Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengendalian Sederhana Hama dan Penyakit Tanaman Sawo

Pengendalian Sederhana Hama dan Penyakit Tanaman Sawo – Tanaman sawo juga tidak terlepas dari berbagai masalah seperti hama dan penyakit menyerang.

Untuk itu, diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi hal ini. Langkah pertama adalah dengan mengenali jenis hama dan penyakit yang terjadi.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengatasi berbagai gangguan tersebut secara tepat.

Untitled

Hama dan penyakit yang menyerang bisa dalam bentuk berbagai jenis. Efek yang ditimbulkan juga bisa berbagai macam, dari mulai yang bersifat ringan hingga parah.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus jika hama dan penyakit ini sudah menyerang tanaman sawo.

Cara pengendalian hama tanaman sawo

Hama yang menyerang pada tanaman sawo biasanya lebih disebabkan oleh faktor lingkungan sekitar. Lingkungan ini memegang peranan penting dalam kehidupan tanaman sawo.

  • Lalat buah

Lalat buah merupakan hama yang paling mengganggu tanaman sawo. Lalat buah biasanya menyerang ketika buah sudah mulai masuk masa panen.

Gejala yang timbulkan oleh lalat buah biasanya terdapat bintik-bintik hitam pada kulit sawo dan daging buah menjadi busuk.

Cara pengendalian lalat buah pada tanaman sawo adalah dengan membungkus buah sejak masih kecil dan membersihkan area sekitar tanaman.

Jika cara ini dirasa belum berhasil, semprotkan insektisida sistemik dengan campuran promar atau insektisida kontak seperti agrothion 50 EC dosis 4cc per-liter air.

  • Kutu cokelat

Kutu cokelat biasanya menyerang daun sawo yang masih muda dan ranting yang masih muda.

Gejala yang ditimbulkan dari kutu cokelat adalah daun dan ranting yang mengering karena dihisap oleh kutu.

Cara pengendalian hama kutu cokelat pada tanaman sawo dengan cara melakukan penyemprotan menggunakan insektisida diasinon 60 EC berdosis 2 cc dicampur dengan seliter air.

  • Kutu hijau

Kurang lebih sama dengan kutu cokelat yang menyerang tanaman sawo. Kutu hijau juga menyerang daun muda dan ranting muda dan menyerap cairannya.

Selain itu, kutu hijau juga menghasilkan sejenis embun madu yang dapat menarik perhatian hama lain untuk mendekat.

Cara pengendalian kutu hijau pada tanaman sawo adalah dengan cara menyemprotkan insektisida seperti basudin 50 EC berdosis 2 cc diacmpur dengan seliter air.

Cara pengendalian penyakit tanaman sawo

Selain hama, kadang tanaman sawo juga diserang oleh berbagai penyakit. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini kadang dapat mematikan tanaman sawo.

  • Jamur jelaga

Penyakit ini timbul akibat kutu hijau yang tidak segera diatasi. Gejala yang terjadi adalah daun dan ranting seperti tertutup warna hitam dan akan menganggu proses fotosintesis tanaman sawo.

Yang lebih parah, penyakit ini dapat menyebabkan kerontokan pada buah. Cara pengendalian jamur jelaga dengan menyemprotkan fungisida seperti antracol 70 WP berdosis 2 gram dicampur dengan seliter air.

  • Jamur upas

Yang mengkuatirkan, jamur ini bisa menyebar dibantu oleh angin. Pada awalnya, jamur ini berbentuk seperti jarring tipis dan mengkilat, lalu secara perlahan akan membuat kulit tanaman sawo menjadi busuk.

Cara pengendalian jemur jelaga dengan cara menggosok bagian yang terkena dan diolesi dengan cat meni atau ter. Jika belum berhasil, gunakan fungisida seperti cupravit OB 21 berdosis 4 gram per-liter.

  • Hawar benang putih

Penyakit ini menyerang pada batang kulit dan cabang tanaman sawo. Gejala yang terjadi akibat penyakit ini adalah terdapat jamur putih pada ranting dan membuat daun mengering.

Cara pengendalian hawar benang putih tanaman sawo adalah mengurangi kelembaban daun dan memberikan fungisida seperti bentale berdosis 2 gram.

  • Busuk buah

Pada awalnya terdapat bercak hitam pada buah lalu menyebar keseluruh buah, setelah itu daging buah membusuk dan jatuh.

Baca Artikel Lainnya :

Cara pengendalian busuk buah dengan cara memotong buah yang terinfeksi dan menyemprotkan fungisida seperti dithane M-45 80 WP.

Loading…

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme