Loading…

Pengertian, Proses dan Contoh Patahan Horst

Pengertian, Proses dan Contoh Patahan Horst – Patahan atau yang juga disebut sebagai fault merupakan suatu pergeseran lapisan tanah yang dikarenakan oleh tekanan tenaga endogen dalam kerak bumi.

Sedangkan horst sendiri merupakan salah satu bagian dari patahan tersebut.

Dengan kata lain, horst juga dapat diartikan sebagai lapisan tanah yang meninggi dan mengalami pengangkatan.

Oleh karena itu posisinya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan daerah lain di sekitarnya.

Secara singkatnya, horst dapat didefinisikan sebagai patahan normal yang mengakibatkan satu bagian terangkat ke atas sedangkan dua bagian yang lain masuk ke dalam atau yang bisa disebut graben.

Horst jjuga dikenal sebagai pematang atau sembul karena berbentuk memanjang seperti pematang.

Proses Terbentuknya Patahan Horst

Sebelum membahas proses pembentukan horst lebih lanjut, perlu diketahui tentang deformasi pada batuan.

Deformasi batuan merupakan suatu peristiwa yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan bentuk, volume, dan renggangan pada skala butiran tanah.

Proses defomasi pada batuan ini menjadikan batuan menyusut dan membentuk sebuah lipatan atau retakan.

Proses tersebut dapat terjadi karena adanya gaya yang menekan pada area batuan.

Apabila intensitas dari tekanan tersebut lebih besar dari pada kekuatan dalam batuan, maka batuan akan mengalami renggangan.

Selain menerima tekanan, batuan juga akan mengalami kompresi dan tegangan pada permukaan.

Sehinga lapisan batuan yang mengalami kompresi akan menjadi lebih pendek dan membentuk lipatan atau perekahan pada batuan.

Sedangkan batuan yang mengalami tegangan akan lebih Panjang bentuknya karena saling tertarik dengan arah yang berjauhan.

Batuantersebut  akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya setelah mengalami kompresi dari pada tegangan.

Karena adanya tekanan pada lapisan kulit bumi akibat tenaga endogen, dapat menyebabkan lapisan kulit bumi terangkat dan patah.

Pada bagian atau lapisan kulit bumi yang patah tersebut disebut sebagai bidang patahan.

Kemudian bidang patahan tersebut akan mengalami pergeseran atau perpindahan posisi sehingga dikenal sebagai sesar atau patahan.

Terdapat dua macam bidang dalam sesar yaitu hanging wall dan foot wall. Foot wall merupakan suatu bidang yang terdapat di bagian bawah suatu sesar, sedangkan hanging wall merupakan suatu bidang batuan yang berada di atas suatu bidang yang mengalami sesar.

Pada umumnya, suatu daerah yang termasuk dalam kawasan patahan memiliki intensitas gempa yang cukup tinggi.

Lapisan batuan yang patah juga ada yang mengalami penurunan sehingga membentuk lembah patahan dan ada juga yang kemudian terangkat menimbulkan puncak patahan.

Puncak patahan tersebutlah yang akhirnya disebut dengan horst. Pembentukan horst ini dapat terjadi karena adanya gerakan tektogenesa secara horizontal dan juga adanya renggangan.

Adanya gerakan yang memusat dan menekan dari dua arah atau lebih tersebut dapat menyebabkan kerak bumi terdorong ke atas dan menjadi lebih tinggi dari daerah lain disekitarnya.

Gerakan terdorongnya kerak bumi ke atas dapat menimbulkan relief muka bumi yang berupa dataran tinggi dan plato.

Contoh Patahan Horst

Indonesia merupakan salah satu negara tempat bertemunya tiga lempeng tektonik yaitu lempeng Eurasia, lempeng Hindia – Australia dan lempeng Samudra Pasifik.

Kondisi tersebut memungkinkan lapisan tanah di Indonesia juga mengalami patahan.

Adapun beberapa contoh horst yang berada di indonesia adalah Plato Wonosari di Yogyakarta, Plato Dieng di Jawa Tengah, Patahan Semangko yang berada di antara Zona Semangko patahan Lampung

Selain terdapat di Indonesia, juga ada beberapa contoh dari patahan horst yang berada di penjuru dunia seperti pada Pegunungan Vosges di Perancis, Black Forest di Jerman, Horst Schwarzwald di Eropa Barat, Charnwood Forest di Inggris, Trans Jordania dan Dataran Tinggi Judea yang berada di Yordania.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
Indolapak99.com Bandarq, Domino 99, Dominoqq, Capsa Online, Poker88