Loading…

Pengertian, Gejala dan Cara Mengobati  Sakit Tenggorokan

Pengertian, Gejala dan Cara Mengobati  Sakit Tenggorokan – Tenggorokan adalah bagian dari leher yang memiliki fungsi untuk mencegah mkanan dan minuman masuk ke saluran pernafasan.

Dalam beberapa kasus, kita sering mendapati tenggorokan terasa sakit. Sakit pada tenggorokan ini terjadi karena infeksi bakteri atau virus yang kerap ditandai dengan rasa sakit saat menelan.

Baca Juga : Pengertian, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati  Nyeri Panggul

Selain itu beberapa gejala yang sering dirasakan ketika seseorang mengalami gangguan pada tenggorokan, antara lain:

  • Sakit Kepala
  • Amandel yang membengkak akibat radang
  • Batuk
  • Tenggorokan teraasa gatal
  • Sakit dan sulit ketika menelan
  • Pembesaran kelenjar pada leher
  • Nyeri otot
  • Hidung beringus

Sebenarnya gejala yang timbul jika seseorang mengalami gangguan tenggorokan bervariasi.

Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi gajala-gejala lain. Bagi yang merasakan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas, sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Selain itu, berikut ini beberapa kondisi yang cukup berbahaya terkait dengan keadaan tenggorokan, yaitu :

  1. Epiglottitis adalah peradangan lipatan jaringan yang terjadi pada belakang tenggorokan, di bawah lidah. Jika tidak segera ditangani, hal ini akan mengganggu pernapasan.
  2. Infeksi Mononukleosis adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Epstein Barr. Biasanya kondisi seperti ini ditandai dengan terjadinya pembesaran kelenjar getah bening, demam, dan sakit tenggorokan.
  3. Abses Peritonsiler atau Quinsy adalah kondisi pembengkakan bernanah yang terjadi antara langit-langit tenggorokan dan bagian belakang tonsil.

Selain ke Dokter, ada beberapa obat alami yang dapat dipraktekkan untuk mengatasi masalah-masalah pada tenggorokan, antara lain :

  1. Air Garam

Cara yang sangat mudah ini dapat dipraktekkan dirumah jika kalian merasakan gangguan pada tenggorokan.

Sifat garam yang dapat melarutkan lendir di tenggorokan akan membuat tenggorokan kita kembali lega. Selain untuk berkumur, air garam juga dapat diminum untuk menghilangkan dahak.

  1. Bawang Putih

Bawang Putih yang mengandung senyawa alicin, terbukti ampuh untuk membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Caranya dengan mengunyah satu siung bawang putih yang masih mentah, kemudian dilanjut dengan berkumur menggunakan air putih.

Baca Juga : Pengertian, Diagnosa, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Perut

  1. Wedang Jahe

Rempah-rempah yang satu ini memang mempunyai banyak sekali manfaat, selain untuk menghangatkan badan, ternyata Jahe juga dapat dijadikan obat radang tenggorokan.

Rempah-rempah yang mengandung senyawa zingiberin ini dapat  memperlancar peredaran darah, menghilangkan racun, dan sangat baik untuk mengatasi peradangan.

  1. Buah Pisang

Buah yang memiliki tekstur lembut ini sangat baik bila dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan.

Selain mudah ditelan, buah pisang ini juga memiliki kandungan potassium yang tinggi.

Kandungan Potassium dalam buah pisang terbukti sangat baik dalam mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Meminum air putih 2-3 liter setiap hari dapat mencegah dehidrasi yang diakibatkan oleh radang tenggorokan.

Dehidrasi ini dapat terjadi karena radang tenggorokan yang mengakibatkan penderita sakit saat menelan makanan, sehingga asupan makanan ke dalam tubuh menjadi kurang.

  1. Berhenti Merokok

Bagi para perokok, hari-hari mereka tidak lengkap tanpa ditemani asap rokok. Namun apa kalian tau bahwa ternyata asap rokok dapat mengakibatkan tumor tenggorokan?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat semakin banyaknya penderita tumor tenggorokan dan hampir 60 % berasal dari pecandu rokok.

Tentu saja rokok sangat berbahaya tidak hanya bagi perokok aktif, tapi bagi perokok pasif pun juga akan terkena dampaknya.

Karena sudah mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan tenggorokan, harap berhati-hati dalam segala kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan tenggorokan.

Bila mendapati tanda-tanda gangguan tenggorokan, segeralah membawanya ke dokter dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tenggorokan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dianjurkan.

Baca Juga : Pengertian, Struktur Penyusun dan Sifat Kerja Otot

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
Indolapak99.com Bandarq, Domino 99, Dominoqq, Capsa Online, Poker88