BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Reproduksi Virus

Reproduksi Virus – Virus merupakan salah satu mahluk hidup yang juga dapat berkembang biak dan tubuh.

Walaupun kebanyakan diantaranya membawa penyakit. Akan tetapi, virus juga merupakan mahluk hidup yang mikroskopis dan dapat diamati perkembangbiakannya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara reproduksi virus. Let’s go!

Perkembangbiakan yang terjadi pada virus melalui replikasi atau memperbanyak diri dalam sel inangnya.

11

Semua energi dan bahan-bahan untuk proses pada sintesis protein virus berasal dari dalam sel inangnya.

Virus dapat bereproduksi ditandai dengan pecahnya virion ketika virus berinteraksi dengan sel inangnya dan akan membentuk partikel dari hasil turunan virus. Proses reproduksi pad virus terjadi melalui lima tahapat yang berurutan, yakni:

Adsorbsi

Merupakan tahapan pertama pada reproduksi virus. Pada tahapan ini virion akan menempel pada reseptor sel inang virus menggunakan serabut ekornya.

Reseptor berupa molekul khusus yang terdapat pada membran sel inang yang kemudian berinteraksi pada virus.

Molekul tersebut akan berbeda pada setiap jenis virus, akan tetapi biasanya berupa zat yang diperlukan oleh virus, seperti protein untuk picornavirus, glukosa untuk orthomixovirus.

Keberadaan reseptor inilah yang kelak akan menentukan proses patogenesitas pada virus, yakni proses mekanisme infeksi yang menyembabkan perkembangan penyakit.

Penetrasi

Merupakan tahapan setelah adsorbsi pada virus. Pada tahapan ini selubung ekor pada receptor akan berkontraksi untuk dapat menembus membran dan dinding sel.

Yang kemudian pada proses ini virus akan melakukan injeksi pada materi genetiknya menuju sel inang. Hal ini akan menyebabkan kapsid virus mati karena kosong.

Eklifase

Merupakan tahapan selanjutnya pada reproduksi virus. Hapan ini merupakan tahapan sintesis virus, dimana DNA pada sel inang akan mengalami proses hidrolisis yang akan dikendalikan oleh materi genetik pada virus, kemudian proses ini akan menghasilkan salinan genom atau asam nukleat serta protein pada komponen virus.

Pematangan

Merupakan proses setelah tahapan eklifase, pada tahapan ini hasil dari tahapan sebelumnya yakni berupa asam nukleat dan protein akan diolah menjadi partikel-partikel virus yang komplit sehingga akan menghasilkan virion baru.

Lisis

Merupakan sebuah siklus yang terjadi jika pertahanan yang ada pada sel inang jauh lebih lemah dari daya infeksi yang dilakukan oleh virus. Sehingga tahapan-tahapan sebelumnya mengalami proses yang lebih cepat.

Baca Juga :

Loading...

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    bandarqq365.com
  1. Depo WD mulai 10rb, Bonus New Member 20% Bonus Mingguan 0.3-0.5%, Referral 10%