Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Tanaman Menyerbuk Sendiri

Pengertian dan Definisi Tanaman Menyerbuk Sendiri – Dalam definisi penyerbukan dan jenis-jenis penyerbukan, baik itu pada tumbuhan khususnya pada bunga yang memiliki dampak dan fungsi dalam suatu proses perkembangbiakan.

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disebut juga dengan persarian.

Kepala putik ada yang berbulu halus dan ada pula yang berlendir. Fungsi dari penyerbukan sangat bermanfaat dalam bentuk kemudahan.

rasa

Fungsi dari penyerbukan ialah memudahkan sebuk sari melekat pada kepala putik.

Penyerbukan sendiri atau dalam bahasa inggris diknal dengan self-pollination adalah proses penyerbukan yaitu proses pindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik yang dilakukan secara khusus terjadi pada bunga yang sama atau antar bunga lain namun masih dalam satu tanaman atau di antara bunga dengan klon tanaman yang sama.

Penyerbukan di antara tanaman-tanaman yang berasal dari perkembangbiakan suatu tanaman yang sejenis secara aseksual ataupun di antara tanaman dalam kelompok galur murni yang memiliki komposisi genetik yang sama akan menghasilkan hasil yang sama dengan penyerbukan pada bunga dalam satu tanaman.

Tanaman yang dapat melakukan penyerbukan sendiri disebut dengan tanaman menyerbuk sendiri.

Pada umumnya penyerbukan terjadi saat bunga belum mekar sempurna atau dalam kondisi tertutup yang disebut dengan penyerbukan tertutup (kleistogami).

Penyerbukan sendiri secara alami

Tanaman dapat diketahui dapat secara alami melakukan penyerbukan sendiri dengan cara melakukan pengamatan secara morfologi terutama pada alat kelamin pada bunga dan percobaan persilangan sekerabat.

Kelengkapan alat kelamin bunga pada suatu tanaman menjadi salah satu poin utama, jika benang sari dan putik terdapat lengkap dimiliki oleh suatu bunga maka tanaman itu ada kemungkinan melakukan penyerbukan sendiri.

Sebaliknya, jika benang sari dan putik terpisah pada bunga yang berbeda atau tanaman yang berbeda maka dapat dipastikan tanaman itu tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri secara alami.

 Pada bunga sempurna, perlu dikaji lebih lanjut waktu penyerbukanya. Bila tanaman dapat melakukan penyerbukan sebelum bunga mekar, maka tanaman tersebut akan melakukan penyerbukan sendiri secara alami.

Pada cara kedua yaitu percobaan persilangan antar tanaman sekerabat, pengamatan dapat dilihat pada tanaman hasil keturunan persilangan sekerabat.

Jika tanaman keturunan tidak menunjukkan gejala penurunan kualitas baik pada penampilan dan hasil maka tanaman itu biasanya termasuk tanaman yang dapat menyerbuk sendiri.

Penyerbukan sendiri buatan

Pada tanaman yang secara alami dapat melakukan penyerbukan silang, penyerbukan sendiri dapat dilakukan dengan cara buatan atau dengan rekayasa oleh manusia.

Pada kasus ini sering disebut dengan persilangan sendiri atau selfing. Penyerbukan sendiri buatan dilakukan cara awal dengan mengumpulkan serbuk sari dari kepala sari suatu tanaman dan kemudian mengoleskannya atau menaruhnya pada putik bunga yang sejenis atau bunga pada tanaman yang sama sebelum diserbuki.

Tujuan dari tanaman menyerbuk silang adalah untuk mendapatkan keturunan yang mempunyai komponen genetik yang sama dengan induknya.

Keturunan hasil penyerbukan sendiri tanaman menyerbuk silang akan mengalami penurunan baik dalam hal penampilan maupun hasil dibanding dengan induknya.

Berikut adalah beberapa contoh tanaman yang secara alami dapat melakukan penyerbukan sendiri:

  • Gandum
  • Padi
  • Kacang panjang
  • Buncis
  • Kacang tanah
  • Kentang
  • Wijen
  • Tembakau
  • Tomat

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme