Pengertian dan Tujuan Kapitalisme

Pengertian dan Tujuan Kapitalisme – Sistem ekonomi selalu mengalami perubahan. Perubahan sistem ekonomi terjadi karena perubahan kebudayaan, kebiasaan manusia atau ideologi dan pemikiran seseorang.

Pengertian dan Tujuan Kapitalisme

Pengertian dan Tujuan Kapitalisme

Di dunia ini ada berbagai macam sistem ekonomi, dan antar negara satu dan lainnya tentu berbeda sistem ekonomi yang digunakan.

Salah satu sistem ekonomi adalah kapitalisme. Kapitalisme merupakan sistem ekonomi dimana faktor produksi, yaitu modal berupa barang, sumber daya alam, tenaga kerja dan usaha dimiliki oleh individu.

Kapitalisme membutuhkan pasar bebas untuk meraih kesuksesan. Karena kapitalisme bergantung pada permintaan pasar, maka para pemilik modal akan berusaha untuk dapat meraih untung sebanyak-banyaknya melalui pemenuhan produksi barang sesuai permintaan yang ada di masyarakat dan dengan menekan biaya produksi seminimum mungkin.

Apa yang ingin diraih oleh Kapitalisme?

Pengertian kapitalisme berasal dari ide pasar bebas. Pasar bebas memungkinkan terjadi kompetisi dikarenakan kebutuhan dalam masyarakat. Para individu dapat menjual barang yang dibutuhkan oleh pasar dan mendapatkan keuntungan berupa uang dari transaksi tersebut.

Siklus ini bisa membantu individu untuk tetap produktif dalam memenuhi permintaan konsumen, sehingga yang diuntungkan bukan hanya konsumen yang terpenuhi kebutuhannya, namun juga individu yang menjual barang/ jasa.

Ketika suatu usaha dijalankan oleh individu atau sektor privat, maka individu tersebut akan berusaha memaksimalkan produksi barang atau jasa yang ditawarkan, dan berusaha untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan akan coba diraih dengan melakukan inovasi sesuai dengan permintaan pasar, atau bahkan menciptakan pasar untuk suatu produk tertentu.

Sektor usaha yang dimiliki oleh individu ini hanya dapat berpindah tangan melalui cara yang legal, sehingga masyarakat dengan sistem kapitalisme akan sangat bergantung pada kontrak, perjanjian yang adil bagi pihak yang terlibat serta kompensansi jikalau terjadi kerugian yang tidak sesuai dengan perjanjian.

Permasalahan dalam Kapitalisme

Pun kapitalisme pada awal kemunculannya dapat meningkatkan standart hidup masyarakat, namun kapitalisme memiliki permasalahan lain.

Karena kapitalisme berpusat pada adanyaa permintaan dan ketersediaan, maka produktivitas adalah hal yang diutamakan. Hal ini berlaku pula dalam mencari tenaga kerja.

Dalam sistem ekonomi kapitalisme, orang yang akan sukses adalah orang yang memiliki keterampilan serta kompetisi yang dibutuhkan oleh pasar.

Hal ini seperti meniadakan kemungkinan bahwa dalam masyarakat terdapat banyak perbedaan, seperti orang dengan disabilitas, orang tua, serta orang yang tak memiliki akses pendidikan yang layak.

Karena tanpa adanya keterampilan, maka tak akan ada keuntungan yang bisa diberikan kepada pemberi kerja.

Dalam kapitalisme, peran pemerintah akan sangat terbatas dalam mengatur suatu usaha.

Baca Juga :

Namun walaupun terdapat keterbatasan peran pemerintah, namun untuk mengurangi permasalahan yang ditimbulkan oleh sistem ekonomi kapitalis, melalui regulasi serta peraturan hukum, pemerintah dapat membantu agar akses ekonomi bisa terjangkau bagi semua kalangan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *