Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Serta Peran Auksin Bagi Tanaman

Pengertian dan Definisi Serta Peran Auksin Bagi Tanaman – Bagi Anda yang memiliki hobi bercocok tanam atau yang suka memelihara tanaman, mungkin sudah pernah mengamati tumbuhnya tanaman melalui cara-cara yang unik.

Seperti bagaimana tumbuhan bisa tumbuh dan berkembang atau pada tanaman yang di stek, bagaimana bisa tumbuh padahal hanya bagian tunas atau batangnya saja yang ditanam. Keunikan-keunikan tersebut adalah salah satu peranan dari auksin.

Untitled1

Lalu apa sebenarnya auksin itu? Auksin adalah salah satu hormon pertumbuhan pada tanaman. disebut juga dengan Zata Pengatur Tumbuh (ZPT).

Tidak hanya manusia saja yang memiliki hormon pertumbuhan, tetapi tumbuhan juga.

Nah, hormon itulah yang disebut Auksin, terdapat pada tumbuhan, sekarang lebih dikenal dengan nama Asam Indole Asetat (IAA). Namun masih ada beberapa ahli yang menyebutnya dengan auksin.

Istilah Auksin sendiri berasal dari bahaya Yunani, auxien yang berarti meningkatkan.

Auksin ditemukan pertama kali oleh seorang bernama Frits Went, mahasiswa pascasarjana di Belanda. Selain IAA terdapat beberapa jenis hormon yang termasuk dalam kelompok ini, seperti Napthalen Acetic Acid (NAA) dan Indole Butyric Acid (IBA).

Sebenarnya hormon pertumbuhan pada tanaman tidak hanya auksin, sebab masih banyak hormon pertumbuhan lainnya.

Auksin merupakan hormon pertumbuhan yang ada pada meristem apikal (ujung). Meristem adalah sel-sel yang aktif membelah, sering didapati pada tunas dan akar. Meristem yang ditemukan di tunas dan akar disebut meristem primer.

Kegunaan auksin selain untuk merangsang pertumbuhan tanaman, juga sebagai pengatur untuk hormon yang lain.

Semakin banyaknya kadar hormon auksin maka akan semakin cepat pula pertumbuhan dan pembesaran pada tanaman.

Kegunaan auksin yang lain adalah mempercepat pematangan buah, sebagai pengecilan jumlah biji dalam buah serta mempercepat perkecambahan.

Hormon auksin juga berkerja secara sinergis dengan  zat lain seperti sitokinin dan giberelin.

Selain beberapa manfaat di atas, Auksin juga memiliki beberapa peranan lain seperti memanjangkan akar dan tunas, memaksimalkan pertumbuhan batang, menumbuhkan daun, mencegah rontoknya buah dan daun, serta mencegah terjadinya pembuahan tanpa penyerbukan.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan juga peran zat Auksin pada tanaman. Semoga bisa dimengerti dengan baik dan bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Serta Peran Sitokinin Bagi Tanaman

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme