Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Teknik dan Cara Menyadap Getah Pepaya Untuk Pemula

Teknik dan Cara Menyadap Getah Pepaya Untuk Pemula – Pepaya dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki rasa manis dan berguna untuk melancarkan pencernaan.

Harganya yang cenderung murah dan mudah ditemui di berbagai toko, membuat pepaya menjadi salah satu buah idola di kalangan masyarakat Indonesia Namun, apakah Anda tahu kegunaan lain dari tanaman buah papaya ini?

Masyarakat Indonesia mengenal tanaman pohon karet sebagai penghasil getah yang kemudian dapat diolah menjadi berbagai bahan dan juga menjadi bahan baku pembuatan beberapa barang.

Tanaman buah pepaya ternyata tidak kalah dari tanaman pohon karet; memiliki getah yang dapat digunakan sebagai pelengkap bahan baku dan juga berbagai fungsi baik lainnya.

Baca Juga : Tips memilih benih pepaya california berkualitas unggulan

Buah papaya ternyata memiliki getah yang dapat digunakan sebagai penggumpal susu dalam pembuatan keju, perenyah kue pada pembuatan crackers atau dapat digunakan sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan pasta gigi.

Selain itu, getah dari buah pepaya dapat digunakan sebagai bahan pengempuk daging.

Dari bagian batang, daun dan buah, getah yang paling berkualitas berasal dari bagian buah.

Papainn pada batang serta daun mempunyai aktivitas proteolitik yang hanya mencapai 200 MCU/gram, di sisi lain, bagian buah dapat menghasilkan jumlah yang lebih besar yakni 400 MCU/g.

Produksi papain dari bagian buah sendiri dapat mencapai 440/kg/tahun/hektar.

Papain memiliki lebih dari 50 asam amino, seperti lysine, sistein, prolin, valine, asam glutamate, histidin, treonin, aspartate dan juga tritophan.

Bahan baku yang mudah ditemukan serta harga yang dapat bersaing di pasaran, membuat getah pepaya (papain) dipandang sebagai komoditi yang menguntungkan dalam kegiatan jual-beli.

Namun, di Indonesia sendiri masih mengandalkan impor papain dari wilayah Sri Lanka, India, Brazil dan juga Meksiko.

Cara mendapatkan papain sendiri sebenarnya cukup mudah dan dapat Anda lakukan di rumah. Penasaran? Yuk, simak cara menyadap getah pepaya di bawah ini!

CARA MENYADAP GETAH PEPAYA

  • Gunakan buah yang masih muda, yakni berusia sekitar 2,5 – 3 bulan.
  • Waktu penyadapan terbaik ialah ketika pagi hari sebelum matahari terbit, yakni sekitar pukul 05.30 – 08.00 ataupun saat sore hari sebelum matahari terbenam, yakni pukul 17.30 – 18.30.
  • Anda dapat menyadap kulit buah pepaya muda mulai dari pangkal menuju ujung buah dengan kedalaman sadapan 1 – 2 mm, dengan jarak antar torehan 1 – 2 cm atau batasi hingga 5 torehan dalam satu buah. Hal ini bertujuan agar buah pepaya yang disadap tidak cepat mengalami pembusukan.
  • Pasangkan wadah plastik di sekitar buah yang berguna sebagai tempat penampung getah pepaya nantinya. Sebaiknya, wadah telah terpasang sebelum menyadap buah pepaya muda.
  • Lakukan penyadapan dalam kurun waktu 4 kali dalam sehari. Agar lebih ekonomis, sebaiknya per buah tidak disadap lebih dari tujuh kali agar kemudian dapat dikonsumsi buahnya ketika matang.
  • Satu buah pepaya muda dapat menghasilkan 40 gram selama 70 hari. Cara untuk meningkatkan produksi papain, dapat dilakukan pengolesan bawang putih yang mengandung hormone ethepon pada permukaan kulit buah pepaya sehari sebelum proses penyadapan berlangsung.
  • Getah yang telah didapat kemudian dikeringkan pada suhu 60 – 70?C selama 12 jam. Apabila suhu dalam proses pengeringan terlalu tinggi, enzim proteolitik yang terdapat di dalam papain akan rusak.

Kualitas dari papain sendiri tergantung dari jenis pepaya yang digunakan, jumlah torehan pada buah, interval penyadapan, cara pengeringan dan juga penyimpanan.

Baca Juga : Panduan Sederhana Budidaya Pepaya Untuk Pemula

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *


Agroteknologi © 2017 Frontier Theme