Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Loading…

Pengertian dan Sistem Pernapasan pada Manusia

Pengertian dan Sistem Pernapasan pada Manusia – Pernapasan merupakan hal terpenting bagi makhluk hidup agar dapat terus bertahan hidup. Pernapasan adalah suatu proses masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida di dalam tubuh.

Oksigen tersebut berguna dalam proses penguraian zat glukosa sehingga badan kita akan mendapatkan energi.

Pernapasan ini harus melalui organ tubuh yang memang berguna untuk kelangsungan pernapasan atau dapat disebut dengan saluran pernapasan.

Pengertian dan Sistem Pernapasan pada Manusia

Pengertian dan Sistem Pernapasan pada Manusia

Baca Juga : Pengertian, Contoh, Gejala, Diagnosa dan Cara Pengobatan Nyeri Dada

Saluran pernapasan adalah organ tubuh yang berguba untuk tempat masuknya oksigen dan keluarnya karbon dioksida. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui hidung kemudian setelah beberapa proses barulah sampai ke paru-paru.

Berikut adalah alat dan bagian dari sistem pernapasan pada manusia.

  1. Hidung

Hidung dengan segala organ-organnya menjadi tempat pertama kali masuknya udara. Selaput lendir dan bulu hidung akan menyaring udara yang masuk sehingga organ selanjutnya akan mendapat udara yang bersih. Selain itu, hidung juga akan menyesuaikan suhu dan kelembapan udara sesuai dengan tubuh kita.

  1. Tenggorokan

Tenggorokan ini memiliki 2 cabang saluran yakni saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Lalu dari dua cabang tersebut ada Epigllotis yang memiliki fungsi untuk mengatur pergantian antara pertukaran udara dallam pernapasan dan pada saat masuknya makanan. Untuk saluran pernapasan memiliki panjang sekitar 12-14 Cm dan di pangkal tenggorokan terdapat Llaring.

Di ujung laring inilah letak Epiglotis.

  1. Trakea

Trakea atau Batang Tenggorokan terletak di kerongkongan saluran makan. Di dalam trakea terdapat selaput lendir dan silia yang memiliki fungsi untuk menahan dan mengeluarkan kotoran agar tidak masuk ke dalam paru-paru dengan cara bersin atau batuk.

  1. Bronkus

 

Bronkus adalah cabang dari trakea yang memiliki fungsi sebagai jalan masuk udara menuju paru-paru dan keluarnya udara dari paru-paru. Bronkus ini tersusun dari tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin.

  1. Bronkiolus

Bronkiolus adalah cabang dari Bronkus yang merupakan saluran halus, kecil, dan memiliki dinding tipis. Di ujung bronkiolus ini terdapat gelembung-gelembung dengan ukuran sangat kecil yang dinamakan Alveolus.

  1. Alveolus

Alveolus ini memungkinkan udara masuk (oksigen) dan udara keluar (karbondioksida) dari paru – paru. Alveolus ini berjumlah sangat banyak, yaitu sekitar 300 juta (diselubungi oleh pembuluh darah hingga membentuk suatu jarring) dan semuanya berada di dalam paru-paru.

  1. Paru-paru

Paru-paru merupakan organ paling penting dalam sistem pernafasan. Paru-paru terletak di dalam rongga dada, tepatnya diatas diafragma (Diafragma adalah pembatas antara rongga perut dan rongga dada).

Manusia memiliki 2 paru-paru, yaitu paru-paru bagian kiri dan paru-paru bagian kanan.

Paru-paru terbungkus oleh Pleura dimana di dalam pleura tersebut terdapat cairan yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya lecet pada saat paru-paru mengembang ataupun mengempis. Paru-paru dapat menampung udara hingga 3,5 liter.

 

Setelah mengetahui tentang alat pernapasan, sekarang kita beralih menuju Proses Pernapasan pada Manusia.

Pertukaran oksigen dengan karbondioksida melalui pernapasan ini sangat penting agar proses respirasi sel dapat berlangsung dengan baik.

Setelah melewati hidung udara (yang berisi oksigen) akan menuju kerongkongan atas atau Naro Pharinx kemudian masuk tenggorokan. Setelah dari tenggorokan, udara tersebut masuk ke dalam trakea dan diterukan menuju bronkus.

kemudian udara masuk ke Alvelous lalu menuju kapiler selanjutnya akan mengalir menuju Vena Pulmoalis (pembuluh balik paru-paru) agar oksigen dapat diambil oleh darah. Setelah oksigen berhasil diambil, karbondioksida akan dikeluarkan melalui hidung.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Sistem Organ pada Manusia

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!