Loading…

Pengertian dan Sistem Rangka pada Manusia

Pengertian dan Sistem Rangka pada Manusia – System rangka adalah kumpulan dari tulang-tulang sebagai salah satu alat gerak pasif pada manusia.

Disebut alat gerak pasif karena system rangka hanya akan mengikuti otot yang terlebih dahulu bekerja. System rangka ini merupakan alat gerak yang berkesinambungan antara tulang-tulang yang terdapat dalam tubuh, selain itu system rangka juga memberikan bentuk pada tubuh manusia.

Kalsium menjadi unsur terpenting dalam pembentukan tulang pada manusia dan kalsium ini berbentuk garam yang telah direkatkan oleh kolagen.

Pengertian dan Sistem Rangka pada Manusia

Pengertian dan Sistem Rangka pada Manusia

Baca Juga : Pengertian dan Sistem Pernapasan pada Manusia

Dalam tubuh manusia terdapat banyak tulang yang selain telah disebutkan diatas juga memiliki peran untuk melindungi organ-organ inti dalam tubuh manusia dan menjaga keseimbangan terutama dalam hal bentuk.

Berikut ini akan disampaikan terkait dengan fungsi system rangka pada manusia, yaitu:

  1. Sebagai penyimpanan mineral
  2. Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah merah
  3. Melindungi organ-organ vital di dalam tubuh
  4. Memberi bentuk tubuh
  5. Sebagai alat gerak pasif

Terdapat pula pengelompokan system rangka yang secara garis besar dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Rangka Aksial (sumbu tubuh) dan Rangka Apendikular (anggota tubuh).

Rangka Aksial

Rangka Aksial adalah susunan rangka yang letaknya sejajar dengan sumbu tubuh. Dan yang termasuk ke dalam rangka aksial adalah:

  • Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak ini berfungsi untuk melindungi otak, baik itu otak kecil maupun otak besar. Tulang Tengkorak terdiri dari tulang tempurung kepala, tulang wajah, dan tulang telinga.

  • Tulang Belakang (vertebrae)

Tulang Belakang atau Vertebrae adalah tulang yang memiliki fungsi sebagai tempat turunnya system saraf otak dan memberi bentuk tubuh.

tulang belakang terdiri dari tulang leher (cervical), tulang punggung (thorax), tulang pinggang (lumbal), tulang kelangkang (sacrum), dan tulang ekor (coccygues).

  • Tulang Rusuk (costae)

Tulang Rusuk atau Costae memiliki fungsi untuk melindungi organ dalam dada seperti jantung, tenggorokan, paru-paru, kerongkongan, dan lain sebagainya.

  • Tulang Dada (sternum)

Tulang dada atau sternum mamiliki fungsi untuk melindungi organ-organ di dalam dada manusia. Tulang dada terdiri dari taju pedang (xifoid), hulu (manubrium sterni), dan bagian badan (gladiolus).

Rangka Apendikular

Rangka Apendikular adalah tulang tambahan dari tulang aksial. Tulang ini terdiri dari anggota gerak atas (tungaki atas) dan anggota gerak bawah (tungkai bawah).

  • Tungakai Atas (extremitas superior)

Tungkai Atas terdiri dari gelang bahu dan tulang tangan. Tulang gelang bahu tersusun oleh tulang belikat dan tulang selangka, sedangkan tulang tangan terdiri dari tulang tangan, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari tangan.

  • Tungkai Bawah (Extremitas Inferior)

Tungkai Bawah atau Extremitas Inferior terdiri dari tulang panggul dan tulang kaki. Tulang panggul tersusun oleh tulang usus, tulang kemaluan, dan tulang duduk. Sedangkan untuk

tulang kaki tersusun atas tulang paha, tulang lutut, tulang betis, tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, dan tulang jari kaki.

Demikianlah beberapa hal terkait dengan system rangka manusia yang terdiri dari tulang-tulang. Melalui artikel ini kita mengetahui bahwa tulang memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan lebih-lebih dalam menjaga organ vital yang terdapat di dalam tubuh.

Untuk itu, sebisa mungkin kita menjaga tulang dengan memperhatikan asupan makanan (kalsium) yang masuk ke dalam tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca khususnya penulis sendiri.

Baca Juga : Pengertian dan Bagian Kelenjar

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
Indolapak99.com Bandarq, Domino 99, Dominoqq, Capsa Online, Poker88