Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian,Kelebihan Dan Kekurangan Hibridasi

Pengertian,Kelebihan Dan Kekurangan HibridasiAgroteknologi.web.id – Hibridasi merupakan salah satu perkawinan silang pada tumbuhan, yang bertujuan untuk menghasilkan jenis varietas baru.

Dengan melalukan perkawinan silang maka nantinya akan menghasilkan jenis tumbuhan generasi baru yang berbeda.

Kawin saling pada tumbuhan dilakukan dengan cara menyilangkan tumbuhan yang menjadi ketua yang terpilih sebagai ketua betina dan juga jantan.

Perkawinan silang biasanya dilakukan dengan cara interspesifik dan juga intergenerik.

Baca Juga : Tahap-tahap Yang Dilakukan Dalam Persilangan Buatan Pada Tanaman

Hibridasi atau perkawinan silang  akan menghasilkan jenis keturunana seperti :

  • segregasi pada f2 apabila kedua tetuanya (betina dan jantan) homozigot.
  • Sedangan segregasi pada f1 jika kedua tetuanya (betina dan jantan) heterozigot

Selain itu, kegiatan hibridasi atau kawin silang biasanya meliputi beberapa langkah seperti:

  • Karakteristik betina dan jantan sebagai tetua
  • Penyebaran biji
  • Panen
  • Persilangan
  • Transfer planlet
  • Pengompotan
  • Serta penanaman individu

Untuk kegiatan dalam penyebaran biji dan juga transfer dilakukan dengan cara aseptic yang dilakukan didalam labolatorium, sedangkan untuk pengompotan dan juga tanaman individu biasanya dilakukan didalam rumah kaca.

Dalam melakukan hibridasi atau kawain silang, dilakukan beberapa pengamatan terutama pada tetua atau induk yang nantinya akan digunakan. Pengamatan ini bertujuan agar hasilnya sesuai dengan prediksi.

Pengamatan juga dilakukan  dari awal persilangan sampai waktu memanen, terbentuknya protokorm.

Selain itu akandiamati pula pertumbuhan planlet didalam botol, tanaman komplotan dan juga tanaman muda yang ditaman secara terpisah.

Waktu yang dilakukan dalam menetukan matangnya biji ialah 103-166 hari, waktu terbentuknya protokorm dari 33-106 hari serta waktu terbentuknya planlet ialah 79-192 hari.

Dari kegiatan-kegitan tersebut, harus diperhatikan ialah dalam pemilihan tetua atau induk dari betina dan jantan berdasarkan beberapa sifat sebagai berikut:

  1. Sifat kualitatif

Sifat ini sangat mudah karena hanya dengan membedakan dari penampakan tetua yang menunjukan perbedaan gen pengendali sifat

  1. Sifat kuantitatif

Sifat ini relative sulit karena harus membedakan fenotipe yang belum tentu disebabkan oleh genotype, karena jika salah akan perpengaruh kepada hasilnya.

Ada beberapasifat yang harus diperhatikan dalam pemilihan tetua atau induk seperti susunan gen, adaptasi dan juga sifat fisiologis.

cara hibridasi sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipahami ketika akan melakukan perkawinan silang. Selain itu cara hibridasi tidak 100 persen dapat berhasil sesuai dengan perkiraan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan hibridasi yang harus diketahui:

Kelebihan Hibridasi

  • Dengan hibridasi maka akan menghasilkan jenis varietas baru yang lebih baik. Sehingga varietas buruk jumlahnya dapat berkurang.
  • Hibridasi atau perkawinan silang biasantya akan menghasilakan banyak keragaman genetic.
  • Mampu memciptakan populasi baru. Dimana dari setiap individu tanaman dapat dipadupadakan dari sifata dan ciri keturunan yang baik.
  • Dapat meningkatkan jenis spesies baru.

Kekurangan hibridasi

  • Cara hibridasi dapat menghilangkan varietas asli dari alam dan terancam punah. Oleh sebab itu, perlu tindakan bijak dalam melakukan hibridasi dengan cara membudidayakan virietas aslinya agar tidak hilang dan punah.
  • Sulit sekali dalam mendapatkan hibrida atar spesies dan juga antar genera. Jika seudah begitu maka perlu dilakukan hibridasi somatic supaya dapat mengatsi semua itu.

Dari kelebihan dan kekurang hibridasi diatas, maka sebagai manusia yang ingin melakukan inovasi dengan cara kawin silang harus memperhatikan betuk efeknya, karena hibridasi juga mempunyai kekurangan yang jika tidak dilakukan dengan bijak akan mempengaruhi varietas dialamnya dan lama-kelamaan akan menjadi punah. Oleh sebab itu perlu menjaga keseimbangan varietas asli dialam.

Baca Juga : Ini dia Beberapa Metode Persilangan pada Tanaman

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme