Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Serba-serbi Kultur Jaringan dan Berbagai Manfaatnya

Serba-serbi Kultur Jaringan dan Berbagai Manfaatnya – Ketika di usia muda, Anda tentu telah mengalami masa imunisasi untuk polio, tetanus, cacar, dan penyakit-penyakit lain. Pernahkah Anda penasaran tentang bagaimana vaksin tersebut dibuat? Caranya adalah dengan menggunakan sistem yang disebut dengan kultur jaringan.

Tentang kultur jaringan

Apakah kultur jaringan itu? Untuk ini, mari lihat pengertian dari kata-katanya:

  • Kultur, adalah budidaya
  • Jaringan, merupakan sekelompok sel yang bentuk dan sifatnya sama.

1

Secara mudahnya, kultur jaringan adalah metode biologi di mana jaringan sel dari mahluk hidup (baik hewan atau tumbuhan) bisa bertahan hidup di luar tubuh makhluk hidup tersebut. Lingkungan tempat jaringan sel ini sendiri bisa dibuat.

Jaringan yang dipakai bisa terdiri dari satu sel saja, atau bahkan sebagian dari organ. Sel di dalam kultur ini bisa berkembang biak, berubah bentuk dan ukurannya, bahkan berinteraksi dengan sel lain.

Teknologi ini dicetuskan pertama kali pada tahun 1970 oleh Ross G. Harrison, seorang ahli zoologi dari Amerika. Dia berhasil meneliti bagaimana proses dalam pertumbuhan sel saraf pada katak dengan menggunakan medium getah bening.

Kesuksesan tersebut dilanjutkan ketika ilmuwan berhasil membudidayakan sel hewan dalam media kultur seperti getah bening, plasma, darah, dan juga ekstrak jaringan.

Mempelajari kultur jaringan

Sel ternyata bisa tumbuh di bermacam-macam medium kultur yang bersifat biologis, seperti ekstrak jaringan, serum darah, dan dalam beberapa medium kimia sintetik. Selama proporsi dan nutrisinya tepat, maka sel bisa tetap hidup untuk dipelajari.

Untuk mempelajari kultur ini biasanya diperlukan:

  • Sampel kecil jaringan dalam sebuah medium di inkubasi pada suhu yang mendekati suhu normal bagi jaringan.
  • Dilakukan dalam kondisi steril agar tidak terjadi kontaminasi dengan mikroorganisme lain.
  • Bisa langsung diperiksa menggunakan mikroskop biasa atau elektron.
  • Untuk melihat kondisi sel di berbagai lingkungan, sel ini bisa dibunuh, diwarnai, ataupun diawetkan, atau dipotong lebih kecil lagi.

Seperti telah disebutkan di atas, penemuan metode ini memungkinkan adanya penelitian untuk pengobatan, dengan memasukkan penyebab penyakit seperti virus, bakteri, hormon, dll. ke dalam kultur. Sistem yang sama juga dilakukan ketika kloning dilakukan, membuat kultur tumbuh dari sel tunggal.

Kegunaan kultur jaringan

Menggunakan kultur jaringan ini, telah banyak penemuan berguna dalam biologi yang terkuak, karena teknik ini memungkinkan sel dapat dipelajari sekaligus dimanipulasi dengan mengontrol lingkungan sekitarnya. Penemuan berguna yang ditemukan misalnya:

  • Informasi dasar mengenai komposisi dan bentuk sel.
  • Aktivitas sel yang mencakup biokimia, genetika, dan reproduksi.
  • Mengetahui sistem metabolisme, nutrisi, dan fungsi khusus dari sel.
  • Tentang proses penuaan dan juga penyembuhan.
  • Efek yang terjadi pada sel jika diekspos ke agen biologi, fisik, dan kimia.
  • Mengetahui perbedaan sel normal dan abnormal seperti kanker.
  • Mengidentifikasi infeksi, kelainan kromosom, kekurangan enzim.
  • Melakukan klasifikasi untuk tumor otak.
  • Merumuskan obat-obatan dan vaksin serta mengujinya.

Dari sistem inilah, vaksin untuk polio, campak, dan penyakit menular lainnya bisa diproduksi. Selain itu, kultur jaringan juga berguna untuk menentukan cocok tidaknya organ donor kepada penerima ketika akan dilakukan transplantasi organ.

Studi ini juga memperjelas tentang penyakit keturunan dan penyebabnya, seperti adakah sel tertentu yang menjadi tersangka utama. Hal ini bisa dilakukan dari melihat ada tidaknya penyimpangan kromosom dan gen spesifik.

Bagi tanaman, studi kultur ini juga sangat berguna, karena metode ini bisa menghasilkan tanaman varietas baru yang mempunyai kandungan anti hama dan mempunyai nutrisi yang lebih.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme