Teknik dan Metode Konservasi Tanah Secara Biologi

Teknik dan Metode Konservasi Tanah Secara Biologi – Konservasi tanah sendiri adalah upaya untuk mempertahankan atau memperbaiki daya tanah agar berdaya guna optimal sesuai fungsinya.

Teknik konservasi tanah secara biologi tidak jauh beda dengan teknik konservasi secara vegetatif.

Hanya saja teknik ini jangkauanya lebih luas karena tidak hanya memanfaatkan tumbuh-tumbuhan melainkan juga memanfaatkan berbagai hewan atau fauna tanah.

Untitled

Konservasi secar biologi pada dasarnya sama dengan teknik konservasi yang lain, hanya saja media yang digunakan yang membedakanya.

Konservasi tanah secara biologi dirasa lebih baik karena memperbaiki kerusakan alam dengan kekuatan alam itu sendiri. Berikut adalah beberapa teknik konservasi tanah secara biologi:

Memanfaatkan Organisme Penyubur Tanah

Banyak organisme yang dapat menyuburkan tanah. Satu yang cukup dikenal adalah cacing tanah. Keberadaan cacing tanah sudah sejak lama diyakini sangat bermanfaat untuk proses penggemburan tanah.

Proses pencernaan cacing menghasilkan sekresi bermanfaat yang disebut casting.

Dalam casting tersebut terdapat kalsium, fosfor, nitrogen dan magnesium yang mana keempat unsur tersebut sangat dibutuhkan oleh tumbuhan agar dapat tumbuh dengan maksimal.

Memanfaatkan Mikroba Penyubur Tanah

Di dalam tanah yang subur terdapat mikroba penyubur tanah yang berkembang biak dengan baik.

Mikorba-mikroba itu ada yang memiliki fungsi sebagai bakteri yang mampu memfiksasi nitrogen atau disebut bakteri Foto Autotrofik.

Jenis bakteri ini banyak ditemukan pada genangan air dan permukaan tanah. Ada juga bakteri yang berfungsi sebagai bakteri yang melarutkan fosfat atau yang disebut bakteri Heterotrofik.

Juga ada bakteri yang Mikoriza yang berfungsi meningkatkan serapan akar pada tanaman.

Agar mikroba-mikroba baik ini tetap berkembang biak dalam tanah, maka tanah harus tidak banyak terkontaminasi oleh bahan kimia, minyak, dan zat pembunuh bakteri yang lain.

Penghutanan

Penghutanan disebut juga reforestation. Teknik ini secara umum betujuan untuk mengembalikan kondisi ekologi dan hidrologi suatu lahan.

Tanah yang gundul akibat kabakaran, erosi, tanah longsor atau karena ulah manusia seperti pertambangan dan penebangan hutan, dapat mengakibatkan kesuburan tanah berkurang.

Tindakan penghutanan kembali ini dilakukan dengan menanam pohon-pohonan yang mana diharapkan akan mengembalikan kesuburan tanah.

Pagar Hidup

Untuk melindungi lahan dari bahaya erosi air atau erosi angin, suatu lahan membutuhkan pembatas atau pagar.

Dengan memanfaatkan tanaman sebagai pagar, maka selain dapat berfungsi sebagai pelindung, juga dapat menyuburkan tanah.

Tanaman yang baik untuk pagar hidup adalah tanaman berkayu yang mempunyai akar dalam dan kuat.

Tanaman Penutup

Cover Crop atau tanaman penutup biasanya ditanam pada lahan kering yang banyak kehilangan kadar air agar kadar air tersebut dapat kembali seperti semula.

Tanaman penutup ini haruslah tanaman yang cepat tumbuh, tahan kekeringan, dapat memperbaiki kerusakan tanah dan dapat menghasilkan buah, umbi atau daun.

Maka salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk tanaman penutup adalah tanaman dari jenis legum yang semusim. Jenis tanaman ini diyakini dapat meningkatkan laju infiltrasi.

Penyiangan Parsial

Teknik ini sedikit memanfaatkan gulma yang ada pada lahan untuk dibiarkan tumbuh pada ukuran yang ditentukan untuk berkembang.

Pada saat penyiangan, gulma tidak disiangi sepenuhnya melainkan disisakan sedikit agar berfungsi sebagai tanaman penutup yang dapat menahan erosi.

Baca Artikel Lainnya :

Biasanya penyiangan ini menyisakan bagian rumput sekitar 20 sampai 30 cm. Teknik ini selain dapat mencegah erosi juga dapat berfungsi sebagai penyaring unsur hara yang terangkut oleh air.

Sehingga hal ini dapat menambah unsur hara dalam tanah dan dapat mengembalikan kondisi tanah.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    ads.id
  1. ads.id
  2. sewasoundrazqa.com
  3. 081270700921 / 087833777705 Sewa Sound Murah Dapatkan Penawaran Terbaik Disini
  4. ulasan boterpercaya.net
  5. Cobain 6 Game Terbaik, Pelayanan Ramah & Cepat.