Pengertian dan Definisi Kompos

Pengertian dan Definisi Kompos – Kompos dalam artian sederhana adalah pupuk alami.

Pupuk alami yang dimaksud disini merupakan pupuk yang diolah dari bahan bahan organic yang memanfaatkan sisa buangan makhluk hidup, baik itu hewan maupun tumbuhan.

Contohnya saja bisa dibuat dari dedaunan atau kotoran hewan seperti sapi atau kambing. Kedua hal tersebut merupakan bahan dasar untuk pupuk kompos.

ase

Untuk prosesnya sendiri, bahan bahan organic tersebut seperti tumbuhan atau kotoran hewan disimpan pada kondisi lingkungan yang hangat dan lembab, sehingga terjadi proses penguraian didalamnya secara biologis oleh  mikroba mikroba yang memanfaatkan bahan organic tersebut sebagai sumber energi.

Unsur pada pupuk kompos ini sangat bermanfaat terhadap kesuburan tanah maupun memperbaiki kondisi tanah yang rusak atau tidak subur.

Karena terbuat dari bahan organik sehingga pupuk ini tidak meninggalkan sampah atau racun pada lingkungan sekitar.

Pupuk kompos ini juga sangat baik untuk diaplikasikan pada tanaman atau tumbuhan lainnya agar tanaman dan tumbuhan tersebut tumbuh dengan subur.

Sifatnya yang ramah lingkungan karena tidak mengandung senyawa kimia apapun sehingga tidak akan merusak tumbuhan ataupun merusak struktur tanah.

Saat ini pupuk kompos lebih banyak dilirik bagi petani sebagai cara yang alami untuk menyuburkan tanaman.

Jika dibandingkan dengan pupuk buatan yang diproses oleh pabrik pabrik atau disebut juga pupuk anorganik dengan kandungannya yang terdiri dari bahan bahan kimia.

Pada awalnya para petani menggunakan pupuk anorganik karena dirasa mampu meningkatkan hasil panennya, akan tetapi seiring berjalannya waktu para petani sadar bahwa pupuk anorganik membawa pengaruh dan dampak yang buruk bagi tanaman, tanah serta hasil panennya.

Banyak kondisi yang diakibatakan dari penggunaan pupuk anorganik, seperti contohnya kerusakan pada tanah atau tanah tidak lagi subuh.

Efek lainnya adalah bagi kesehatan, karena pupuk anorganik mengandung senyawa kimia sehingga melalui sebuah penelitian bahwa bahan kimia tersebut setidaknya terkandung pada tanaman atau hasil panen tersebut.

Oleh sebab itulah saat ini produsen pupuk kompos pun terus berkembang untuk menciptakan pupuk kompos yang baik bagi kesuburan tanaman dan struktur tanahnya.

Selain fungsinya sebagai kesuburan tanah dan tumbuhan. Pupuk kompos ternyata memiliki beberapa manfaat dalam kehidupan. Adapun manfaat tersebut pada dikelompokan berdasarkan aspeknya.

Manfaat di Bidang Lingkungan

Manfaat pupuk kompos selain untuk menyuburkan tanaman dan tanah. Pupuk kompos juga tidak menimbulkan masalah baru pada lingkungan.

Karenanya dengan pengolahan sisa buangan tumbuhan dan kotoran, sehingga mengurangi polusi dari pembakaran bahan bahan organic tersebut yang dapat melepaskan gas metan dari sampah organic yang membusuk itu.

Selain dengan cara pembakaran yang dapat menimbulkan polusi, dengan dijadikan pupuk maka dapat mengurangi kebutuhan lahan untuk penimbunan sampah sampah organic tersebut.

Manfaat di Bidang Pertanian

Untuk manfaat pada bidang pertanian ini jelas telah disampaikan sebelumnya, bahwa pupuk kompas sangat bermanfaat bagi kesuburan tumbuhan dan dapat memperbaiki struktur tanah agar menjadi subur juga.

Selain itu, pupuk kompas juga dapat meningkatkan kapasitas penyerapan air oleh tanah.

Dan manfaat penting lainnya, saat tumbuhan subur maka akan meningkatkan hasil produksinya dengan hasil yang baik pula, karena pupuk kompos ini dapat memberi nutrisi dan hormon pada tanaman. Pupuk kompas juga dapat mencegah pertumbuhan hama dan penyakit pada tanaman.

Manfaat di Bidang Ekonomi

Selain manfaat pada bidang lingkugan dan pertanian, pupuk kompas juga bermanfaat di bidang ekonomi.

Baca Artikel Lainnya :

Bagi mereka dengan jumlah penanaman yang tinggi maka membutuhkan pupuk dalam jumlah banyak pula, dengan memakai pupuk kompos akan sedikit mengurangi pengeluaran untuk merawat dan membuat tanamannya tumbuh subur.

Saat ini nilai jual pupuk kompos pun terbilang tinggi, sehingga hal ini bisa dimanfaatkan pula untuk penambahan income di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    berita bola terbaru
  1. berita bola terbaru
  2. cleaning services
  3. cleaning services