Pengertian dan Perbedaan Mulsa Organik dan Anorganik

Pengertian dan Perbedaan Mulsa Organik dan Anorganik – Pernahkan anda melihat material penutup tanaman di sawah-sawah atau di tempat pembudidayaan tanaman?

Material penutup tersebut dikenal dengan sebutan mulsa.

Mulsa berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah dan juga untuk menekan pertumbuhan gulma dan penyakit yang dapat menyerang tanaman, sehingga tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dengan adanya mulsa.

Baca Juga : Jenis-Jenis Mulsa Pertanian

Dengan adanya mulsa, benih-benih gulma akan sangat terhalang.

Mulsa ada dua jenis yaitu mulsa organic dan mulsa anorganik, berikut ini penjelasannya :

Mulsa organic

Mulsa Organik adalah mulsa yang terbuat dari bahan-bahan sisa pertanian misalnya jerami padi, batang jagung, batang kacang tanah, daun, pelepah daun pisang, dan lain sebagainya.

Mulsa Organik mudah di dapat dan lebih ekonomis ketimbang mulsa anorganik, namun mulsa organic tidak selalu tersedia. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan dari mulsa organic :

  • Dapat diperoleh dengan mudah dan tidak memerlukan biaya untuk memiliki bahan-bahan muls organic karena bahan-bahan mulsa organic berasal dari sisa sisa pertanian yang biasanya tidak terpakai dan dibuang.
  • Mulsa Organik dapat menurunkan suhu tanah sehingga baik untuk tanaman.
  • Mulsa Organik dapat menekan erosi
  • Mulsa organic dapat menghambat pertumbuhan tanaman pengganggu.
  • Pemakaian Mulsa organic dapat menambah bahan organic yang berguna untuk tanah agar tanah tidak lapuk, karena pada waktu tertentu tanah dapat lapuk dan berbahaya bagi tanaman.

Selain banyak kelebihannya, mulsa organic juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan-bahan mulsa organic tidak selalu tersedia karena bergantung dari sisa-sisa pertanian, sehingga tersedia hanya pada saat musim panen tanaman tiba.
  • Hanya tersedia di sekitar tempat budidaya padi sehingga daerah yang jauh dari tempat budidaya padi membutuhkan biaya tambahan untuk transportasi menuju tempat budidaya padi.
  • Mulsa Organik hanya dapat dipakai untuk 1 kali masa tanam saja, sehingga untuk masa tanam berikutnya mulsa organic tidak dapat dipakai kembali.

Mulsa Anorganik

Mulsa anorganik adalah mulsa yang terbuat dari bahan kimia dan juga plastic.

Jenis mulsa plastic pada umumnya dibedakan berdasarkan warna dan intensitas cahaya yang diteruskan, dapat berupa mulsa plastic hitam, merah, putih, biru, perak, bening dan lain-lain Warna mulsa yang berbeda-beda akan menentukan energy radiasi matahari yang diterima dan akan berdampak ada suhu tanah dari tanaman.

Selain itu, cahaya yang dipantulkan ke permukaan mulsa plastic dapat berpengaruh kepada kondisi lingkungan sekitar tanaman.

Ada beberapa keuntungan dari pemakaian mulsa anorganik plastic dibandingkan dengan mulsa lainnya, yaitu sebagai berikut ini :

  • Mulsa Plastik dapat mengurangi evaporasi karena dengan tertutupnya tanah dengan mulsa plastic kehilangan air akibat evaporasi akan –berkurang. Selain itu dengan mulsa plastic dapat menjaga kelembaban tanah dan meningkatnya kebutuhan air bagi tanaman.
  • Dengan mulsa Plastik dapat meningkatkan produksi tanaman. Peningkatan suhu tanah akan memacu pertumbuhan tanaman dan mempercepat masa panen ketimbang dengan mulsa lainnya.
  • Mulsa plastic dapat mengurangi kehilangan hara dari pupuk. Penggunaan mulsa plastic mampu menjaga nutrisi bagi tanaman menjadi lebih efisien.

Namun, ada beberapa kekurangan dari mulsa plastic yaitu sebagai berikut ini:

  • Harga Mulsa plastic relative mahal ketimbang mulsa lainnya.
  • Ongkos produksi awal yang lebih besar, penggunaan mulsa plastic membutuhkan bahan serta alat-alat pemasangan yaitu lembaran plastic, pembuatan lubang untuk menaruh tanaman, pengelohan tanah, akan meningkatkan ongkos produksi.
  • Mulsa plastic yang sudah tidak terpakai akan menjadi limbah dimana limbah mulsa plastic sangat sukar terurai oleh tanah.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Mulsa untuk Tanaman dan Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    domino99
  1. domino99
  2. distributor pagar brc
  3. distributor pagar brc
  4. model atap baja ringan
  5. model atap baja ringan