Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Loading…

Pengertian, Ciri, Jenis, dan Manfaat Karya Ilmiah

Pengertian, Ciri, Jenis, dan Manfaat Karya Ilmiah – Karya ilmiah merupakan suatu laporan tertulis yang memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian mengenai suatu karangan yang di peroleh dari sifat keilmuan dan juga telah di dasari dengan peninjaun, pengataman serta penelitian dalam bidang tertentu.

Karya ilmiah di susun berdasarkan metode tertentu dengan menggunakan sistem penulisan yang baik, santun dan bahasa yang dapat di mengerti serta memiliki isi yang dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

Karya ilmiah di lakukan dengan tanpa alasan, karena karya ilmiah di buat dengan tujuan untuk memberikan penjelasan, penilaian, saran, menyampaikan  sanggahan dan juga untuk membutikan sebuah hipotesa.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Bimbingan Konseling

Ciri-ciri Karya Ilmiah

Karya ilmiah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Struktur sajian

Struktur dalam penyajian karya ilmiah sangat lah ketat. Di bagian awal berisi pendahuluan, bagian inti yang berisi pokok pembahasan serta bagian penutup.

Selain itu, bagian awal biasa nya kata pengantar ke bagian inti. Sedangkan bagian inti tersebut berisi beberapa sajian gagasan pokok yang nantinya akan di sampaikan yang terdiri dari beberapa subtopic maupun bab.

Bagian penutup sendiri ialah kesimpulan-kesimpukan pokok dari pembahasan di bagian inti serta rekomendasi mengenai tindak lanjut dari gagasan tersebut.

  1. Komponen dan Subtansi

Komponen suatu karya ilmiah biasa nay sangat bervariasi tergantung dari jenis nya. Akan tetapi semua karya ilmiah selalu mengandung pendahuluan yang berada di bagian inti, daftar pustaka dan juga penutup.

  1. Sikap penulis

Sikap penulis dalam membuat karya ilmiah ialah objektif dan semua yang di sampai kan harus menggunakan gaya bahasa yang baik dengan menggunakan bentuk pasif dan juga tanpa menggunakan kata orang.

  1. Penggunaan bahasa

Bahasa yang di pakai dalam membuat karya ilmiah ialah harsu bahasa baku.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Contoh dari Kata Sifat

Jenis-jenis Karya Ilmiah

Karya ilmiah memiliki banyak sekali jenis-jenis nya, dengan berbagai macam isi yang berbeda-beda. Seperti:

  • Artikel

Artikel merupakan salah satu karya ilmiah yang di rancang dalam jurna amupun buku kumpulan artikel yang di tulis dengan menggunakan tata cara ilmiah serta mengikuti pedoman yang telah di sepakati. Biasa nya di hasilkan dari kajian pustaka, pemikiran maupun pengembangan proyek.

  • Makalah

Makalah merupakan karya ilmiah yang biasa nya menyajikan suatu masalah yang ada di lapangan berdasarkan data yang bersifat objektif-empiris.

Makalah banyak di sajikan dalam sebuah seminar maupun biasa di presentasikan di dalam kelas baik itu tugas kuliah maupun sekolah.

  • Kertas kerja

Kertas kerja hampir sama dengan makalah, hanya saja pembuatan nya lebih tajam dan dalam. Kertas kerja juga di jadikan sebagai bahan acuan untuk tujuan tertentu.

  • Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang sering kali di buat oleh mahasiswa semester akhir untuk menyelesaikan jenjang studi atau sarjana.

Skripsi di buat dengan tulisan yang sistematis yang mengemukakan pendapat berdasarkan teori orang.

Biasa nya dalam pembuatan skripsi di dukung dengan beberapa data dan juga fakta yang berdasarakan pada penelitian langsung.

  • Tesis

Tesis merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang di lakukan oleh para mahasiswa dalam menyelesai kan jejang studi S2 yang bersifat lebih mendalam jika di bandingkan dengan skripsi.

  • Disertasi

Disertasi atau yang di sebut juga dengan “Ph.D Thesis merupakan suatu karya tulis ilmiah yang di lakukan oleh sejumlah mahaiswa dalam menyelasaikan jenjangn studi S3 atau untuk meraih gelar Doktor/Dr.

Disertasi biasa nya membahas tentang dalil yang bisa idi buktikan berdasarkan data serta fakta yang valid.

Manfaat Karya Ilmiah

Dari beberapa penilitian tentang karya ilmiah, maka dalam menyusun karya ilmiah bagi seorang penulis memiliki manfaat yang sangat luar biasa, seperti:

  • Dapat melatih dalam mengebangkan keterampilan membacar yang sangat efektif
  • Melatih dalam menggabungkan hasil bacaan yang berasal dari berbagai macam sumber
  • Memperluas tentang ilmu pengetahuan
  • Meningkatkan fakta atau data perorganisasian dengan sangat jelas dan sistematis
  • Mengenal kegiatan kepustakaan
  • Dapat memperoleh kepuasan secara intelektual

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Puisi Lama

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!