Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi – Tanaman Sawi Atau yang biasa disebut Brassica juncea L Adalah salah satu jenis tanaman sayuran yang mana bisa dipanen dalam semusim. Sami masih berkerabat dekat dengan tanaman kubis-kubisan seperti, lobak, brokoli dan juga kubis bunga.

Sawi Merupakan tanaman sayuran yang dimanfaatkan daunnya dimana didalam daunnya memiliki kandungan vit dan gizi yang tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

1

Berikut Klasifikasi Tanaman Sawi :

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Tracheobinonta

Super Divisio : Spermatophyta

Divisio : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliophyta

Sub kelas : Dileniidae

Ordo : Capparales

Familia : Brassicaceae

Genus : Brassica

Spesies : Brassica juncea L.

Morfologi Tanaman Sawi

Tanaman Sawi memiliki 3 jenis atau varietas antara lain sawi putih, sawi buma dan juga sawi hijau. Sawi putih yang dikembangkan oleh B.juncea L. Var Rugosa Roxb & Prain memiliki batang yang tegak, bentil yang pendek dan mempunyai daun yang lebar dengan warna hijau tua.

Sedangkan sawi hijau memiliki batang yang pendek, sedangkan pada daun memiliki warna putih, rasanya sangat pahit. pada sawi huma batang relatif pendek dan kecil.

Secara Umum Morfologi tanaman sawi dapat dibedakan sebagai berikut :

a. Akar

Akar pada tanaman sawi merupakan akar bercabang dan akar tunggang yang memiliki bentuk yang bulat dan menyebar di permukaan tanah, biasanya akar dapat menembus tanah dengan kedalaman 30-50 cm. fugsinya yaitu untuk menyerap hara yang berada di permukaan tanah.

b. Batang

Batang pada tanaman sawi biasanya beruas dan memiliki batang yang pendek. batang sawi memilifi peraan sebagai penopang dan menyangga berdirinnya daun sawi di atasnya. sedangkan daun sawi itu sendiri memiliki tangkai yang berbentuk pipih.

c. Daun

Daun pada tanaman sawi berbentuk lonjong dan memanjang,  lebar dan memiliki warna hijau muda hingga hijau tua dan tidak memiliki bulu. tanaman sawi memiliki tangkai daun yang pendek hingga panjang tergantung jenis tanaman sawinya.

d. Bunga

Tanaman sawi diketahui memiliki bunga yang memiliki bentuk memanjang dan memiliki banyak cabang. Tanaman sawi memiliki bunga  dari empat kelopak daun, empat mehakota bunga yang memiliki warna kuning cerah, empat helai benang sari dan satu buah pitik yang berongga dua. sedangkan dalam proses Penyerbukan tanaman ini dilakukan secara alami dengan vabtuan angin dan binatang kecil sekitar.

e. Buah dan biji

Tanaman ini memiliki buah dengan bentuk bulat sampai lonjong, memiliki warna keputihan hingga kehijauan, dan dalam satu buah memiliki biji 2-8 butir biji. Biji berbentuk bulat dan kecil dan memiliki warna coklat hingga kehitaman, memiliki permukaan licin, mengkilap, keras dan juga sedikit berlendir.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    pendekarqq.net
  1. Anda menang, Kami puas. Semua pasti Hoki disini, Melayani 24 Jam, ramah & aman.
  2. distributor teripang di jakarta
  3. distributor teripang di jakarta