Loading…

Pengertian, Sejarah, jenis dan Unsur dari Seni Musik

Pengertian, Sejarah, jenis dan Unsur dari Seni Musik – Seni music merupakan suatu karya sastra seorang seniman yang di ekspresikan dengan sedemikian rupa dengan menggunakan vocal suara maupun alat music.

Seni music bersal dari dua kata yakni ‘seni’ dan juga ‘musik’ yang memiliki arti sebagai hasil cipta, karsa atau pun rasa manusia yang di wujudkan dalam menggunakan berbagai saran.

Selain itu, music sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “mousikos” yang melambnagkan sebagai dewa keindahan yang menguasai bidang seni dan juga keilmuan.

Seni music juga banyak mendapatkan macam-macam devinisi dari beberapa ahli. Di mana semua nya mendevinisi kan secara berbeda-beda.

Baca Juga : Pengertian, Unsur, Prinsip, Cabang dan Jenis Seni Rupa

Sejarah Seni Musik

Seni mudik sebenarnya telah ada sejak jaman dahulu ketika manusia pertama kali ada di muka bumi ini dan kini hingga seni music masih ada dan terus berkembang, bersamaan dengan dengan penemuan-penemuan baru oleh manusia di bidang kebudayaan.

Sejarah dalam berkembangan seni mudik di bagi menjadi 6 bagai sebagai berikut:

  1. Zaman Prasejarah

Zaman prasejarah  alat musik pertama kali  berasal dari zaman prasejarah dan alat music tersebut bernama flute yang terbuat dari tulang paha beruang.

  1. Abad Pertengahan

Abad pertengahan terjadi sekitar tahun 476-1572 Masehi, di mana saat itu seni musik banyak seklai  dimanfaatkan untuk kepentingan agama Kristen.

Akan tetapi ketika memasuki zaman Renaisance pada tahun 1500-1600 Masehi musik telah digunakan suntuk percintaan dan keperwiraan.

  1. Zaman Barok dan Rakoko

Musik yang berkembang pada zaman ini sekitar tahun 1600-1750 masehi terkenal dengan sebutan musik Barok dan musik Rakoko.

Dimana music Barok di gunakan secara p spontan, sedangkan musik Rakoko digunakan dengan cara di ataur dan di catat penggunaannya dicatat dan diatur.

  1. Zaman Klasik

Musik juga berkembang pesat ketika zaman klasik pada tahun 1750-1820 masehi yang di mulai dengan dinamika yang terasa semakin lembut, tempo yang cepat serta ornament yang di pakai di batasi.

  1. Zaman Romantik

Zaamn romantic berkembang ketika zaman klasik sudah berakhir sekiat tahun 1810-1900 sebelum masehi.

Di mana pada zaman romantic mengedepankan perasaan dan sifat subjektif dalam bermusik.

  1. Zaman Modern

Zaman modern terjadi abad ke-20 di mana manusia telah menemukan cara baru dalam  mendengarkan music. Yakni  melalui radio.

Selain itu juga  musik pada zaman modern tidak memiliki aturan. Hanya saja lebih focus terhadap ritme, gaya dan juga  suara.

Jenis-jenis Seni Musik

Seiring berkembangnya zaman seni music di bagi menjadi 3 macam yaitu:

  1. Music tradisional, yang merupakan warisn dari para leluhur yang mengambarkan tentang identitas sebuah daerah. Music tradisional kebanyakan menggunakan instrument dan bahasa yang berbeda-beda.
  2. Music modern, yang merupakan salah satu jenis musiak yang memiliki sifat dinamis dan berkembang seiring dengan berkembang nya zaman
  3. Music keroncong merupakan salah satu instrument musk dari jenis ukulele

Baca Juga : Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Jenis dan Unsur Drama

Unsur seni music

Unsur dalam seni music sangat lah penting karena sebuah seni biasa nya di kombinasikan dari beberapa unsur, yang meliputi:

  • Melodi

Melodi merupakan salah satu unsur seni music dengan unsur tinggi, rendah serta panjang nya nada dalam bermusik.

Melodi juga memiliki interval yang bisa di jangkau oleh setiap alat music maupun suara manusia.

  • Irama

Irama atau yang di ssebut juga ritme dalam seni music merupakan perhantian antara panjang pendek nya, tinggi rendah nya serta nyaring atau lembut nya suatu nada yang di rangkai dari seni music.

  • Birama

Birama merupakan unsur seni music berupa ayunana atau ketukan yang berulang klai dan terjadi secara teratur.

  • Harmoni

Harmoni merupakan kesamaan pada paduan bunyi yang di hasilkan dari iringan music.

  • Tangga nada

Tangga nada merupakan urutan suatu nada yang tersusun  dan membentuk tangga nada dan pertunjukan seni music.

  • Tempo

Tempo merupakan lambat atau cepat nya sebuah lagu yang di nyanyikan. Semkain cepat nya lagu yang di mainkan maka semakin besar pula tempo dari lagu tersebut.

  • Timbre

Timber merupakan salah satu unsur music yang menentukan kualitas serta warna dari seni music tersebut.

  • Ekspresi

Ekspresi merupakan unsur seni music yang sangat penting untuk mengungkapkan suatu perasaan yang di tungkan dengan mimic wajah, baik itu rasa marah, sedih, kecewa dna senang.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Pendekatan Psikologi Sastra

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
Indolapak99.com Bandarq, Domino 99, Dominoqq, Capsa Online, Poker88