Pergerakan Hara di dalam Tubuh Tanaman (Penyerapan Unsur Hara)

Pergerakan Hara di dalam Tubuh Tanaman (Penyerapan Unsur Hara) – Tanaman membutuhkan unsur hara untuk tumbuh dan berkembang.

Unsur hara yang berada di dalam tanah baik itu melalui proses kimia maupun alami, akan diserap oleh akar tanaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Penyerapan unsur hara oleh akar tanaman ini kemudian diproses sedemikian rupa sehingga dapat membantu tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

humif

Mekanisme Penyerapan Unsur Hara

Unsur hara yang terdapat pada media tanam, pada umumnya adalah tanah, akan diserap melalui ujung-ujung akar dan bulu-bulu akar.

Maka dari itu, media tanam yang digunakan untuk budidaya tanaman harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendorong perkembangan akar.

Seperti tekstr tanah yang mempunyai tingkat remah yang cukup baik dan lain sebagainya.

Jika perkembangan akar beserta bulu-bulu akar cukup banyak, maka penyerapan air dan hara bisa maksimal dan keseimbangan antara volume akar dengan pertumbuhan tanaman dapat seimbang.

Penyerapan unsur hara oleh akar dapat dipengaruhi oleh faktor di dalam lingkungan akar dan faktor di luar lingkungan akar.

Faktor di dalam lingkungan akar meliputi jenis media tanam, PH tanah, dan kualitas air. Sedangakan faktor di luar lingkungan akar misalnya temperatur, angin, kelembaban, dan cahaya.

Kategori untuk penyediaan unsur hara tanaman dapat dibagi menjadi udara, air dan tanah. Di udara, unsur hara yang jumlahnya cukup banyak adalah seperti karbon dioksida.

Sedangkan untuk di air misalnya  hidrogen dan dari tanah adalah berbagai unsur hara makro seperti nitrogen, kalium, fosfor dan lain sebagainya.

Aliran Massa

Aliran massa ini memegang peranan penting dalam proses pergerakan unsur hara dalam mendekati akar tanaman.

Aliran massa ini biasanya dibantu oleh aliran air sehingga ion-ion dan zat-zat organik akan terbawa menembus pori-pori tanah dan kemudian dapat mendekati akar tanaman.

Kemudian ion-ion tersebut dapat terangkut dari akar ke daun lewat proses transpirasi yang terjadi pada tanaman.

Kecepatan pergerakan zat melalui mekanisme aliran massa ini lebih cepat dibanding dengan mekanisme pergerakan difusi. Mekanisme aliran massa memegang peranan penting dan dominan dalam pergerakan zat kalium dan sulfur ke daerah permukaan akar.

Sedangkan untuk unsur hara kalium, magnesium dan nitrogen bergerak dengan aliran masa tergantung konsentrasi ion tersebut dalam tanah dan tingkat transpirasi yang terjadi pada tanaman.

Difusi

Pergerakan secara difusi merupakan proses pemindahan suatu zat atau ion secara individu dari suatu daerah ke daerah lain karena adanya perbedaan tekanan.

Perbedaan tekanan ini menyangkut perbedaan konsentrasi zat tersebut. Daerah yang memiliki konsentrasi zat yang lebih rendah akan terisi dengan zat dari daerah yang konsentrasi zatnya lebih tinggi.

Secara sepontan zat akan bergerak dari daerah yang berkonsentrasi tinggi ke daerah yang berkonsentrasi rendah.

Maka pergerakan secara difusi juga merupakan akibat dari mobilitas dan energy kinetik ion yang berpindah didukung adanya penyerapan hara oleh akar.

Pergerakan secara difusi ini sangat efektif untuk jarak angkut yang dekat. Seperti pada pengangkuan ion melintasi membran sel, dinding sel atau dari suatu organ ke dalam suatu sel organ lainnya.

Pergerakan ion hara secara difusi yang terjadi dalam jaringan tumbuhan pada sistem transportasi jarak dekat akan sama cepatnya dengan pergerakan ion yang digerakan oleh energi metabolisme.

Fosfor adalah unsur hara yang paling banyak bergerak secara difusi. Selain itu juga ada ion kalium, magnesium dan nitrogen.

Intersepsi Akar

Mekanisme intersepsi akar ini sangat berbeda dengan mekanisme difusi maupun mekanisme aliran massa. Jika kedua mekanisme pergerakan unsur hara tersebut menyangkut pergerkan unsur hara menuju akar tanaman, maka mekanisme intersepsi akar adalah pergerakan akar menuju unsur hara.

Baca Artikel Lainnya :

Pertumbuhan akar yang memanjang memungkinkanya untuk menemukan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    bandar judi kiu kiu
  1. Service 24 Jam - Hoki Dan Menang Disini - Banyak Bonus Nya - Cepat Cairnya