Siapakah yang layak memimpin DKI Jakarta 2017-2022?

View Results

Loading ... Loading ...

Penjelasan dan Definisi Akar Tumbuhan

Penjelasan dan Definisi Akar Tumbuhan – Kita semua pasti sudah tahu, bahwa ada banyak sekali jenis tumbuhan yang ada di bumi ini.

Jika kita mempelajari tumbuhan secara lebih rinci, maka akan mengetahui jika tumbuhan terdiri atas beberapa bagian penting salah satunya ialah akar. Setiap tumbuhan di dunia ini, pasti memiliki akar.

Akar biasanya terdapat di bagian paling bawah tumbuhan dan terletak di bawah tanah, namun terdapat tumbuhan yang memiliki akar yang terletak di atas tanah.

akar ta

Terdapat beberapa tumbuhan yang memiliki akar di atas tanah, salah satunya adalah eceng gondok dan teratai.

Kedua tumbuhan tersebut terdapat di sungai atau danau, sehingga akar tumbuhan tersebut hanya mengambang di dalam air. Akar pada tumbuhan ada yang memiliki kemampuan tumbuh, membesar, tumbuh membesar, atau tidak bertumbuh membesar.

Definisi Akar pada Tumbuhan

Penjelasan dari akar itu sendiri merupakan salah satu bagian pada tumbuhan yang terdapat di dalam tanah, sehingga tidak terlihat oleh mata.

Namun tidak semua akar tumbuhan terletak di dalam tanah, karena terdapat beberapa jenis tumbuhan yang memiliki akar di atas atau tidak tertutup oleh tanah.

Akar pada tumbuhan, berfungsi untuk menyerap kandungan mineral dan kandungan air yang terdapat di dalam tanah.

Air dan mineral yang diserap oleh akar akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan tumbuhan tersebut, agar dapat melakukan proses tumbuh dan berkembang.

Dari penjelasan yang sudah disebutkan di atas, maka dapat disimpulkan jika akar dapat tumbuh dan berkembang di dalam tanah serta sebagian tumbuhan memiliki akar yang berada di atas tanah.

Jenis Akar pada Tumbuhan

Berdasarkan struktur penyusun dan bentuknya, akar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Akar Tunggang

Akar jenis ini merupakan akar yang berasal dari akar lembaga yang tumbuh menjadi akar primer dan umumnya banyak ditemukan pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan berbiji terbuka, seperti tumbuhan wortel

. Akar jenis ini memiliki bentuk yang besar, memiliki beberapa cabang, dan beberapa ranting kecil. Berdasarkan bentuk percabangannya, akar tunggang dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu ;

  • Akar Tunggang tidak bercabang atau sedikit bercabang, seperti pada tumbuhan bengkoang.
  • Akar tunggang bercabang, seperti pada tumbuhan mangga dan rambutan.

Akar Serabut

Akar jenis ini merupakan akar yang berasal dari akar lembaga yang mati dan umumnya banyak ditemukan pada tumbuhan monokotil, meskipun ada juga yang ditemukan pada tumbuhan dikotil yang biasanya hasil cangkok atau stek.

Akar jenis ini memiliki bentuk sedang relative kecil, ramping, biasanya memiliki ukuran sama mirip benang-benang.berdasarkan bentuk percabangannya, akar serabut dapat serabut dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu ;

  • Akar bentuk benang, seperti pada tumbuhan padi.
  • Akar penghisap, seperti pada tumbuhan benalu.
  • Akar nafas, seperti pada tumbuhan bogem.
  • Akar pembelit, seperti pada tumbuhan vanili.
  • Akar lutut, seperti pada tumbuhanpohon tanjung.
  • Akar banir, seperti pada tumbuhan sukun.
  • Akar tunjang, seperti pada tumbuhan bakau.
  • Akar pelekat, seperti pada tumbuhan sirih.
  • Akar gantung atau akar udara, seperti pada tumbuhan beringin.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme