Poaceace, Rosaceace, dan Malvaceace. Namun ada juga yang tidak menggunakan akhiran aceace seperti Compasitae dan Graminae, sedangkan pada hewan menggunakan akhiran idae seperti Homonidae (manusia) dan Felides (kucing).
  • Marga (Genue); Anggota famili kembali dikelompokan menjadi beberapa marga sesuai dengan ciri-ciri tertentu yang lebih khusus. Tata cara dalam penulisan nama marga adalah huruf besar pada awalan, dicetak miring, atau digaris bawahi. Contohnya adalah Oryza (padi-padian) dan Saccharum (tebu).
  • Spesies atau Jenis (Species); Species merupakan tingkatan takson yang paling rendah, serta memiliki banyak paling banyak ciri-ciri yang sama. Nama species terdiri atas dua kata, yaitu yang pertama menunjukan nama genusnya dan yang kedua menunjukan spesifik serta lainnya. Contohnya adalah Rosa alba dan Rosa rugosa.
  • Ras (Varietas); Pada beberapa organisme satu spesies, terkadang masih ditemukan perbedaan ciri yang sangat jelas sehingga dapat disebut rasa tau varietas. Istilah ras digunakan untuk spesies hewan, sedangkan varietas dan kultivar digunakan untuk spesies tumbuhan.

Baca Juga :

2 Comments

Add a Comment
  1. venny febriani herman

    kami mengambil tanaman dihutan, tetapi kami bahkan penjaga hutan tersebut tidak mengetahui namanya?. bagaimana caranya agar kami dapat mengetahi namanya? mohon bantuannya

    1. agroteknologi

      Semua jenis tanaman salah satunya durian dapat diidentifikasi namanya ada 2 metode yang pertama dilihat dari morfologi tanaman itu sendiri sedangkan yang kedua melakukan test melalui pemeriksaan DNA tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme