Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Syarat Pertumbuhan Mikroorganisme

Syarat Pertumbuhan Mikroorganisme – Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan, salah satu di antaranya adalah mikroorganisme yang merupakan salah satu organisme yang memiliki sel satu (uniseluler) maupun banyak sel (multiseluler).

Kebanyakan mikroorganisme ini dapat d lihat denagn alat bantu, Tapi ada juga yang dapat di lihat dengan mata telanjang.

Pertumbuhan mikroorganisme pada mikroorganisme multiseluler adalah meningkatnya jumlah sel organismenya dengan ukuran sel yang menjadi besar.

Baca Juga :

Sedangkan pada uniseluler  berarti jumlah sel organisme tersebut bertambahsehingga jumlah organisme bertambah.

Berikut ini syarat – syarat agar mikroorganisme dapat tumbuh dengan baik :

Sumber energi

Sumber energi di perlukan oleh mikroorganisme untuk bermetabolisme dalam sel dengan jumlah energi yang berbeda – beda tergantung dengan jenis mikroorganisme tersebut. Untuk memperoleh sumber energi dapat di peroleh dari 2 cara :

  1. Fototrof, memperoleh sumber energi dengan dengan memanfaatkan sianr matahari atau yang memiliki frekuensi sama dengan sinar matahari, seperti Algae.
  2. Kemotrof , memperoleh sumber energi dari energi kimia ( contoh : Karbon, Nitrogen dan sulfur) yang diperoleh dari lingkungan, seperti bakteri.

Nutrisi

Nutrisi menjadi sumber panganan para mikroorganisme, jadi sangat penting untuk kehidupannya.

Menggunakan nutrisi tersebut, maka pertumbuhannya mikroorganisme akan terbantu, tapi setiap mikroorganisme memiliki jenis nutrisi yang berbeda untuk pertumbuhannya.

Derajat keasaman (pH)

Pada umumnya keasaman pH mikroorganisme adalah netral atau sekitar 7, tapi ada juga mikroorganisme yang memiliki ph basa maupun asam untuk tumbuh.

Walaupun begitu, setiap lingkunga yang ditempati memiliki derajat keasaman ph yang berbeda – beda karena tergantung dari komposisi didalam lingkungan tersebut.

Berdasarkan pH optimal, mikroorganisme terbagi menjadi :

  • Asidofilik adalah kelompok mikroorganisme yang dapat tumbuh denga baik dalam lingkungan yang ber pH asam atau di bawah 6.
  • Neutrofilik adalah kelompok mikroorganisme yang dapat tumbuh dengan pH netral sekitar 6 – 7.
  • Basofilik adalah kelompok mikroorganisme yang dapat tumbuh dengan baik dalam lingkungan berpH tinggi di atas 7.

Suhu

Mikroorganisme memerlukan suhu  yang dapat mempengaruhi enzim  untuk metabolismenya, tapi setiap mikroorganisme miliki suhu optimum masing – masing.

Mikroorganisme berdasarkan suhu di bagi menajdi :

  1. Psikrofilik adalah kelompok mikroorganisme yang tumbuh pada lingkungan bersuhu 0°C – 25°C dengan suhu optimum antara 10°c – 20° C dan mereka dapat hidup pada lingkungan yang dingin.
  2. Mesofilik adalah kelompok mikroorganisme yang tumbuh pada suhu umum, sekitar 20°c – 40°c .
  3. Termofilik adalah kelompok mikroorganisme yang tumbuh pada lingkungan bersuhu tinggi antara 50°c – 60°c yang biasanya hidup pada sumber air panas maupun kawah gunung berapi.

Air

Air sangat dibutuhkan mikroorganisme untuk tumbuh, sebagi pelarut dan transportasi zat yang ada pada tubuh mikroorganisme.

Oksigen

Tidak semua mikroorganisme membutuhkan oksigen untuk proses pertumbuhannya, oleh karena itu mikroorganisme terbagi lagi berdasarkan kebutuhan oksigennya :

  • Aerob adalah kelompok mikroorganisme yang tumbuh memmerlukan oksigen bebas (O2) di alam yang dibedakan menajdi :
  1. Mikroaerob adalah kelompok mikroorganisme yang membutuhkan hanya sedikit oksigen bebas.
  2. Kapnofil adalah kelompok mikroorganisme yang membutuhkan oksigen, tetapi oksigen tersebut larut dalam senyawa karbon, sehingga oksigen bebas tak begitu banyak.
  3. Anaerob fakultatif adalh kelompok mikroorganisme yang hidup dengan menyesuaikan diri berdasarkan lingkungan, maksudnya ketika oksigen bebas tidak tersedia maka dia akan menajadi aerob, tapi dia juga bisa bertahan hidup tanpa adanya oksigen bebas (fase anerob)
  • Anaerob adalah kelompok mikroorganisme yang menggunakan oksigen tapi terlarut pada senyawa lain dan tidak tolerans terhadap oksigen bebas.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *


Agroteknologi © 2017 Frontier Theme