Peranan Penyuluhan Terhadap Kemajuan Pertanian

Peranan Penyuluhan Terhadap Kemajuan Pertanian – Agroteknologi.web.id – Penyuluhan pertanian adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk tujuan memajukan sistem pertanian di suatu daerah dengan cara mendidik atau memberikan informasi penting tentang pertanian kepada para petani melalui pendidikan nonformal agar mereka dapat menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan hal tersebut.

Sebagai negara yang sebagian besar masyarakatnya bekerja di bidang pertanian, penyuluhan pertanian menjadi hal yang sangat penting karena seperti yang kita tahu, pertanian di Indonesia tidak mengalami banyak peningkatan jika dibandingkan dengan sistem pertanian di negara lain, padahal kemajuan perekonomian di Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh faktor pertaniannya.

Oleh sebab itu, kegiatan penyuluhan oleh para penyuluh ahli yang sudah terdidik sangat diperlukan karena memiliki banyak manfaat seperti yang akan disebutkan di bawah ini.

Baca Juga :

Teknologi Pertanian Terbaru Yang Indonesia Punya

Peranan dan Fungsi Kultur Jaringan Untuk Dunia Pertanian

Cara Meningkatkan Produksi Pangan Pertanian

Jenis-Jenis Kapur Untuk Meningkatkan Kemasaman Tanah Pertanian

Jenis-Jenis Mulsa Pertanian

Memberikan pelatihan petani untuk mengambil keputusan

Peran penyuluhan pertanian yang pertama adalah membantu para petani untuk dapat mengambil keputusan yang tepat.

Keputusan dalam hal ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan keputusan tentang produksi, pemasaran produk, hingga ke pengolahan produk tambahan jika memang diperlukan.

Hal ini dilakukan agar nantinya petani bisa lebih mengerti dan meningkatkan hasil keuntungan produksinya.

Membagikan hasil penelitian yang berguna

Peran utama para penyuluh pertanian juga untuk membagikan hasil penelitian mereka kepada para petani.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, para penyuluh yang melakukan penyuluhan pertanian diharuskan seseorang yang memiliki pendidikan atau ilmu di bidang pertanian sehingga mereka bisa membagikan ilmu atau hasil penelitian mereka kepada para petani yang belum mengerti.

Tak hanya untuk sistem bertaninya, tetapi juga penjualan produk pertanian seperti sistem pemasaran, kestabilan harga, maupun input produksi.

Mendorong peningkatan produksi pertanian

Selanjutnya, penyuluhan pertanian juga dapat mendorong peningkatan produksi petanian.

Hal ini karena para penyuluh biasanya telah bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan pengertian pada petani agar meningkatkan budidaya terhadap komoditas pertanian mereka.

Tak jarang mereka juga menyuruh petani untuk meningkatkan suatu komoditas atau jenis tanaman tertentu yang lebih banyak dibutuhkan atau lebih menguntungkan saat itu.

Memberikan semangat pada para petani

Selain memberikan pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pertanian, para penyuluh yang melakukan penyuluhan pertanian juga bertindak sebagai penyemangat para petani.

Mereka akan melakukan motivasi kepada para petani agar petani tersebut tetap semangat melakukan pekerjaannya.

Terlebih jika petani tersebut baru saja mengalami gagal panen atau merugi, maka peran para penyuluh pertanian sangat diperlukan.

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Peran penyuluhan pertanian yang juga menjadi hal utama lainnya yaitu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), atau di bidang ini adalah para petani.

Dengan diadakannya penyuluhan pertanian, diharapkan para petani akan lebih mengerti mengenai pertanian, tak hanya ilmu yang mereka pelajari sendiri, tetapi juga dari ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh para penyuluh.

Mereka juga akan lebih banyak tahu dan terlatih jika mengikuti kegiatan penyuluhan sehingga dapat meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri.

Demikian beberapa contoh peran penyuluhan  untuk kemajuan sistem pertanian. Meskipun terlihat sepele, namun kegiatan penyuluhan juga termasuk pembelajaran yang sangat berguna bagi para petani karena walaupun mereka telah ahli di bidang pertanian, para petani tetap harus mendapatkan informasi dan ilmu tambahan yang berasal dari penyuluh yang sudah melakukan penelitian untuk menyesuaikan sistem bertani mereka dengan budaya atau pengetahuan saat ini.

Yang mana hal tersebut tentu berdampak sangat besar untuk kemajuan sistem pertanian itu sendiri.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    jual linjeri
  1. Produk Terbaru & Original. Hanya di Bobobobo, Beli Sekarang!
  2. dropship lingerie
  3. Cari tau disini bikin Dia happy yuk
  4. software media pembelajaran
  5. Perangkat Lunak Media Pendidikan DAK Sekolah Dasar 2016