Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Loading…

Pengertian, Jenis, dan Struktur Gigi pada Manusia

Pengertian, Jenis, dan Struktur Gigi pada Manusia – Gigi merupakan alat pencernaan yang berfungsi untuk melembutkan makanan dengan cara mengunyah dan memacahnya.

Gigi ini merupakan struktur yang berasal dari tulang yang mengalami pertumbuhan. Namun karena dibuat dengan sedemikian rupa sesuai dengan keadaan mulut manusia, gigi tidak melukai rongga mulut.

Dengan demikian manusia tidak merasa bahwa di dalam mulut mereka terdapat alat mekanis yang dapat menghaluskan dan menghancurkan sesuatu yang bahkan belum tentu bisa dilakukan oleh tangan kosong.

Pengertian, Jenis, dan Struktur Gigi pada Manusia

Pengertian, Jenis, dan Struktur Gigi pada Manusia

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, Dan Jenis Vitamin

Manusia memiliki 4 macam jenis gigi dan masing-masing mempunyai fungsi masing-masing. Keempat jenis gigi tersebut adalah:

  1. Gigi Seri

Gigi Seri adalah gigi yang mempunyai satu akar dan mempunyai fungsi untuk memotong atau mengerat makanan.

Gigi ini memiliki bentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Pada manusia dewasa, Gigi Seri ini berjumlah 4 dengan jumlah 2 di masing-masing rahang.

  1. Gigi Taring

Gigi Taring adalah gigi yang mempunyai satu akar dengan fungsi untuk meyobek dan mengoyak makanan.

Gigi ini berbentuk tegak dengan ujung yang runcing. Jumlah gigi taring pada manusia dewasa ada 4 dengan pembagian 2 gigi taring berada di rahang atas dan 2 gigi taring yang lain berada di rahang bawah.

  1. Gigi Geraham Depan (Premolar)

Gigi Geraham Depan atau Premolar adalah gigi yang mempunyai 2 akar dan fungsinya untuk menggiling sertamengunyah makanan. Gigi ini berbentuk rendah dengan beberapa tonjolan pada mahkotanya.

Manusia dewasa memiliki 8 gigi geraham depan (oremolar) dengan pembagian 4 gigi berada di rahang bawah, sedangkan yang 4 lainnya berada di rahang atas.

  1. Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar)

Gigi Geraham Belakang atau Molar adalah gigi dengan jumlah akar 2 hingga 3 dan memiliki fungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan makanan.

Gigi ini berbentuk rendah dengan tonjolan pada mahkotanya (hampir sama dengan gigi premolar).

Terdapat 12 gigi molar pada manusia dewasa dengan pembagian 6 diatas dan 6 lain berada di rahang bawah.

Berdasarkan usianya, gigi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Gigi Susu

Gigi Susu merupakan gigi yang pertama kali tumbuh (biasanya di saat berusia 6, 7, atau 8 bulan dan berupa gigi seri yang terdapat pada rahang bawah).

Seiring berjalannya waktu, gigi ini akan lepas dan digantikan oleh gigi permanen. Ketika seseorang berusia 2,5-3 tahun, gigi ini akan tumbuh secara lengkap.

Kemudian pada usia 6 tahun, gigi ini akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen. Gigi susu ini berjumlah 20 buah dengan detail 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi premolar.

  1. Gigi Permanen

Gigi Permanen adalah gigi yang tumbuh menggantikan gigi susu dan gigi ini akan menjadi gigi tetap seseorang hingga gigi tersebut tanggal karena faktor usia.

Gigi permanen berjumlah 32 buah dengan detail 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi premolar, dan 12 gigi molar.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan gigi yang sangat berguna dalam hal menyesuaikan benda (makanan) sehingga dapat dicerna dengan mudah di dalam tubuh manusia.

Namun juga perlu diingat bahwa gigi itu hampir sama dengan struktur tulang, yang dapat rapuh jika digunakan secara sembarangan seperti pola makan yang sembarangan dan perawatan yang kurang baik.

Hal termudah untuk mengatasi rusaknya gigi adalah dengan menggosok gigi secara teratur.

Baca Juga : Penyebab, Diagnosis, Mencegah dan Cara Mengobati Penyakit Radang Gusi

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!