Penjelasan Mengenai Mikoriza Vesikular-Arbuskular

Penjelasan Mengenai Mikoriza Vesikular-Arbuskular – Pupuk merupakan suatu multivitamin yang wajib diberikan pada tanaman yang akan dibudidayakan, baik itu pupuk organik maupun non organic.

Namun terlepas dari organik dan non organik, tentu terdapat bakteri dan jamur yang berperan baik dalam pupuk yang kita gunakan, karena tidak selamanya hal yang disebut bakteri dan jamur sebagai perusak tanaman.

pengebang

Dalam hal ini, kita membahas mengenai Mirkoriza Vesikuler Arbuskular yang disebut sebagai pupuk hayati dalam memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan sebuah daya serapan unsur hara P Makro dalam tanah.

Selain itu terkandung juga Zn dan Cu yang memberikan kontribusi yang tidak kalah baiknya terhadap serapan unsur hara mikro.

Perlu kalian ketahui bahwa Mirkoriza merupakan sebuah nama yang berasal dari bahasa Yunani, yakni terdiri 2 kata yang memiliki arti berbeda:

  1. Mycos: mengartikan tentang jamur
  2. Rhiza: mempunyai arti sebagai akar

Sehingga jika di artikan dalam bahasa yang lebih universal adalah sebuah jamur akar (Mirkoriza), jamur ini ditemukan pertama kali oleh seorang Ilmuwan berkebangsaan Eropa yang bernama Frank sekitar tahun 1855.

Telah diyakini dan disepakati dari berbagai ilmu pertanian dan berbagai ilmuwan, bahwa Mirkoriza Arbuskular adalah gabungan antara cendawan tertentu terhadap akar tanaman untuk membentuk keterkaitan jalinan interaksi yang komplek.

Mikoriza memiliki habitat yang berada di dalam tanah dan berada pada sekitar tanaman yang disebut rizosfer, sehingga Mikoriza disebut juga sebagai jamur tanah.

Dikarenakan kemampuannya yang memberikan unsur hara makro dan mikro pada sekitar akar tanaman, Mikoriza juga disebut sebagai jamur akar.

Berdasarkan struktur, mikoriza dikelompokkan menjadi 3 tipe, yaitu:

Endomikoriza

Berbentuk meselium yang tersusun berjauhan/longgar pada bagian akar, sehingga hal ini membuat jamur ini tidak dapat membentuk sebuah selubung yang padat.

Ektomikoriza

Memiliki ciri bercabang 2, berukuran pendek, dan terlihat seperti tandan yang rapat.

Selain itu Ektomikoriza juga memiliki sifat dapat membesar, bercabang, dan tidak memiliki rambut pada akar, mempunyai hifa yang berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan air yang efektif.

Ektendomikoriza

Merupakan gambaran bentuk dari Endomikoriza dan Ektomikoriza, sehingga memiliki fungsi sebagai selubung akar tipis yang berupa jaringan Hartiq, dan hifa yang terkandung tersebut dapat menginfeksi dinding sel A korteks.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme
    pokerzo.com judi poker
  1. Daftar Gratis Online 24 Jam & Raih Bonus Menarik Hanya Di Oriental303 Terbaik.
  2. indo13
  3. indo13
  4. insanmedika.co.id
  5. Tersedia Perawat Lansia & Perawat Medis Stand By 24 Jam Tanpa Batas Masa Garansi