Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Putri Malu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Putri Malu – Putri malu dengan nama lainnya mimosa pudica merupakan jenis perdu yang pendek dan termasuk anggota suku polong-polongan yang sangat mudah dikenal disebabkan karena daun-daunnya yang dapat secara cepat langsung menutup atau layu dengan sendirinya saat diberikan sentuh.

Meskipun sejumlah anggota polong-polongan ini mampu melakukan hal yang sama, akan tetapi putri malu lah yang bereaksi lebih cepat dari pada jenis suku polong-polongan lainnya.

klasifikasi-putri-malu

Lamanya kelayuan yang terjadi ini hanya bersifat sementara karena setelah selang waktu beberapa menit maka keadaannya akan kembali seperti semula.

Tumbuhan putri malu ini banyak sekali memiliki nama lain yang sesuai sifatnya tersebut, seperti makahiya berasal dari bahasa Filipina yang berarti malu, kemudian nama lainnya mori vivi dari bahasa Hindia Barat, nidikumba dari Sinhala yang berarti tidur, mate-loi dalam bahasa Tonga, artinya pura-pura mati.

Sedangkan nama putri malu dalam bahasa Cina artinya rumput pemalu, untuk kata pudica sendiri dalam bahasa Latin artinya malu atau menciut.

Tanaman putri malu dapat tumbuh dimana saja dan bisa berkembang biak dengan cepat.

Putri malu sangat mudah sekali terkejut jika mendapatkan sedikit sentuhan seperti jika diraba, maka daunnya akan merunduk atau menutup, seakan – akan seperti sosok seorang putri yang tampak sedang malu-malu saat disentuh sang pangeran.

Akan tetapi jika tanaman putri malu tidak disentuh ataupun diraba, maka daun putri malu tidak akan menutup ataupun merunduk.

Klasifikasi Putri Malu

Berikut ini merupakan klasifikasi dari tanaman putri malu:

  • Divisi                           : Spermatophyta
  • Subdivisio                   : Angiospermae
  • Classis                         : Dicotyledonae
  • Ordo                            : Rosales
  • Familia                        : Mimosaceae
  • Genus                          : Mimosa
  • Spesies                        : Mimosa Pudica

Morfologi Tanaman Putri Malu

  1. Daun

Daun putri malu atau yang juga dikenal dengan sikejut bentuknya berupa daun yang majemuk menyirip ganda dua yang sempurna. Sedangkan jumlah anak daunnya pada setiap sirip tanaman putri malu sekitar 5 – 26 pasang.

Untuk helaian anak daunnya berbentuk memanjang dengan ujungnya yang runcing, bagian tepi yag rata dan pangkal tampak memundar.

Apabila pada permukaan atas dan bawah daun putri malu diraba akan terasa licin, ukuran panjang tanaman putri malu lebih kurang 6 – 16 mm, sedangkan untuk lebarnya sebesar 1-3 mm.

Daun pada tanaman putri malu ini daun berwarna hijau, dan warna ungu pada tepi daunnya.

  1. Batang

Bagian batang tumbuhan putri malu ini sedikit berbeda dengan tumbuhan lainnya, yaitu berbentuk bulat.

Pada umumnya seluruh batang tanaman putri malu memiliki rambut dan duri yang menempel dengan rambut sikat yang arahnya miring kearah bawah atau kepermukaan tanah.

  1. Akar

Tanaman putri malu atau sikejut memiliki akar yang kuat dan berbeda dengan akar-akar tanaman-tanaman lainnya hal ini bisa dilihat saat tanaman putri malu dicabut maka akan terangkat sampai semua akar – akarnya.

Tanaman putri malu tidak bisa dicabut begitu saja, harus menggunakan sebuah alat bantu agar semua akar tanaman putri malu dapat tercabut.

  1. Bunga

Bentuk bunga putri malu bulat seperti bola dan tidak bermahkota atau kelopak bunganya yang besar seperti bunga-bunga yang lain.

Akan tetapi kelopak bunga tanaman putri malu bentuknya sangatlah kecil dengan bergigi empat seperti berselaput putih. Tabung mahkotanya juga berukuran sangat kecil, seperti selaput putih.

  1. Buah

Buah dari tanaman putri malu berbentuk polong pipih seperti garis dan ukurannya yang sangat kecil apabila dibandingkan dengan bentuk buah-buahan tumbuhan lainnya.

  1. Biji

Tanaman putri malu juga memiliki biji sama dengan ukuran yang kecil dan bulat, bentuknya yang pipih.

Untuk penggolongan, tanaman putri malu termasuk kedalam jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan biji dan jenis biji dari tanaman ini adalah biji tertutup atau biasa dikenal dengan nama angiospermae.

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    contoh baju seragam kantor
  1. Temukn Model Seragam Kerja Kantor Info, Jawaban, dan Hasil Terbaik!
  2. agen poker online
  3. agen poker online
  4. nextdigital
  5. nextdigital