BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Timun Suri

Klasifikasi dan Morfologi Timun Suri – Sering kali kita menemukan buah timun suri yang terjual di pinggir – pinggir jalan atau di pasar ketika bulan puasa dan di jadikan sebagai buah penyegar saat berbuka puasa.

Apalagi timun suri ini mengandung kaliu yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk menyegarkan dan menjaga kesegaran tubuh yang sedang berpuasa.

Walaupun kita sering menemui buah timun suri ini ketika puasa, bukan berarti tanaman ini adalah salah satu tanaman musiman, karena kapanpun tanaman timun suri ini di tanam bisa.

Memang benar namanya timun suri  dengan bentuk buah yang memanjang mirip timun pada umumnya, tapi ketika dilihat berdasarkan sitologi dan morfologi daun dan ukurna bijinya, timun suri ini lebih mirip ke tanaman berkeluarga labu – labuan seperti  melon atau belewah.

Klasifikasi timun suri

Klasifikasi tanaman timun suri sangat dibutuhkan untuk mengenali jenis tanaman ini dan juga untuk memudahkan proses pembelajaran tentang tanaman timun suri.

Nama latin Cucumis Mel L. Var reticulatus Naudin
Nama umum Chinese hami melon
Kingdom Plantae/plants
Subkingdom Tracheobionta / Vascular Plants
Super division Spermatophyta / Seed Plants
Division Mognoliphyta / Flower Plants
Classis Magnoliopsida / Dicotyledons
Subclassis Dilleniidae
Ordo Violales
Famili Cucurbitaceae / Cucumber Family
Genus Cucumis L / Melon
Spesies Cucumis Mel L. Bar reticulatus Naudin

Morfologi tanaman timun suri

Mengenal bagian – bagian tanaman suri juga sangat diperlukan guna memudkan pengenalan dan juga proses pembelajaran. Morfologi pada tanaman timun suri adalah daun, batang, akar, bunga hingga buah dan biji. Berikut ini penjelasannya:

  • Daun

Daun yang dimiliki tanaman timun suri mirip dengan daun yang dimiliki oleh tanaman melon. Berbentuk lekukan – lekukan dengan bentuk susunan daun yang berselang – seling dan berwarna hijau. Ukurannya cukup lebar.

  • Batang

Batang pada tanaman timun suri berwarna hijau muda yang beruas – ruas dan melekat pada tangkai daun timun suri. Pada batang tanaman suri terdapat bulu – bulu halus berwarna putih. Batang ini bisa di bilang cukup panjang yang tumbuh merambat dengan sulurnya.

  • Akar

Tanaman timun suri memiliki akar tunggang yang berguna sebagai akar utama dan akar serabut sebagai akar tersier yang tumbuh pada sekitar akar utama.

  • Bunga

Bunga pada tanaman timun suri tumbuh pada ketiak daun berwarna kuning yang bentuknya seperti terompet.

  • Buah

Timun suri memiliki buah yang berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi warna kuning ketika buah sudah mulai menua.

Tapi ada juga buah yang sudah masak memiliki warna kulit hijau bergaris putih kekuning kuningan.

Berbentuk lonjong kecil hingga besar seperti semangka yang kulitnya tidak terlalu tebal dan buah juga memiliki warna kuning yang cukup tebal.

  • Biji

Timun suri memiliki biji berwarna cokelat muda yang mirip dengan biji belewah yang terbungkus dalam lapisan seperti gel berwarna orange muda.

Tanaman timun suri ini akan panen setelah usia tanaman sekitar 100 – 130 hari dari masa penanaman yang ditandai dengan buah – buah yang sudah mulai terlepas dari tangkainya. Tanaman ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kalsium, fosfor, zat besi dan juga vitamin.

selain sebagai minuman yang menyegarkan, tanaman suri juga memiliki manfaat kesehatan, seperti sebagai pengendali kadar gula dalam tubuh, menurunkan resiko kanker, membantu proses regenerasi sel tubuh, dan membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Baca Juga : Cara Sukses Budidaya Timun Suri

Loading...

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    production house jakarta
  1. production house jakarta