BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji Merah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji Merah – Jambu biji adalah tanaman buah yang sangat populer dan pada umumnya dikenal banyak oleh masyarakat.

Jambu merah ini berasal dari daerah tropis di Amerika.

Tanaman jambu biji ini termasuk ke dalam golongan famili Myrtaceae dengan ordonya Myrtales disertai bentuk batang yang keras, panjangnya sekitar 10 hingga 20 meter bahkan lebih dari itu dan buah jambu biji berwarna hijau muda kekuningan yang berbentuk bulat.

jambu-biji-merah

Artikel Terkait :

Daun jambu biji banyak dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati batuk dan diare juga membantu meningkatkan kadar trombosit darah baik bagi penderita demam berdarah.

Kebanyakan tanaman jambu biji mempunyai lebih kurang sebanyak 50 spesies yang tersebar diberbagai daerah tropis yang ada di Indonesia.

Banyak jenis jambu biji yang ada sehingga dapat ditemukan dimana saja. Salah satunya tanaman jambu biji merah yang juga berbentuk pohon dengan batang yang terlihat sangat jelas dan berkayu, silindris, permukaan batangnya yang licin berwarna coklat muda dengan percabangan yang dikotom dan terlihat kerak atau bagian kulit yang mati.

Arah tumbuh cabang tanaman jambu biji ini condong arah keatas dan juga ada yang mendatar.

Pohon jambu biji merah banyak yang ditanam sebagai pohon buah-buahan. Selain itu pohon jambu biji juga sering tumbuh liar dan bisa ditemukan pada ketinggian lebih kurang 1 m sampai 1.200 m dari permukaan laut.

Klasifikasi Tanaman Jambu Biji Merah

  • Kingdom                     : Plantae atau Tumbuhan
  • Sub kingdom               : Tracheobionta atau tumbuhan berpembulu
  • Superdivisi                  : Spermatophyta atau menghasilkan biji
  • Divisi                           : Magnoliophyta atau tumbuhan berbunga
  • Kelas                           : Magnoliopsida atau berkeping dua/dikotil
  • Sub kelas                     : Rosidae
  • Ordo                            : Myrtales
  • Famili                          : Myrtaceae atau suku jambu – jambuan
  • Genus                          : Psidium
  • Spesies                        : Psidium guajava L.

Morfologi Tanaman Jambu Biji Merah

Akar

Jenis akar pada jambu biji merah adalah akar jenis tunggang yang bercabang dan berbentuk kerucut dan panjang meruncing, tumbuh lurus ke arah dalam tanah, memiliki cabang yang banyak, dan berwarna coklat muda hingga coklat tua.

Akar dari tanaman jambu biji merah ini bermanfaat untuk menyokong tanaman agar menjadi lebih kuat dan bisa membantu menyerap unsur – unsur air serta zat makanan yang ada didalam tanah.

Batang

Batang tanaman jambu biji merah ini keras, kemudian bentuknya yang memanjang dan juga memiliki permukaan halus serta licin.

Batang tanaman ini bentuknya bulat yang memiliki diameter kurang lebih 10 – 20 cm, tak hanya itu batang tanaman ini kuat tergantung jenis dan varietesnya. Batang tanaman ini mempunyai ruas yang pendek kemudian dilengkapi dengan adanya percabangan yang banyak.

Daun

Daun tanaman jambu biji merah memiliki bentuk bulat oval dengan warnanya yang kehijauan muda hingga tua. Bagian tepinya merata yang berdiameter 2 hingga 3 cm.

Daun jambu biji dilengkapi dengan adanya pertulangan daun kira – kira sebanyak 5 – 10 dalam satu daun. Daun jambu biji tergolong daun yang tidak lengkap karena daunnya hanya terdiri dari tangkai dan helaian saja yang biasa dikenal dengan daun bertangkai.

Bunga

Bunga dari jambu biji merah ini warnanya putih kemerahan dan juga terdiri dari dua buah mahkota yang terdiri dari 4 – 5 daun berkelopak dengan jumlah mahkotanya yang sama.

Daun mahkota tanaman jambu biji merah ini biasanya saling berhadapan kemudian dilengkapi dengan tangkai sari yang berwarna cerah.

Bakal buah yang akan menjadi buah jambu biji adalah bunga jambu biji yang dapat berbunga dengan penyerbukannya yang dibantu dengan angin ataupun hewan lain seperti serangga.

Buah dan Biji

Buah jambu biji merah ini berbentuk bulat yang memanjang dan sedikit oval dengan warna hijau kekuningan, buah jambu biji merah termasuk buah tunggal yang dalam satu bunga hanya dapat menghasilkan satu buah saja.

Buah ini memiliki daging yang tebal dengan warna merah, dan dilengkapi dengan biji dan biasanya dalam satu buah terdapat biji yang sangat banyak sekitar 50 – 100 biji.

Loading...

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    bandarq
  1. bandarq