Pengertian, Penyebab dan Dampak Pencemaran Tanah

Pengertian, Penyebab dan Dampak Pencemaran Tanah – Agroteknologi.web.id – Tanah merupakan salah satu bagian kehidupan yang penting bagi kehidupan di bumi.

Sebab, tanah menjadi rumah bagi banyak spesies mahkluk hidup baik manusia, tumbuhan dan hewan.

Mungkin kita bisa membayangkan jika di bumi tidak ada tanah? tentu tidak ada kehidupan di bumi seperti saat ini?

Baca Juga :

Oleh sebab itu, penting bagi kita semua untuk tetap menjaga kelestarian tanah dan menghindari melakukan pencemaran terhadap tanah.

Pencemaran tanah adalah salah satu masalah lingkungan yang paling membahayakan dan mengkhawatirkan bagi bumi dan seluruh isinya.

Manusia adalah penyebab utama terjadinya pencemaran lingkungan baik pada udara, tanah, dan air.

Sehingga secara tidak langsung, manusia telah merusak bumi yang digunakan untuk tempat kita tinggal. Belum lagi, di era maju seperti saat ini.

Banyak industri pabrik yang menjamur dan banyak dari pabrik-pabrik tersebut membuang limbah berbahaya ke sungai begitu saja.

Akibatnya, air dan tanah yang ada di sungai dekat dengan pabrik-pabrik tersebut terkontaminasi dan membahayakan kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan yang ada di sekitarnya.

Pengertian Pencemaran Tanah

Definisi dari pencemaran tanah adalah keadaan dimana adanya berbagai bahan kimia berbahaya dan beracun yang masuk ke dalam lapisan tanah, akibatnya mengubah struktur hingga lingkungan di dalam tanah yang tercemar.

Faktor utama terjadinya pencemaran tanah karena adanya kebocoran limbah kimia yang biasanya terdapat pada limbah pabrik, baik bahan kimia organik atau bahan kimia tulen.

Umumnya, di setiap pabrik terdapat bunker di dalam tanah yang digunakan untuk tempat penampungan limbah sementara.

Karena letaknya yang ada di dalam tanah, menyebabkan bunker tersebut rawan akan terjadi kebocoran.

Jika bunker tersebut mengalami keretakan atau kebocoran, dapat dipastikan bahan-bahan kimia yang terlarut di dalam limbah akan terserap oleh tanah dan mengakibatkan kerusakan struktur tanah yang ada di sekitar bunker tersebut.

Penyebab Pencemaran Tanah

Selain dikarenakan oleh limbah pabrik, pencemaran tanah juga disebabkan oleh kegiatan dan percobaan lainnya yang dilakukan oleh manusia yang akhirnya mengakibatkan struktur tanah menjadi rusak. Berikut beberapa penyebab terjadinya pencemaran tanah;

  • Pembuangan benda-benda yang sulit diurai oleh tanah seperti sampah kaca, plastik, karet, dan logam yang dibuang ke tanah.
  • Penggunaan sabun dan deterjen yang terlalu banyak.
  • Hujan yang mengandung asam.
  • Kebocoran bahan bakar dan pelumas kendaraan yang hanyut karena hujan serta berakhir ke dalam tanah.
  • Teknik pengelolaan sampah yang salah seperti pembuangan sampah di sungai, laut, hingga danau.
  • Penggunaan pestisida yang berlebihan dalam bidang pertanian, karena jika suatu tanah terlalu banyak mendapatkan pestisida dapat meninggalkan residu di dalam tanah.

Dampak Pencemaran Tanah

Setelah mempelajari pengertian dan penyebab pencemaran tanah, selanjutnya kita akan mempelajari apa saja dampak dari pencemaran tanah.

Terdapat bermacam-macam dampak pencemaran pada tanah, diantaranya adalah sebagai berikut ini;

  • Turunnya kesuburan tanah, akibatnya produktivitas tanah menurun. Karena tanah yang sudah tercemar sulit dan tidak mampu menghasilkan tanaman yang sehat untuk dikonsumsi.
  • Nutrisi alami yang dimiliki oleh tanah akan hilang, sehingga tanaman yang hidup pada tanah tersebut tidak akan berkembang dan mengakibatkan terjadinya erosi.
  • Terjadinya gangguan keseimbangan antara flora dan fauna yang hidup di tanah tersebut.
  • Matinya organisme pengurai tanah.
  • Perubahan pH yang sangat signifikan.
  • Tanaman tidak akan mampu hidup di tanah tersebut, jika ada tanaman yang dapat hidup maka dapat dipastikan tanaman tersebut tidak layak dikonsumsi karena mengandung zat-zat beracun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    yarn indonesia
  1. Contact Directly & Get Live Quotes!
  2. www.satrianiwisata.com/link-exchange
  3. Loncat ke Umroh Promo - Klik “Umroh Promo” untuk mengetahui Semua paket Umroh Promo
  4. domino q
  5. domino q