Loading…

Pengertian, Struktur, Komponen dan Fungsi APBN

Pengertian, Struktur, Komponen dan Fungsi APBN – APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara merupakan salah satu dari perwujudan yang di hasilkan dari pengolahan keuangan Negara yang telah di tetapkan setiap tahunnya sesuai dengan UU yang berlaku dan di laksanakan dengan sistem terbuka.

Dan pemerintah juga bertanggung jawab yang sebesar-besarnya untuk memakmuran rakyatnya.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah rencana tahunan di dalam keuangan pemerintahan yang ada di Indonesia yang sebelumnya telah mendapat persetujuan dari DPR (Dewan Perwakilan Rakyat).

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Konsep Partai Politik

Selain itu APBN sendiri telah di tetapkan didalam undang-undang ynag meliputi masa sampai satu tahun dan di mulai dari bulan pertama yaitu Januari sampai bulan Desember 31

Struktur & Komponen APBN

  1. Pendapatan Negara dan Hibah

Pendapatan Negara merupakan salah satu penambahan kekayaan bersih di dalam sebuah Negara, ada beberapa sumber dari pendapatan Negara yaitu sebagai berikut:

  • Penerimaan Pajak

Penerimaan pajak meliputi dari pendapatan panjak dari perdagangan internasional dan juga pendapatan pajak yang di hasilkan dari dalam negeri.

  • Penerimaan Negara bukan pajak

Penerimaan Negara yang bukan pajak meliputi pendaptan dari laba BUMN, pendapatan dari sumber daya alam (SDA), pendapatan dari badan layanan umum (BLU) dan juga pendapatan negara bukan pajak yang lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan Tugas Lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif

  1. Belanja Negara

Struktur dan komponen lainnya dari APBN ialah belanja Negara, di mana belanja Negara dapat mengurangi nilai dari kekayaan bersih Negara tersebut oleh pemerinta pada periode tertentu. Berikut adalah belanja Negara:

  • Belanja modal
  • Belanja barang
  • Belanja pegawai
  • Belanja hibah
  • Belanja bantuan social
  • Belanja bunga dan pinjaman
  • Subsidi baik energy dan non energy
  • Belanja dan lain sebagainya
  1. Keseimbangan primer APBN

Keseimbangan primer APBN merupakan jumlah dari  pendapatan Negara yang di kurangi dengan belanja Negara di luar pembayaran bunga hutang.

Selain itu, pemerintah juga bisa di anggap berhasil ketika jumlah pendapatan Negara bisa lebih besar jika di bandingkan dengan jumlah belanja Negara.

  1. Difisit/surplus anggaran APBN

Surplus anggaran merupakan salah satu keadaan di mana pendapatan Negara yang lebih besar di bandingkan dengan belanja Negara.

Sedangkan deficit merupakan belanja Negara yang lebih besar dari pendapatan Negara.

  1. Pembiayaan APBN

Pembiayaan APBN merupakan suatu penerimaan yang harus di bayarkan kembali atau pengeluaran yang di terima kembali.

Fungsi APBN

Fungsi APBN menurut kebijakan fiscal

  • Fungsi alokasi

APBN memiliki fungsi untuk menerima pajak yang telah di alokasikan untuk pengeluaran yang bersifat untuk kepentingan umum. Dana yang di alokasikan untuk pembangunan jalan, pembangunan taman, pembangunan jembatan dan lain sebagainya.

  • Fungsi distribusi

APBN berfungsi untuk mendistribusikan kepada seluruh masyarkat untuk mewujudkan pemerataan pendapatan serta untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antar kelas social seperti beasiswa, subsidi, maupun dana pensium yang merupakan perwujudan dari distribusi fungsi APBN.

  • Fungsi stabilitas

APBN merupakan salah satu instrument dalam mengendalikan stabilitas ekonomi di dalam suatu Negara. Ketika terjadi masalah ekonomi hingga menyebabkan ketidakseimbangan di dalam Negara maka APBN bisa membatu untuk mengatasi permasalah ekonomi tersebut.

Fungsi APBN dari sisi manajemen

  • Sebagai alat kontol masyarakat terhadap hasil kerja pemerintah
  • Sebagai pedoman pemerintan untuk melakukan tugas-tugasnya untuk periode yang akan datang.
  • Menjadi nalai untuk pemerintah di mana akan terlihat kinerja pemerinta seberapa baik dalam menjalankan tugas Negara yang berdasarkan pada program-program yang di jalankan.

Baca Juga : Pengertian Dan Perbedaan Pemerintah, Pemerintahan Dan Ilmu Pemerintahan

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!