Loading…

Dampak dan Penyebab Pencemaran Udara dan Air

Dampak dan Penyebab Pencemaran Udara dan Air – Pencemaran lingkungan merupakan masuknya atau dimasukkannya suatu zat, makhluk hidup ataupun energi lain ke dalam lingkungan air maupun udara.

Pencemaran dapat juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti aktivitas manusia, proses alam, dan sebagainya yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan yang dicemari tersebut sehingga tidak mampu berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Saat ini pencemaran dapat terjadi dimana saja terutama pada kawasan lingkungan industri atau pabrik dengan penduduk yang cukup padat, apalagi dapat mengakibatkan pencemaran udara dan air yang merupakan sumber kehidupan manusia.

Berikut ini akan dibahas mengenai dampak dan penyebab pencemaran udara dan air. Mari, langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.

Pencemaran Udara

Pencemaran udara merupakan suatu kondisi dimana terdapat berbagai substansi zat fisik, kimia maupun biologi yang berada di dalam lapisan atmosfer bumi. Apabila jumlah substansi zat-zat tersebut melebihi ambang batas, maka hal tersebut dapat berbahaya bagi makhluk hidup di bumi dan juga dapat menganggu estetika serta kenyamanan makhluk hidup.

Baca Juga : Contoh dan Perbedaan Keanekaragaman Ekosistem dan Keanekaragaman Jenis

Pencemaran udara ini dapat terjadi dalam sebuah ruangan tertutup ataupun dalam area yang terbuka. Bahkan wilayah terjadinya pencemaran udara ini bisa dalam kisaran regional lokal hingga pada global.

Penyebab pencemaran udara

Pencemaran udara dapat dikatakan apabila keadaan di udara sudah tidak lagi normal dan komposisi udara itu sudah berubah serta mempunyai pengaruh yang buruk bagi manusia.

Penyebab pencemaran udara berbeda-beda, ada yang berasal dari aktivitas manusia ataupun fenomena alam. Penyebab dari pencemaran udara antara lain:

  1. Berbagai macam debu, bakteri, bibit jamur, dan virus yang ada di udara yang berasal dari tiupan atau terbawa oleh angin
  2. Hasil akibat adanya pembakaran fosil seperti batu bara dan minyak bumi sehingga menyumbangkan gas CO, CO2 dan NO2 di udara
  3. Hasil buangan pabrik industri yang dapat berupa asbes, Al, Zn, Cu
  4. Sumbangan zat radioaktif di udara akibat dari kebocoran reaktor nuklir
  5. Adanya asap dari kebakaran hutan maupun asap rokok

Dampak pencemaran udara bagi semua makhluk hidup adalah:

  1. Lapisan ozon semakin tipis
  2. Meningkatnya suhu bumi, sehingga terjadi pemanasan global serta efek rumah kaca
  3. Banyak manusia terjangkit penyakit pernapasan seperti:paru-paru, tenggorokan, TBC
  4. Tingkat kecerdasan anak menjadi menurun
  5. Timbul penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker
  6. Munculnya hujan Asam

Pencemaran Air

Pencemaran air merupakan suatu kondisi dimana adanya perubahan zat atau kandungan di dalam air.

Penyebab dari pencemaran air ini sebagian besar faktornya adalah diakibatkan oleh aktivitas manusia.

Pencemaran air tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja dan tidak ada upaya penanganan. Hal ini karena air merupakan kebutuhan utama bagi makhluk hidup.

Penyebab Pencemaran Air

Pencemaran air ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Adanya peningkatan kandungan nutrient yang terdapat pada air sehingga dapat mengakibatkan adanya eutrofikasi
  • Adanya pembuangan sampah organik yang umumnya dihasilkan oleh limbah rumah tangga seperti air comberan yang dapat mengakibatkan konsentrasi oksigen di dalam air menjadi berkurang sehingga organisme air terganggu kehidupannya.
  • Adanya pembuangan limbah industri secara sembarangan ke dalam air yang mana limbah tersebut mengandung berbagai zat kimia yang sangat berbahaya seperti logam berat, minyak, dan juga padatan. Apabila air sudah bercampur dengan limbah zat kimia tersebut maka air tidak dapat digunakan bahkan dikonsumsi kembali oleh semua makhluk hidup termasuk manusia karena air tersebut sudah tidak aman lagi dan beracun.
  • Adanya penggunaan bahan peledak, seperti bom untuk membunuh dan menangkap ikan di laut yang biasa dilakukan oleh para nelayan juga dapat menimbulkan terjadinya pencemaran air karena bahan dari bom tersebut masuk ke dalam lingkungan perairan.

Dampak pencemaran air

  1. Dapat mengakibatkan banjir karena saluran air yang tertutup oleh sampah
  2. Banyak organisme air seperti ikan, lankton, tumbuhan air, bentik yang mati akibat terkena polutan sehingga dapat mengancam kelestariannya
  3. Semakin sulit mencari sumber air bersih untuk dikonsumsi maupun kebutuhan sehari-hari
  4. Air yang tercemar dapat menjadi sumber penyakit bagi makhluk hidup disekitarnya
  5. Mengakibatkan ekosistem rusak dan terganggu

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Ilmu Pengetahuan © 2018
Indolapak99.com Bandarq, Domino 99, Dominoqq, Capsa Online, Poker88