Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Bioteknologi Tanaman

Pengertian dan Definisi Bioteknologi Tanaman – Bioteknologi adalah salah satu cabang keilmuan yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus, dan lain-lain.

Selain itu cabang ilmu ini juga mempelajari berbagai macam produk dari makhluk hidup meliputi enzim, alkohol dan sebagainya dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu.

bungass

Bioteknologi secara umum berarti meningkatkan kualitas suatu organisme melalui aplikasi teknologi.

Jika dimaksudkan pada tumbuhan, maka bioteknologi tumbuhan dapat diartikan sebagai ilmu yang pengetahuan yang digunakan untuk kebutuhan memperbaiki atau meningkatkan produksi tumubuhan.

Aplikasi teknologi tersebut juga dapat memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menyatukan gen dari organisme lain atau melakukan rekayasa terhadap sebuah gen yang ada pada organisme tersebut.

Di bidang teknologi pangan misalnya, bioteknologi digunakan dalam pembuatan bir, roti, maupun keju yang sudah dikenal sejak sekitar abad ke-19.

Dalam bidang medis, penggunaan bioteknologi pada masa lalu dibuktikan dengan ditemukannya vaksin, antibiotik, dan insulin meski masih dalam jumlah yang terbatas dikarenakan proses fermentasi yang tidak sempurna.

Dengan menggunakan teknologi rekayasa genetika, kultur jaringan dan DNA rekombinan, dapat menghasilakn tanaman yang memiliki sifat dan produk berkualitas unggul karena mengandung zat gizi yang lebih jika dibandingkan tanaman pada umumnya, lebih tahan terhadap serangan hama dan juga tekanan udara di sekitar lingkungan.

Dalam biologi terdapat dua jenis bioteknologi, yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.

Pada bioteknologi konvensional penerapan teknik biologi molekulernya masih sedikit sedangkan pada bioteknologi modern penerapan biologi molekulernya sudah terbilang sangat maju, semisal pemakaian alat yang sudah tergolong cangih hingga manipulasi dan rekayasas genetika dalam bidang pertanian.

Beberapa tanaman yang berhasil dikembangkan bioteknologi tumbuhan antara lain, Pepaya resisten virus, Kapas resisten hama serangga, Enzim pemacu produksi susu pada sapi, Jagung resisten hama serangga, Padi yang mengandung vitamin A dan Pisang yang mengandung vaksin hepatitis.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah sekilas tentang pengertian dan definisi bioteknologi tanaman. Semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme