Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Loading…

Pengertian, Pemanfaatan dan Dampak Negatif Gas Metana

Pengertian, Pemanfaatan dan Dampak Negatif Gas Metana – Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tau apa itu Gas Metana. Sebenarnya Gas Metana adalah suatu Gas yang disebabkan oleh limbah (sampah) yang diuraikan bekteri.

Gas Metana sendiri dapat dijumpai pada kotoran, Gas LPG, sampah, dan masih banyak lagi.

Gas Metana dapat dimanfaatkan untuk membantu kehidupan umat manusia, namun Gas metana ini juga memiliki dampak yang sangat berbahaya baik bagi alam maupun bagi manusia.

Baca Juga : Pengertian, dan Teori Terbentuknya Tata Surya

Dalam artikel ini akan di bahas tentang pemanfaatan maupun dampak dari Gas Metana.

Berikut ini adalah pemanfaatan Gas Metana yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :

  • Sebagai Bahan Bakar

Dewasa ini Gas Metana banyak dicari dan dikumpulkan untuk dijadikan bahan bakar karena sifatnya yang mudah terbakar. Selain itu, pengambilan gas yang berasal dari proses metanogenesis ini akan mengurangi efek rumah kaca.

  • Sebagai Bahan Bakar Kendaraan

Gas Metana yang didapat dari sampah Organik ini juga dapat dijadikan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Dalam sebuah penelitian, hanya perlu sedikit modifikasi kendaraan bermotor tersebut agar bisa menggunakan Gas Metana. Dengan bantuan Gas Metana ini, sepeda motor dapat melaju sejauh 30 Km.

  • Pembuatan Pupuk

Limbah-limbah ternak, sampah organik, dan air limbah sebenarnya mengandung Gas Metan.

Tinggal bagaimana kita mengolah limbah-limbah tersebut dan menggunakan hasil olahannya.

Limbah ini dapat dijadikan biogas yang dapat menjadi alternatif, salah satunya untuk mengganti Gas LPG. Sedangkan ampasnya dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanaman.

Baca Juga : Pengertian, Sejarah, jenis dan Unsur dari Seni Musik

  • Pembangkit Tenaga Listrik

Sampah atau limbah akan menjadi sangat buruk bagi kesehatan apabila dibiarkan begitu saja, karena selain menimbulkan bau yang kurang sedap, banyak bakteri, dan gas yang ditimbulkan terbuang sia-sia.

Untuk itu diperlukan pengolahan yang baik hingga gas yang dihasilkan (gas metana) dapat dimanfaatkan, seperti halnya TPA Bantar Gebang yang mengolah sampah menjadi tenaga listrik.

Selain berbagai manfaat seperti yang dijelaskan diatas, berikut juga akan disampaikan tentang Gas Metana yang juga memiliki dampak negatif, yaitu :

  • Penyebab Pemanasan Global

Gas metana yang memiliki panas dua kali lebih besar dari Karbondioksida (CO2) tentu akan sangat berpengaruh dalam Pemanasan Global. Bila hal ini terjadi, maka Es di Kutub Utara maupun Kutub Selatan akan mencair dan Gas Metana beku yang membeku juga akan mencair. Jika semua Gas Metana mencair maka Bumi berada dalam kondisi panas yang luar biasa, bahkan seluruh Makhluk Hidup dapat mati karenanya.

  • Berbahaya Bagi Kesehatan

Selain menjadi pemicu Pemanasan Global, Gas Metana juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, ketika manusia terus-terusan menghirup Gas ini akan mengakibatkan gangguan kesehatan lebih-lebih gangguan pernafasan.

Selain itu, Gas Metana yang diserap oleh paru-paru kita ini juga dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan.

Kehilangan kesadaran hingga kematian menjadi resiko paling mengerikan bagi yang secara sadar maupun tidak sadar menghirupnya terus-terusan.

Setelah mengetahui seluk beluk tentang Gas Metana, baik asal, kegunaan, maupun bahayanya.

Maka, marilah kita sebagai umat manusia senantiasa mengelola limbah (sampah) dengan baik untuk menjaga Bumi ini tetap asri dan menjaga tubuh dari dampak-dampak negatif yang mungkin disebabkan oleh limbah (sampah)melalui Gas Metana.

Mengingat bahaya yang luar biasa besar dari Gas Metana ini, bagi yang bermukim di sekitar TPA harap berhati-hati dan jangan sungkan untuk periksa ke Dokter bila terjadi keluhan.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Manfaat Karya Ilmiah

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
error: Content is protected !!