Teknik dan Cara Sambung Samping Pada Tanaman Kakao

Cara Sambung Samping Pada Tanaman Kakao – Teknik sambung samping pada tanaman kakao di gunakan oleh petani kakao untuk menghasilkan produktivitas kakao mereka, apalagi ketika mereka tahu bahwa bibit yang mereka tanam memiliki produktivitas yang tidak bagus.

Tahapan sambung samping tanaman kakao :

1. Persiapan alat dan bahan

sambung samping

Dibutuhkan beberapa alat untuk melakukan sambung samping, di antaranya : gergaji tangan, pisau okulasi tajam dan bersih, golok, gunting pangkas dan batu asah. Bahan yang digunakan hanya patik bening dan tali rafia.

2. Persiapan batang bawah

Harus dilakukan pemangkasan dan pemupukan pada batang bawah sebelum dilakukan sambung samping yaitu satu bulan sebelumnya.

Pemangkasan di lakukan dengan tujuan memudahkan tanaman untuk berfotosintesis setelah penyambungan.

Sedangkan pemupukan dilakukan dengan tujuan meningkatkan kekebalan tanaman terhadap barangan penyakit maupun hama setelah adanya penyambungan.

3. Persiapan batang atas

Siapkan batang atas (Entres) dari cabang kakao yang memiliki hasil produktivitas tinggi dan memiliki ketahanan terhadap penyakit serta hama.

Sebaiknya etres yang digunakan dari tanaman kakao unggul seperti BR 25 dan PBC 123.

Namun, jika tidak bias atau tidak ada bisa diambil dari tumbuhan lain dengan syarat produktivitasnya tinggi selama 4 tahun, memiliki biji di atas 40 butir dan memiliki berat di atas 1 gram per biji serta tidak sedang terserang penyakit dan juga hama.

Gunakanlah etres yang masih muda yang usianya sekitar 3 bulan dan memiliki warna hijau kecokelatan, dan juga jangan lupa cek entres dari serangan penyakit VSD.

Jika entres diperoleh dari tempat yang jauh maka harus diadakan pengemasan secara khusus agar tetap segar.

Cabang entres yang di ambil harus dibersihkan daunnya agar penguapan tidak terlalu besar dan juga ketika pembersihan jangan sampai merusak tangkai daun.

Agar entres bisa Bertahan lama maka perlu dikemas menggunakan pelepah pisang, dengan begitu entres bisa bertahan selama 4 hari di perjalanan.

4. Sambung samping

a. Pembuatan mata entres

Panjang entres yang dipakai memiliki panjang sekitar 15 cm dengan 2 – 4 duduk daun.

Di atas duduk daun tersebut digunakan sebagai tempat tunas tumbuh menjadi batang baru ketika sambung samping.

Di bagian bawah mata tunas haruslah bisa di sayat serong sepanjang 3,0 – 4,5 cm seperti pada tombak, sedangkan ujung lainnya dipotong serong juga dengan panjang 2 – 3 cm di samping potongan bagian bawah kayu mata tunas.

b. Pembuatan tapak sambungan

Tapak sambungan dibuat pada batang pokok di ketinggian antara 45 – 75 cm di atas permukaan tanah dengan membuat 2 torehan vertikal menyentuh jaringan kayu yang sejajar sedangkan panjangnya 7 – 10 cm dan jaraknya 2 – 3 cm. buka kulit torehan untuk di sambung dengan entres.

c. Penyambungan

  • Masukkan kayu mata tunas yang sudah di siapkan pelan ke dalam tapak sambungan berbarengan dengan membuka lidah torehan agar potongan tidak rusak.
  • Tempatkan entres pada jaringan kayu batang bawah dan ikat menggunakan rafia atau tali lainnya kemudian bungkus menggunakan plastik bening hingga 3 Minggu.

5. Perlakuan setelah di sambung

Setelah berumur 3 minggu, maka bukalah plastik agar pertumbuhan tunas tadi tidak terhambat. Sambungan biarkan tumbuh hingga cup besar baru kemudian pada usia 6 bulan pangkaslah dengan jarak 30 cm dari tapak sambungan.

Baca Artikel Lainnya :

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi persaingan antara batang pokok dan sambungan. Baru kemudian pada usia 18 bulan entres akan tumbuh besar dan menghasilkan produksi kakao.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    jadwal pelatihan ahli k3 umum magnasafetindo
  1. Program pendidikan training ahli k3 umum mempunyai banyak tujuan
  2. paket tour lombok 4 hari 3 malam www.tourbalilombok.com
  3. Paket tour lombok 4 hari 3 malam Promo Kunjungi dan Dapatkan Harga Promo
  4. asiabandarq.com
  5. Tersedia Berbagai Games 6 in 1 dan Promo Menarik untuk yang mendaftar hari ini.