Siapakah yang layak memimpin DKI Jakarta 2017-2022?

View Results

Loading ... Loading ...

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi – Kiwi memiliki bentuk yang jika dilihat mirip dengan buah Sawo.

Buah Kiwi biasanya dijadikan salad buah, es krim dan sebagai garnish atau hiasan kue.

Ciri khas buah Kiwi antara lain warna kulit bervariasi, coklat atau kuning tergantung varietas. Ketika buah Kiwi dipegang, kulit bagian luar dari buah ini dilapisi rambut halus.

tanaman-kiwi-morfologi

Dengan ukuran buah Kiwi yang pada umumnya sebesar telur ayam ternyata pada bagian dalam buahnya berdaging tebal yang berwarna hijau kemudian dikelilingi oleh biji-biji hitam kecil yang dapat dimakan.

Klasifikasi Tanaman Kiwi

Secara botani, buah Kiwi terbagi dua jenis yaitu Kiwi berwarna hijau dan Kiwi berwarna emas (gold). Sebagaimana dapat diklasifikasikan berikut ini.

Kerajaan (Kingdom) Plantae
Divisi (Division) Magnoliophyta
Kelas (Class) Magnoliopsida
Bangsa (Ordo) Ericales
Famili (Family) Actinidiaceae
Marga(Genus) Actinidia
Jenis (Species) Actinidia deliciosa

(A. Chev) C. F. Liang & A. R. Ferguson

Kiwi jenis gold (kuning) mengandung vitamin E lebih banyak daripada buah lainnya.

Kandungannya mencapai 1,49 mg per 100 gram. Sementara itu, Kiwi hijau memiliki kandungan vitamin E sedikit lebih rendah, yaitu 1,46 mg per 100 gr.

Apabila dilihat dari luar, buah Kiwi hijau dan Kiwi Gold memang tampak sama, namun sebenarnya berbeda jika kedua buah tersebut di iris dan di kupas kulitnya.

Morfologi Tanaman Kiwi

  • Buah

Buah Kiwi pada  umumnya  berbentuk  oval,  dengan  ukuran  telur  ayam ( kurang lebih untuk panjang 5-8 cm dan diameternya 4,5-5,5 cm).

Kulit berwarna hijau gelap kecoklatan dengan  daging  buah  warna  hijau atau  kuning  emas  dan  diikuti dengan biji berwarna  hitam  kecil  yang  bisa  dimakan.

Warna hijau pada buah kiwi disebabkan oleh kadar zat hijau atau klorofil yang tetap tidak berubah pada proses pematangan buah Kiwi. Kiwi memiliki tekstur buah yang lembut  dan berbau khas.

Kiwi hijau lebih banyak memiliki bulu pada kulitnya, dengan rasa lebih segar dan lebih menggigit, sedangkan kiwi kuning kulitnya lebih mulus dan memiliki cita rasa manis buah tropis.

  • Daun

Tanaman Kiwi memiliki bentuk daun oval hampir melingkar, berukuran besar, permukaannya kasar, panjangnya sekitar 7,5 – 12,5 cm.

Ketika daun buah Kiwi berumur masih muda, daun dilapisi dengan bulu halus yang berwarna kemerahan, sedangkan untuk daun yang sudah dewasa berwarna hijau gelap dan  memiliki bulu yang halus kemudian pada  permukaan  atas  tampak berwarna  putih.

  • Bunga

Bunga tanaman Kiwi berwarna putih kekuningan, baunya yang harum, terdiri dari  5-6 kelopak dengan luas bunga kira – kira 2,5 – 5 cm.

Baik bunga jantan maupun bunga betina bisa ditemukan pada tanaman yang berbeda dan keduanya harus ditanam berdekatan agar angin bisa melakukan penyerbukan secara teratur. Lebah dapat juga digunakan untuk membantu penyerbukan.

  • Batang

Tanaman kiwi memiliki batang dengan bentuk bulat memanjang dan memiliki warna yang sangat beragam mulai dari berwarna coklat, keabu-abuan, juga tampak berwarna kehijauan.

Panjang batang tanaman ini menjalar sekitar 6-10 meter. Tanaman Kiwi ini banyak memiliki cabang dari tiap sisi dengan panjang yang berbeda-beda.

Pada batang tanaman Kiwi terdapat sebuah lapisan kulit yang tipis juga memiliki batang dalam lunak dan batang dalam yang lunak ini ternyata kuat untuk menahan berat beban buah, daun maupun bunga pada tanaman Kiwi saat mulai berbuah nanti.

  • Akar

Akar tanaman memiliki akar semu atau tunggang yang memiliki panjang kurang lebih 1-2 meter atau lebih di dalam tanah.

Akar ini terdiri dari akar serabut yang berada di permukaan tanah dan akar tunggal bagian dalam tanah.

Akar tanaman Kiwi mempunyai fungsi untuk menyerap kandungan air dalam tanah dan selain itu bermanfaat sebagai penyangga bagian batang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme