Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Loading…

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Contoh dan Jenis Ilustrasi

Pengertian, Fungsi, Tujuan, Contoh dan Jenis Ilustrasi – Para pembaca tentu sering mendengar istlah ‘ilustrasi’ di berbagai teks serta media yang kita lihat dan dengar, Namun, tahukah Anda apa itu ilustrasi?

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, fungsi, tujuan, contoh dan juga jenis-jenis dari ilustrasi. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

PENGERTIAN ILUSTRASI

Kata ‘ilustrasi’ berasal dari Bahasa Latin ‘lllustrate’ yang memiliki artian ‘menerangkan’ atau ‘menjelaskan’, di sisi lain, dalam Bahasa Belanda yakni ‘ilustratie’ memiliki artian suatu hiasan dengan gambar atau pembuatan sesuatu yang jelas.

Baca Juga : Pengertian, Unsur-Unsur, Ciri-Ciri dan Contoh Cerita Rakyat

Secara terminologi, ilustrasi memiliki artian suatu gambar yang mempunyai sifat dan fungsi menerangkan suatu peristiwa tertentu. Kata ‘ilustrasi’ sendiri merupakan perluasan dari kata ‘ilusi’ yang memiliki artian suatu gambaran angan-angan atau imajinasi yang menyerupai sebuah hiasan.

Maka dari itu, ilustrasi merupakan pelengkap atau media pengantar suatu tujuan agar seseorang dapat menjelaskan maksud pesan yang ia ingin sampaikan dengan jelas dan gamblang melalui gambaran atau ilustrasi.

Gambar ilustrasi sendiri digolongkan dalam karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan sebagai pelengkap penjelasan suatu pengertian.

Ilustrasi juga bentuk visual dari suatu teks maupun kalimat yang bertujuan untuk memperjelas maksud pesan dalam teks atau kalimat yang ada, khususnya bagi anak-anak.

Contohnya, dalam buku cerita untuk usia anak-anak biasanya terdapat ilustrasi tokoh maupun plot cerita berlangsung dengan maksud agar anak-anak dapat memahami suatu kondisi tertentu dalam cerita tersebut. Ilustrasi juga berperan sebagai penarik pembaca untuk membaca suatu teks.

Beberapa ahli mengemukakan pendapat mereka mengenai artian dari ilustrasi, antara lain:

  • Martha Thoma dalam karya Sofyan menjelaskan pengertian ilustrasi ialah terdapat hubungan antara ilustrasi dengan lukisan berkembang, mulai dari sejarah hingga banyak hal, yang sama. Bila dilihat dari segi tradisional, kedua karya seni ini terinspirasi dari karya-karya kesusastraan, yang membedakan ialah lukisan dibuat sebagai penghias langit-langit ataupun dinding, sedangkan ilustrasi dibuat sebagai penghias naskah dan menjelaskan cerita yang ada.
  • Berdasar pada pendapat Fariz, ilustrasi mempunyai artian sebagai suatu bentuk ekspektasi atau harapan dari ketidakmungkinan (tidak berbeda dengan angan-angan atau imajinasi), yang bersifat maya.
  • Rohidi memberi pendapat mengenai artian dari ilustrasi, yakni ilustrasi berkaitan dengan karya seni rupa yakni penggambaran sesuatu dengan elemen rupa atau visual untuk memperjelas maksud pesan dan memperindah sebuah teks yang ada agar pembaca dapat merasakan teks secara riil dan menangkap kesan dan pesan dari cerita yang ada.

FUNGSI ILUSTRASI

Ilustrasi memiliki peran penting dalam perkembangan kesenian dunia hingga sekarang. Terdapat beberapa fungsi dari ilustrasi, antara lain:

  • Memudahkan seseorang untuk memahami suatu keadaan tertentu atau penjelasan dari sebuah teks. Adanya ilustrasi memberi kemudahan pembaca untuk memahami suatu teks. Ilustrasi juga dapat menjadi media pemberi contoh suatu keadaan dalam sebuah teks sehingga para pembaca dapat melihat gambaran jelas dari maksud teks tersebut.
  • Nilai estetika dalam perwajahan
  • Sebuah ilustrasi dapat menarik perhatian para pembaca terhadap suatu teks atau buku. Dengan gambar ilustrasi yang menarik, diimbangi dengan kata-kata yang pas, dapat menarik perhatian pembaca terhadap suatu teks ataupun buku. Contohnya seperti majalah. Media majalah menggunakan foto seseorang atau sesuatu dengan kata-kata pelengkap yang dapat menarik perhatian pembaca.
  • Memberi gambaran singkat berkaitan dengan isi sebuah teks atau cerita yang akan disampaikan.
  • Sarana pengungkapan pengalaman terhadap peristiwa tertentu yang dapat diceritakan melalui visual ilustrasi.

Secara umum, terdapat beberapa fungsi dari ilustrasi, antara lain:

  • Fungsi Deskriptif, ilustrasi dapat menggantikan suatu uraian teks secara verbal ataupun naratif menggunakan kalimat panjang menjadi suatu visual agar lebih mudah dipahami.
  • Fungsi Analitis atau Struktural, ilustrasi dapat menampilkan detail bagian-bagian dari suatu benda ataupun sistem dan proses secara lengkap untuk lebih mudah dipahami.
  • Fungsi Ekspresif, ilustrasi menampilkan atau menyatakan sesuatu maksud, situasi, konsep abstrak ataupun perasaan melalui sebuah gambaran.
  • Fungsi Kualitatif, ilustrasi seringkali diaplikasikan dalam pembuatan tabel, grafik, foto, gambar, simbol, daftar ataupun sketsa.

TUJUAN ILUSTRASI

Tujuan dari ilustrasi antara lain:

  • Memperjelas suatu informasi atau pesan yang hendak disampaikan.
  • Memudahkan pembaca mengingat sutau konsep dan gagasan yang digambarkan melalui visual ilustrasi.
  • Memberi variasi pada bahan ajar untuk lebih menarik, komunikatif dan memotivasi pembaca untuk belajar lebih giat lagi.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Struktur, Ciri-Ciri dan Contoh dari Teks Eksposisi

CONTOH ILUSTRASI

Penggunaan ilustrasi dapat kita lihat di berbagai media teks, seperti koran, majalah, buku cerita, bahkan buku pelajaran.

Sebagai penjelas, ilustrasi pada teks biasanya muncul untuk menjelaskan suatu keadaan tertentu dengan tujuan pembaca dapat mengerti maksud dari teks tersebut dan melihat secara riil suatu kondisi tertentu yang dijelaskan dalam teks. Ilustrasi sebagai penarik minat pembaca dapat dilihat dalam majalah ataupun buku cerita anak-anak.

Pada majalah untuk kalangan remaja biasanya ditampilkan foto seseorang yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan remaja, entah musisi, aktor maupun atlet.

Sedangkan pada buku cerita anak-anak, ilustrasi yang digambarkan dalam penuh warna serta terdapat sisi humoris, missal seekor monyet yang dapat membaca koran lengkap dengan segelas kopi di sampingnya yang dimana hanya dapat dilakukan oleh manusia.

JENIS ILUSTRASI

  1. Gambar Kartun, ialah gambar yang dibuat dengan bentuk yang lucu dan biasanya mempunyai suatu ciri khas tertentu. Kartun ini banyak terdapat pada majalah anak-anak, komik serta cerita bergambar.
  2. Gambar Ilustrasi Dekoratif, ialah gambar yang memiliki fungsi sebagai penghias sesuatu dengan bentuk sederhana ataupun dilebih-lebihkan dan memiliki gaya tertentu.
  3. Gaya Ilustrasi Naturalis, ialah gambar yang mempunyai bentuk serta warna yang sama dengan yang ada pada kehidupan nyata atau realita tanpa embel-embel pengurangan maupun penambahan.
  4. Cerita Bergambar, ialah sejenis buku komik ataupun gambar yang diberi penambahan teks. Teknik yang dipakai dalam mengaplikasikan gambar dan teks dibuat berdasar cerita dengan sudut pandang yang menarik.
  5. Ilustrasi Khayalan, ialah gambar yang merupakan hasil suatu pengolahan daya cipta imajinatif manusia. Cara menggambarkannya melalui ilustrasi komik, novel, cerita pendek maupun roman.
  6. Ilustrasi Buku Pelajaran, ialah ilustrasi yang dibuat dengan tujuan untuk menerangkan suatu peristiwa atau teks mulai ilmiah hingga gambar bagian. Dapat berupa gambar natural, foto ataupun bagan.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contoh Dari Frasa

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!