Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas – Apakah anda menyukai rujak buah? Tentu tidak asing dong dengan keberadaan buah berwarna kuning sedikit berduri ini. Buah ini berbentuk unik, kulitnya sedikit berduri dank eras disertai dengan dedaunan yang lebat di bagian kepalanya.

Kulitnya berwarna kuning atau jingga pucat sedangkan daun di atasnya berwarna hijau tua. Dagingnya berwarna kuning dan berasa manis dan menyegarkan. Tetapi itu hanya buah dari tanaman Nanas, sebenarnya seperti apa sih tanamannya? Yuk, kita tambahkan pengetahuan kita tentang tanaman Nanas!

Untitled

Tanaman Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah tanaman yang hidup di waktu tertentu saja, dan hanya satu musim dalam setahun (perennial). Tanaman Nanas ini merupakan jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Bolivia, Brazil, dan Paraguay.

Sekarang tanaman ini sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Buah Nanas mengandung banyak sekali mineral vitamin dan enzim serta antioksidan dalam takaran yang cukup besar. Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, buah ini dapat membantu meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, serta membantu memecah protein hewani.

Tidak hanya itu, buah Nanas juga mengandung fosfor yang bermanfaat untuk menghentikan osteoporosis. Sayangnya, buah Nanas mengandung zat bromelian yang cukup tinggi sehingga tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Berikut ini adalah klasifikasi tanaman Nanas:

KINGDOM                  : Plantae (Tumbuhan)

SUB KINGDOM         : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)

SUPER DIVISI           : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)

DIVISI                         : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)

KELAS                        : Liliopsida (Tumbuhan Monokotil)

SUB KELAS               : Zingiberidae

ORDO                        : Bromeliales

FAMILI                        : Bromeliaceae

GENUS                      : Ananas Mill.

SPESIES                    : Ananas comosus (L.) Merr.

(Referensi: plants.usda.gov – Plants Database)

Setelah melihat klasifikasinya, sekarang anda menjadi semakin mengerti mengenai tanaman Nanas dan keluarganya, kan? Tetapi, apakah anda sudah mengerti bentuk fisik tanaman Nanas itu seperti apa?

Walaupun klasifikasinya dapat menggambarkannya, bukan berarti bentuknya ideal seperti yang anda gambarkan lho! Sekarang marilah kita cek seperti apa sih bentuk morfologi tanaman Nanas!

Tanaman Nanas memiliki dua jenis akar yang dapat kita bedakan, yaitu akar yang menjadi akar tanah dan akar samping, akarnya bertipe serabut. Akarnya tumbuh dari batang yang kemudian masuk lebih dalam di ruang antara batang dan daun.

Karena kondisi akar yang terjepit tersebut, bentuk akarnya menjadi sangat pipih dan berbentuk melingkar.Kekuatan akar untuk menembus tanah tidaklah begitu dalam. Kedalaman yang dapat dicapai hanyalah sekitar 30 – 50 cm.

Sedangkan batang tanaman nanas, tempat tumbuhnya akar, memiliki ukuran yang cukup panjang yaitu sekitar 20 – 25 cm. Batang tersebut memiliki ketebalan 2 – 3,5 cm dengan ruas-ruas pendek.

Batang Nanas tidak hanya tempat tumbuhnya akar, disini juga tempat melekatnya daun, bunga, tunas dan buah. Tangkai bunga atau buah pada Nanas adalah merupakan hasil dari perpanjangan batang.

Daun Nanas berbentuk sangat panjang, berukuran sekita 130 – 150 cm dengan lebar 3 – 5 cm lebih. Permukaan daun bersifat halus dan mengkilap berwarna hijau tua, terkadang berwarna merah tua atau coklat kemerahan. Jumlah daunnya tiap batang sekitar 70 – 80 helai tergantung varietasnya. Letak daun Nanas berbentuk spiral, mengelilingi batang bahkan hingga batangnya sendiri tidak terlihat.

Tanaman Nanas memiliki rangkaian bunga majemuk pada ujung batangnya yang bersifat hermafrodit (bunga sempurna) dengan jumlah kisaran 100 – 200 (jumlahnya bervariasi). Letaknya pada ketiak daun pelindung. Pertumbuhan bunga memakan waktu 10 – 20 hari, sedangkan munculnya bunga itu sendiri memakan waktu 6 – 16 bulan dari waktu mulai penanaman.

Bagaimana? Sekarang sudah lebih kenal kan dengan Tanaman Nanas? Mengenal buahnya saja tidak cukup lho. Semoga artikel ini dapat membantu anda sekalian.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme
    www.motorqq.com
  1. Agen terpercaya nomor 1 di Indonesia. Dapatkan Bonus menarik. Daftar Sekarang!
  2. www.win228.com situs web
  3. Berbagai Jenis Permaianan Terbaru
  4. daftar sekolah smk penerbangan di indonesia
  5. Info Daftar Sekolah Penerbangan Dapatkan Hasil Sekarang di ZapMeta?