Pengertian dan Definisi Vertikultur

Pengertian dan Definisi Vertikultur – Pernahkah anda mendengar istilah Vertikultur?

Vertikultur diambil dari istilah bahasa inggris yaitu vertical dan culture.

Vertikultur merupakan teknik dalam bertanam, yang dilakukan dengan menempatkan media tanam dalm suatu wadah-wadah yang disusun secara vertical.

Vertikultur biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tinggal di kota  atau di wilayah pemukiman padat dimana orang yang tinggal di Kota kebanyakan memiliki lahan yang sempit untuk berbudidaya tanaman.

Baca Juga : Cara Budidaya Dilahan Sempit Dengan Vertikultur

Vertikultur merupakan kreasi atau teknologi alternative dari system pertanian yang mengambil prinsip-prinsip dasar bercocok tanam dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Perbedaan dengan system tanam yang konvensional adalah, jika dalam sistem tanam konvensional kita dapat langsung menanam tanaman di lahan tanah, namun  pada system tanam vertikultur kita menggunakan media tanam untuk melakukan penamaman.

Dapat dikatakan juga bahwa system vertikultur adalah pengembangan dari system tanam yang menggunakan pot atau media tanam lainnya.

Jika menanam di sawah misalnya, per 1 meternya hanya dapat menanam 5 batang tanaman, dengan teknik vertikultur kita dapat menanam 20 batang tanaman per meternya.

Banyak sedikitnya tanaman yang dapat kita tanam dengan system vertikulturb bergantung pada model wadah vertikultur yang kita gunakan.

Beragam jenis tanaman dapat di tanam menggunakan teknik vertikultur, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan maupun tanaman hias dengan syarat tanaman memiliki nilai ekonomi tinggi, berumur pendek atau semusim khususnya sayuran, dan memiliki system perkarangan yang tidak terlalu luas..

Khusus untuk sayuran, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menanam dengan teknik vertikultur, yaitu harus memiliki nilai estetika atau keindahan sehingga selain dapat menghasilkan sayur-sayuran yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi, juga dapat memperindah halaman rumah dan juga bahan harus kuat dan mudah untuk dipindahkan.

Sebaiknya, penggunakan system vertikultur disertai dengan penerapan budidaya bebas pestisida dan menggunakan biopestisida.

Ada beberapa keunggulan dari vertikultur yaitu hemat lahan dan air, mendukung pertanian organic, wadah media tanam disesuaikan dengan kondisi setempat, umur tanaman relative sederhana, dapat dilakukan oleh siapa saja yang berminat, umur tanaman vertikultur lebih pendek sehingga kita bisa memanen lebih cepat dibanding dengan system konvensional.

Pada system vertikultur, nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman terkonsentrasi di dalam wadah media tanam.

Media tanam tersebut, tentu telah dicampur dengan kompos yang telah dicampurkan dengan kompos yang mengandung nutrisi untuk tanaman.

Oleh karena itu, akar tanaman tidak perlu bersusah payah untuk menjalar kemana-mana, seperti tanaman konvensional untuk dapat makanan bagi tanaman tersebut.

Pada system konvensional, pada saat tanaman disiram, nutrisi yang terdapat di sekitar tanaman akan terbawa oleh air ke tempat jauh dari akar sesuai dengan sebaran air, sedangkan dalam system vertikultur hal tersebut tidak terjadi karena system vertikultur selalu menjamin ketersedian nutrisi untuk tanaman.

Jadi sebagai perbandingan sederhana, penyebab tanaman vertikultur berumur pendek dibandingkan dengan tanaman konvensional adalah karena ketersedian nutrisi tanaman yang mencukupi.

Selain itu, penyebaran air sebagai bahan untuk menguarai nutrisi yang terkandung di dalam tanah tidak terbuang ke luar media.

Ada beberapa bentuk vertikultur yaitu sebagai berikut ini :

  1. Vertikultur menggunakan media tembok pagar sebagai wadah untuk menaruh wadah media tanam secara vertikultur.
  2. Vertikultur menggunakan media bamboo untuk media tanam secara vertikultur
  3. Vertikultur menggunakan media talang air untuk media tanam secara vertikultur
  4. Vertikultur menggunakan styrofoam untuk media tanam secara vertikultur.

Baca Juga : Faktor-faktor yang mempengaruhi vertikultur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    jualgratingsteel.com daftar harga plat grating
  1. Black/Untreated, Hot Dip Galvanizing & Painting for Surface Treatment, CN OEM
  2. icf.id
  3. Gratis Ongkos Kirim, Bisa COD dan Bisa Cicilan 0%, Beli Sekarang!
  4. transferfactors-4life.com konfirmasi
  5. Pelatihan Bisnis Impor Modal kecil, mudah, bongkar semua Rahasia. Tmpt terbatas!