Peranan dan Fungsi Semut Rangrang Pada Tanaman

Peranan dan Fungsi Semut Rangrang Pada Tanaman – Semut Rangrang, siapa yang tidak mengenal hewan jenis ini.

Karena biasanya hewan jenis ini memang seringkali mudah untuk ditemukan ketika sedang berada di dekat pohon-pohon besar.

Tentunya hal tersebut bisa terjadi bukannya tanpa alasan. Karena semut rangrang memang tinggal diantara pohon-pohon tersebut.

Namun ternyata banyak orang yang mengganggap bahwa Semut Rangrang adalah hama pada tanaman. Padahal nyatanya anggapan ini adalah sebuah kesalahan besar.

Hal tersebut tidak lepas karena kehadiran Semut Rangrang sudah ada sejak jaman dahulu. Lebih tepatnya ketika masa kerajaan China.

Dimana pada masa itu, kerajaan China ketika akan menanam sesuatu maka akan selalu menggunakan koloni Semut Rangrang untuk bisa membuat tanaman itu menjadi subur nantinya.

Hal tersebut tidak lepas karena Semut rangrang memang memiliki banyak sisi positif untuk tanaman. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskanm peranan semut rangrang pada tanaman:

Mengusir Hama Tanaman yang Menganggu

Musuh utama para petani yang tengah menanam tentunya adalah hama tanaman.

Hal tersebut tidak lepas karena hama tanamanlah yang kemudian membuat tanaman yang sedang ditanam menjadi gagal tumbuh dan kemungkinan paling buruk adalah tanaman tersebut menjadi gagal panen.

Tentunya hasil tersebut tidak diinginkan oleh semua petani dimanapun. Karena apabila tanaman sampai gagal panen tentunya semua usaha yang telah dilakukan akan menjadi sia-sia.

Tentu hal ini membuat petani terus berusaha utnuk mengusir hama yang menganggu tanaman mereka. Namun ternyata hal tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan.

Karena hama tanaman memang dikenal sulit untuk bisa diuris. Namun ternyata kehadiran Semut Rangrang bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengusir hama tanaman tersebut.

Hal tersebut tidak lepas karena Semut Rangrang akan menyerang hama yang datang ke tanaman. Hal tersebut bisa terjadi disebabkan karena Semut Rangrang membuat sebuah sarang di tanaman yang ia tinggali.

Sehingga otomatis hama yang menyerang tanaman tersebut dianggap menganggu sarang dari semut rangrang tersebut. Sehingga tentunya membuat mereka tidak akan berdiam diri ketika sarang mereka terganggu.

Disanalah kemudian semut rangrang akan menyerang hama. Dimana hal tersebut sekaligus juga membuat tanaman menjadi bebas dari hama.

Bahkan menurut penelitian, keberadaan semut rangrang bisa membantu mengusir dua jenis hama utama pada sebuah tanaman.

Sehingga tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi petani dalam menanam tanaman yang mereka inginkan hingga masa panen nantinya.

Sebagai Indikator Suhu Lingkungan

Tentunya suhu udara maupun suhu lingkungan sangat berpengaruh pada tanaman.

Dimana suhu udara maupun suhu lingkungan yang baik akan memberikan efek yang baik pula bagi tanaman.

Namun tentunya bukan perkara yang mudah untuk bisa mendeteksi suhu udara maupun suhu lingkungan suatu tempat.

Namun ternyata perkara tersebut bisa diatasi dengan kehadiran dari semut rangrang. Hal tersebut tidak lepas karena semut rangrang nyatanya memiliki sensifitas rasa dan kepekaan yang begitu tinggi.

Sehingga hal ini nyatanya mampu membuat Semut Rangrang mendeteksi suhu udara maupun suhu lingkungan yang berada di sekitarnya.

Sehingga tidak heran apabila Semut Rangrang sulit untuk bisa tinggal di lingkungan dengan kualitas udara yang tidak sehat apalagi buruk.

Karena apabila hal tersebut sampai terjadi maka dipastikan Semut Rangrang akan menjauh dari lingkungan tersebut. sehingga tidak heran apabila di kota besar dengan kualitas udara yang tidak terlalu baik sudah sulit sekali menemukan Semut Rangrang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme
    www.eazyspadeals.com
  1. Cozy, Clean & Cute Therapist The cheapest price in Seminyak Kuta
  2. cara daftar bandarq
  3. cara daftar bandarq