Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Perbedaan dan Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan dan Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan – Tiap makhluk hidup biasanya terdiri dari berbagai sistem mekanisme kehidupan yang rumit.

Termasuk di dalamnya adalah keberadaan dari sel. Seperti yang diketahui sel memiliki peranan penting dari kehidupan suatu makhluk hidup.

Sehingga tentunya hal tersebut membuat keberadaan dari sel tidak bisa dipandang sebelah mata dengan begitu saja. Tidak terkecuali untuk sel yang dimiliki oleh hewan dan juga tumbuhan.

Baca Juga :

Dimana dua makhluk hidup yang berbeda jenis tersebut tentunya memiliki jenis sel yang berbeda.

Namun ternyata setelah ditelisik lebih jauh lagi nyatanya baik pada hewan maupun sel pada tumbuhan memiliki benang merah.

Benang merah yang masih jarang diketahui oleh orang banyak. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan perbedaan dan persamaan sel hewan dan sel Tumbuhan:

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Karena berasal dari jenis yang berbeda tentunya membuat hewan dan tumbuhan memiliki banyak perbedaan. Tidak terkecuali perbedaan pada sel. Hal tersebut seperti yang akan dijelaskan seperti di bawah ini:

Sel Hewan:

  • Tidak Terdapat Dinding Sel

Hal pertama yang harus diketahui tentang sel hewan adalah bahwa ternyata sel hewan tidak memiliki dinding.

Yang artinya adalah sel hewan tidak memiliki pelindung dari luar. Sesuatu yang berbeda apabila dibandingkan dengan sel yang dimiliki oleh tumbuhan yang diketahui memiliki dinding sel.

  • Tidak Terdapat Plastisida Dalam Tubuh Hewan

Hal kedua yang menjadi ciri-ciri dari sel hewan adalah tidak terdapatnya plastisida dalam tubuh hewan.

Yaitu sebuah plastisida yang berguna untuk menjaga keberlangsungan dari sel itu sendiri. Namun nyatanya pada Hewan ternyata Plastisida tidak terdapat di sana.

  • Terdapat Sentrosom Dalam Tubuh Hewan

Sentrosom sendiri sangat berguna untuk perkembang biakan dari sel itu sendiri. Dimana Sentrosom tidak pernah bisa dipisahkan dari sel hewan.

  • Cadangan Makanan

Sel yang dimiliki oleh hewan juga berguna untuk menyimpan cadangan makanan. Dimana nantinya akan diubah untuk bisa menjadi glukosa.

Sel Tumbuhan:

  • Memiliki Dinding Sel

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sel tumbuhan berbeda dengan sel yang dimiliki oleh hewan. Dimana pada sel hewan tidak memiliki dinding sel maka pada tumbuhan memiliki dinding sel.

  • Tidak Terdapat Sentrosom

Berkebalikan dengan sel hewan yang memiliki sentrosom maka pada sel tumbuhan tidak memiliki sentrosom. Sehingga sudah dipastikan menjadi penegas dari perbedaan dengan sel hewan.

  • Tidak Terdapat Lisosom

Selain tidak memiliki Sentrosom di dalam tubuhnya maka tumbuhan juga tidak memiliki Lisosom di dalamnya. Sesuatu yang berbanding terbalik dengan sel hewan yang dipastikan sudah memilikinya.

  • Terdapat Plastisida

Tidak adanya plastisida juga sebagai bukti perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan.

Persamaan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan

Setelah dijabarkan tentang perbedaan antara sel hewan dengan sel tumbuhan maka selanjutnya yang harus diketahui adalah persamaanya:

  • Sitoplasma

Sudah dipastikan bahwa Sitoplasma terdapat pada sel hewan maupun tumbuhan. Dimana sitoplasma ini berguna untuk melarutkan nutrisi dari makanan yang masuk.

  • Membran

Membran sendiri adalah lapisan dari fosfopolid. Dimana ini merupakan inti terdalam dari membrane sel. Baik yang dimiliki oleh sel hewan maupun yang dimiliki oleh sel tumbuhan.

  • Sel inti

Hewan dan tumbuhan meskipun memiliki berbagai perbedaan dalam susunan sel namun ternyata kedua jenis makhluk hidup tersebut memiliki sel inti yang sama yaitu sel yang seringkali disebut sel sejati.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme