Penjelasan Lengkap Mengenai Modal Sosial

Penjelasan Lengkap Mengenai Modal Sosial – Membicarakan mengenai modal, tentu ingatan kita takkan jauh dari modal finansial. Namun modal ternyata tak hanya terbatas pada modal finansial saja.

Penjelasan Lengkap Mengenai Modal Sosial

Penjelasan Lengkap Mengenai Modal Sosial

Istilah modal biasanya merujuk pada suatu sumber yang apabila digunakan dapat menguntungkan.

Terdapat berbagai macam modal yang bersifat menguntungkan. Namun kali kita hanya akan membahas mengenai pengertian modal sosial.

Konsep modal sosial sebenarnya sudah lama dikenal dalam kehidupan bermasyarakat.

Disebut dikenal oleh masyarakat karena modal sosial melibatkan beberapa orang agar terbentuk.

Fukuyama , seorang penulis yang juga ekonom politik mendefinisikan modal sosial sebagai nilai atau norma informal yang terbentuk dan dianut oleh anggota kelompok yang menjadikan mereka menjalin suatu kerjasama.

Konsep awal mengenai modal sosial diungkapkan oleh Lyda Judson Hanifan pada tahun 1916. menurut Hanifan, modal sosial tidaklah identik dengan finansial.

Modal sosial lebih berupa kebaikan, rasa bersahabat, simpati serta hubungan baik antar anggota masyarakat. Menurutnya modal sosial adalah hal yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat.

Tentu saja, seiring perkembangan budaya, konsep modal sosial pun akan mengalami perubahan juga.

Pada tahun 1980an, konsep modal sosial mulai memasuki dunia akademis. Konsep modal sosial pada saat itu dikenalkan oleh Pierre Bourdieu, seorang sosiolog Perancis.

Modal sosial menurut Bourdieu tak hanya mencakup modal yang ada dalam masyarakat saja, namun konsep yang ditawarkan oleh Bourdieu lebih kapital.

Modal sosial menurutnya adalah sumber daya aktual maupun potensial yang berhubungan dengan orang lain melalui kepemilikan jaringan hubungan kelembagaan yang saling mengakui.

Sehingga anggota dalam lembaga tersebut akan memperoleh keuntungan yang dimiliki oleh lembaga tersebut karena kepemilikannya bersifat kolektif.

Coleman, salah satu teoritik yang juga berbicara mengenai modal sosial, mengungkapkan bahwa modal sosial sangat ditentukan oleh fungsinya.

Menurutnya, ada dua unsur yang menggarisbawahi fungsi dari modal sosial, yaitu aspek dari struktur sosial berupa suatu aturan yang mengungkung anggota dalam suatu jaringan sosial, sehingga apabila ada anggota yang melanggar aturan tersebut, maka dia akan dikenakan sanksi dan yang kedua yaitu organisasi sosial yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan bersama.

Modal sosial yang menekankan pada jaringan merupakan konsep yang lebih dikenal oleh masyarakat pada saat ini.

Konsep ini dikenalkan oleh Robert Putman yang menganggap bahwa modal sosial terdiri dari jaringan keterikatan norma yang menentukan produktivitas suatu kelompok masyarakat atau komunitas.

Sehingga, ada dua asumsi dasar dari konsep modal sosial yang diungkapkan oleh Putman, yaitu adanya jaringan hubungan dengan norma yang terkait dan keduanya saling mendukung untuk mencapai keberhasilan di bidang ekonomi bagi orang yang ada dalam jaringan tersebut.

Kesepakatan dan adanya kemauan untuk saling mendukung antara orang dalam jaringan ini sangat berguna dalam membangun pertumbuhan ekonomi terutama apabila jaringan yang ada dalam masyarakat tersebut memiliki anggota yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *