Loading…

Pengertian Dan Perbedaan Pemerintah, Pemerintahan Dan Ilmu Pemerintahan

Pemerintah

Pemerintah merupakan suatu organisasi dari sekelompok orang yang mempunyai kekuasaan, yang mampu memerintahkan serta mengarahkan anggota atau masyarakat yang berada di wilayah kekuasaannya.

Definisi lain dari pemerintah, ada dua yaitu dalam arti sempit (bestuur) yang mana pemerintah merupakan fungsi organisasi yang menjalankan tugas pemerintahan, yang dimaksud pemerintah hanyalah lembaga eksekutif saja.

Sedangkan dalam arti luas (regering), pemerintah merupakan pelaksana tugas dan tanggung jawab dari seluruh badan-badan, lembaga dan petugas meliputi legislatif, eksekutif dan yudikatif yang diserahi wewenang dalam meraih tujuan negara.

Pemerintahan

Sedangkan Pemerintahan yaitu sekelompok orang-orang tertentu yang berwenang dalam melakukan sesuatu meliputi pengkoordinasian, memimpin dan menjaga hubungan antara dirinya dengan masyarakat, departemen serta unit dalam tubuh pemerintahan itu sendiri.

Definisi lain pemerintahan ada dua yaitu, dalam arti sempit pemerintahan merupakan semua jenis kegiatan, fungsi, tugas dan kewajiban yang dijalankan oleh lembaga eksekutif dalam mencapai tujuan negara.

Sedangkan pemerintahan dalam arti luas merupakan segala kegiatan terorganisir yang bersumber pada kedaulatan dan kemerdekaan yang meliputi eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Perbedaan mendasar antara pemerintah dengan pemerintahan yaitu pemerintah merujuk kepada organ atau alat perlengkapan, sedangkan pemerintahan merujuk pada  bidang tugas atau fungsi.

Fungsi Pemerintah dan Pemerintahan

Berkenaan dengan pengertian Pemerintah dan Pemerintahan yang telah disampaikan tersebut, perbedaan antara pemerintah dan pemerintahan juga dapat diartikan sebagai lembaga atau organisasi atau sekelompok orang yang mempunyai fungsi tertentu.

Fungsi Pemerintah

Terdapat dua fungsi utama pemerintah, yaitu sebagai berikut:

1). Fungsi Primer

Fungsi primer merupakan fungsi yang harus ada dan dijalankan pemerintah dalam hubungan dengan masyarakat secara terus menerus tanpa terpengaruh oleh kondisi apapun dalam mencapai tujuan negara.

Fungsi ini juga terdiri dari dua macam fungsi, yaitu fungsi pengaturan dan fungsi pelayanan.

  • Fungsi pengaturan

Fungsi ini memiliki arti bahwa pemerintah yang bertugas mengatur segala kebijakan di segala sektor; ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, hukum, dan agama dengan tetap berpedoman pada konstitusi yang berlaku.

Tujuan dari ungsi ini adalah supaya kondisi negara tetap stabil dan tujuan negara dapat tercapai.

Contoh fungsi pengaturan pemerintah antara lain dalam bidang ekonomi.

  • Fungsi pelayanan

Fungsi pelayanan, merupakan fungsi pemerintah yang paling umum yaitu tugas pemerintah adalah melayani, bukan sebaliknya. Contoh fungsi pelayanan antara lain dalam bidang ekonomi, perpajakan, perlindungan.

2). Fungsi Sekunder

Fungsi sekunder merupakan fungsi yang dijalankan bertolak belakang dengan bentuk kondisi dan situasi masyarakatnya dan tidak perlu dijalankan terus menerus.

Fungsi sekunder juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi pembangunan dan fungsi pemberdayaan.

  • Fungsi pembangunan

Fungsi pembangunan memiliki arti bahwa pemerintah berfungsi dalam melaksanakan pembangunan demi meraih peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat.

  • Fungsi pemberdayaan

Fungsi pemberdayaan dilaksanakan pada pemerintah yang memiliki anggota masyarakat yang belum mampu untuk maju atau pada taraf ekonomi yang rendah. Pemberdayaan dilakukan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia. Sedangkan apabila masyarakat sudah semakin maju, fungsi ini semakin berkurang manfaatnya. Contoh fungsi pemberdayaan pada masyarakat Indonesia adalah pemberdayaan perempuan.

Fungsi Pemerintahan

Selain itu, terdapat beberapa lembaga dalam pemerintahan yang dapat membedakan fungsi dalam pemerintahan dan fungsi pemerintah yaitu sebagai berikut:

  1. Lembaga Legislatif
  2. Lembaga Eksekutif
  3. Lembaga Yudikatif

Tujuan Mempelajari Ilmu Pemerintahan

Secara umum tujuan dalam mempelajari ilmu pemerintahan yaitu agar dapat memahami teori, bentuk, serta proses-proses pemerintahan.

Selain itu, juga mampu menempatkan diri serta ikut berpartisipasi dalam keseluruhan proses penyelenggaraan pemerintahan, terutama pemerintahan dalam negeri.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
Indolapak99.com Bandarq, Domino 99, Dominoqq, Capsa Online, Poker88