Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu – Tanaman jambu (umumnya yang dikenal adalah Jambu Air) merupakan tanaman yang memiliki buah berwarna hijau atau merah, berbentuk hati serta memiliki rasa yang manis, berair, dan menyegarkan.

Tanaman ini mudah hidup di lingkungan tropis, serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah pengontrol diabetes.

Tidak hanya buahnya saja, batang kayu dari tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Daun tanaman jambu air juga bisa digunakan sebagai pembungkus makanan seperti tape ketan.

Klasifikasi tanaman jambu air adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Dycotyledoneae
Ordo: Myrtales
Famili: Mytraceae
Genus: Syzgium
Spesies: Eguenia aquea

Akar tanaman jambu air bertipe tunggang, dan memiliki ciri-ciri berwarna kecoklatan, kuat, dan keras. Batangnya merupakan batang berkayu (lignosus), kuat dan keras.

Tekstur permukaan kayunya kasar, dan berwarna cokelat muda berbercak coklat. Arah tumbuh batang jambu air tegak lurus (erektus). Percabangan batangnya sympodial, yaitu keadaan dimana cabang utama sulit dibedakan dengan cabang lainnya.

Daun tanaman jambu air merupakan daun tunggal, tersebar di cabang – cabang dan ranting – ranting pohon. Bentuk dasar daunnya melonjong dengan bagian tepi daunnya rata. Pada ujung daun bentuknya menumpul, dan pada pangkalnya mebulat. Panjang daunnya berkisar 15 – 20cm dengan lebar 5 – 7cm.

Bunga jambu air adalah bunga majemuk, berbentuk seperti karang, terletak di bagian ketiak daun. Kelopak bunganya berbentuk sepertin corong. Warna bunganya hijau kekuningan, dengan ukuran benang sari berkisar 3,5 cm dan berwarna putih serta terdapat lebih dari 20 benang sari. Ukuran putiknya berkisar 5 cm dan berwarna hijau pucat. Bunga jambu air tergolong bunga lengkap.

Buah jambu air bentuk nya mirip seperti lonceng atau gangsing, dengan panjangnya kira-kira 3 sampai 5 cm. Ketika masih muda, warnanya adalah hijau kekuningan dan semakin menua warnanya juga akan semakin memerah. Buahnya termasuk buah sejati tunggal berdaging. Biji buah jambu air memiliki bentuk seperti ginjal dan memiliki diameter kurang lebih 1,5 cm, berwarna putih kecoklatan dengan selaput putih sebagai kulit bijinya.

Updated: April 27, 2019 — 4:52 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *