Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Jenis, Ciri dan Manfaat Hutan Sabana

Pengertian, Jenis, Ciri dan Manfaat Hutan Sabana – Hutan merupakan salah satu kekayaan alam yang ada Bumi serta dijuluki juga sebagai para paru dunia.

Artinya, tanpa adanya hutan serta kekayaan alam saja,hutan juga merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki seluruh dunia khusus nya Indonesia.

Banyak negara- negara yang merasa iri terhadap Indonesia karena mempunyai hutan yang lebat dibanding negara lainnya.

Hal ini dikarnakan hutan menjadi bagian yang sangat dibutuhkan bagi semua makhluk yang ada di Bumi, bahkan Bumi sendiri juga membutuhkannya.

Baca Juga : Jenis Jenis Hutan Berdasarkan Fungsinya

Jenis- Jenis Hutan

Mungkin diantara kita pasti telah mengetahui mengenai apa itu hutan. seperti yang sudah diketahui bahwa hutan ialah kenampakan daratan Bumi yang ditumbuhi berbagai macam ragam jenis pohon maupun jenis lainnya.

bila kita sadar bahwa pasti semuanya nampak sama. Namun ternyata hutan dibagi menjadi beberapa jenis. antara lain :

Hutan Menurut iklimnya, terbagi menjadi sembilan jenis, yaitu:

  1. Hutan beriklim tropic
  2. Hutan beriklim tropis
  3. Hutan beriklim sedang
  4. Hutan berpegunungan tropic
  5. Bioma taiga
  6. Bioma gurun
  7. iklim gugur iklim sedang
  8. Hutan hujan iklim sedang yang selalu tampak kehijauan
  9. Bioma sabana

Hutan Sabana

Mungkin dari kebanyakan orang khusus nya kita mungkin pernah mendengar hutan sabana. Namun ada beberapa pepohonan yang tumbuh menyebar di wilayah sabana.

Sehingga jangan heran bila hutan sabana ini seperti hutan kebanyakan yang terdapat pohon- pohon hijau yag berdaun besar dan lebat serta juga tinggi menjulang.

Hutan ini justru seperti tanah lapang yang luas yang isi nya rerumputan dan hanya diselingi beberapa pohon saja. Tanaman yang hidup menyebar di tanah padang rumput kebanyakan pohon palem dan juga akasia.

Pengertian hutan sabana

Hutan sabana sendiri terbentuk antara perpaduan sub tropis dan tropis. Curah hujan yang kurang membuat wilayah sabana dapat terbentuk. hutan sabana sendiri lebih kenal sebagai padang rumput tropis.

Hutan sabana merupakan bagian dari daratan yang cukup unik. Hal ini iklim Indonesia tidak terlalu kering untuk menjadi padang pasir dan tidak terlalu basah untuk menjadi hutan.

Di dunia ada beberapa daerah yang memiliki cukup banyak hutan sabana antara lain Amerika Selatan, dan juga AfrikaAustralia.

Indonesia bukan tidak mempunyai hutan sabana. Wilayah yang ada di Indonesia mempunyai hutan Sabana ialah Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga : Penyebab dan Dampak Akibat Kebakaran Hutan

Ciri – Ciri Hutan Sabana

Ciri- ciri hutan sabana membedakan dengan hutan lainnya. Beberapa ciri yang dimiliki hutan Sabana ialah sebagai berikut:

  • Pada musim kering, curah hujan yang turun hanya sekitar 4 inchi. Ketika di bulan Desember sampai Februari bahkan tidak ada hujan sama sekali
  • Saat Musim kering tiba, malah cuaca lebih dingin
  • Saat Musim saat terjadi ketika musim panas, yakni dimulai sekitar bulan Mei
  • Hutan sabana sendiri mempunyai suhu hangat serta tetap ditiap sepanjang tahun
  • Hutan sabana sendiri memiliki dua musim yang saling berbeda yaitu musim kering dan musim basah

Ada beberapa ciri hutan sabana. Antara lain tidak dimiliki oleh hutan yang lainnya. karena wilayah dan juga iklim yang sangat berbeda dengan lainnya. hutan sabana terbayang bahwa hutan selalu lebat dengan pepohonan.

Hutan dipenuhi oleh aneka tanaman serta tumbuhan, namun tidak selalu pohon yang menjulang tinggi. Makan dari itu hutan sabana mempunyai ciriyang unik dan juga jenis tanaman sangat beragam dari hutan kebanyakan.

Manfaat Hutan Sabana

Hutan khususnya hutan sabana mempunyai banyak sekali manfaat.biasanya didasaridari pohon yang hidup subur di hutan.bagaimana dengan hutan sabana?

Tentu saja hutan sabana mempunyai manfaat sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya rata rata hutan. Ada Beberapa manfaat hutan sabana antara lain sebagai berikut:

  1. Menahan tanah erosi serta mencegah longsor
  2. Menjadi tempat berbagai binatang serta tumbuhan
  3. Terdapat cukup cadangan air serta penyeimbang alam
  4. Menjaid sumber makanan bagi berbagai binatang
  5. Memiliki nilai keindahan alam
  6. Sebagai tempat rekreasi wisata alam yang dapat dinikmati sendiri maupun keluarga
  7. Sebagai tempat fotrografi
  8. Meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar

Baca Juga : Ciri-ciri Bioma Hutan Gurun

Loading…

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme