Pengertian dan definisi makronutrien dan mikronutrien pada tanah dan tanaman

Pengertian makronutrien dan mikronutrien – Dalam dunia pertanian, tanah merupakan unsur penting sebagai media tumbuhnya tanaman.

Tanah adalah benda yang bersumber dari alam, terdapat di permukaan kulit bumi, yang mengandung bahan-bahan mineral sebagai hasil pelapukan batuan, dan bahan-bahan organic sebagai hasil pelapukan sisa-sisa tumbuhan dan hewan, yang merupakan media tumbuhnya suatu tanaman.

Di dalam tanah banyak ditemukan ribuan jenis hewan dan mikroorganisme seperti bakteri, fungi dan protozoa, dan juga binatang lainnya seperti cacing, tikus dan lain sebagainya.

Tanaman membutuhkan sejumlah nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan tanamana dalam jumlah yang tinggi. Unsur-unsur yang diperlukan untuk pertumbuhan suatu tanaman disebut dengan makronutrien.

Baca Juga :

Fungsi dan Peranan Unsur Hara Fosfor Bagi Tanaman

Dari Manakah Sumber Unsur Hara Fosfor?

Gejala Kelebihan dan Kekurangan Unsur Hara Kalium Pada Tanaman

Pergerakan Hara di dalam Tubuh Tanaman (Penyerapan Unsur Hara)

Unsur-unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman diantaranya adalah C,H,O,K,N,S,P,Ca,Mg dimana unsur-unsur tersebut merupakan makronutrien.

Makronutrien C,H,O tidak diserap oleh akar sedangkan P,K, dan N adalah nutrisi utama yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Makronutrient sangat diperlukan untuk tanaman, jika tanaman tidak memiliki makronutrient maka tanaman akan kekurangan gizi dan menyebabkan pertumbuhan tanaman akan terganggu.

Selain itu, dalam dunia pertanian dikenal juga istilah micronutrient. Mikronutrient adalah unsur-unsur yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman dalam jumlah yang rendah dibandingkan dengan makronutrient. Unsur-Unsur dari micronutrient adalah Fe, Mn, Cu, Zn, Mo, B, CI, Ni.

Mikronutrien juga diserap oleh akar tanaman sebagai ion dari tanah. Jika tanaman tidak memiliki micronutrient maka proses metabolisme tanaman akan terganggu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai unsur-unsur dari mikro nutrient dan makro nutrient yang dibutuhkan oleh tanaman :

Makronutrient

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa unsur dari makronutrient yang dibutuhkan tanaman yaitu sebagai berikut ini :

  • Nitrogen

Nitrogen berperan untuk pembentukan sel tanaman, organ dan jaringan tanaman. Jika tanaman kekurangan nitrogen maka akan mengakibatkan perubahan warna pada daun dan kerontokan pada daun.

  • Fosfor

Fosfor sangat penting untuk pertumbuhan benih, akar, bunga dan buah pada tanaman. Jika tanaman kekurangan Fosfor maka daun akan menjadi keunguan dan pertumbuhan daun menjadi kecil bahkan menjadi rontok.

  • Kalium

Kalium berperan untuk pengatur proses fisiologi tanaman salah satunya adalah fotosintesis.

  • Magnesium

Magnesium berperan untuk transportasi beberapa enzim pada tanaman.

  • Kalsium

Kalsium berperan terhadap pertumbuhan sel pada tanaman. Jika tanaman kekurangan kalsium mengakibatkan titik tumbuh tanaman lemah.

  • Belerang atau sulfur

Belerang dibutuhkan tanaman dalam pembentukan asam amino sistin. Jika suatu tanaman kekurangan Sulfur maka menyebabkan terjadinya klorosis.

Mikronutrient

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa unsur dari mikronutrient yang dibutuhkan tanaman yaitu sebagai berikut ini :

  • Boron

Boron berguna untuk proses pembentukan sel pada tanaman. Apabila tanaman kekurangan boron maka daun pada tanaman akan berwarna gelap dibandingkan warna normal pada daun.

  • Tembaga

Tembaga berguna untuk activator dan membawa beberapa enzim yang diperlukan pada tanaman dan juga membantu proses fotosintesis tanaman.

Jika tanaman kekurangan Tembaga maka pertumbuhan bunga pada tanaman akan terhambat

  • Seng atau zinc

Seng berfungsi untuk activator enzim.

  • Besi atau ferro

Besi berperan terhadap proses pembentukan protein dan klorofil pada tanaman.

  • Molibdenum

Molibdenum berfungsi untuk membawa electron yang akan berguna sebagai bahan pengubah nitrat menjadi enzim

  • Mangan

Mangan dibutuhkan tanaman untuk sintesa klorofil, tapi jumlah mangan yang dibutuhkan tanaman tidak terlalu banyak.

  • Khlor
  • Natrium

Natrium berguna untuk proses osmosis dan keseimbangan ion pada tumbuhan

  • Nikel

Nikel berguna untuk menguraikan urea dalam proses pembebasan nitrogen ke dalam bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    www.bestin.co.id
  1. PT Tan Bressino Arindra Jaya. Pengamanan resmi & handal. Call Now & Get Promo!
  2. bantarbolang
  3. Kunjungi Segera, Temukan Yang Istimewa Disini. Dijamin Ajib Dah Kontennya.
  4. Dealer honda jatinegara
  5. Dealer honda jatinegara