Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Durian – Durian merupakan tumbuhan berbentuk pohon yang memiliki akar tunggang dengan tinggi 27 – 40 m.

Selain itu durian adalah salah satu jenis tanaman yang berumur lama atau panjang (perenial), kemudian batangnya yang berkayu, tegak, silindris, permukaan yang kasar, kulit pecah-pecah, percabangan yang banyak arah mendatar.

Tanaman durian bisa tumbuh dengan baik pada daerah tropis, terutamanya untuk daerah yang ada di Indonesia.

klasifikasi-durian

Setiap buah durian berisi lima baris juring yang didalamnya terdapat beberapa biji dan menyelimuti daging buah durian seperti warna putih, kuning, krem, atau kuning ketuaan.

Artikel Terkait :

Pada umumnya setiap varietas tanaman durian dapat menentukan seberapa besar dan kecilnya ukuran buah, kemudian rasa buah, tekstur, dan juga dari segi ketebalan daging buahnya.

Klasifikasi Tanaman Durian

  1. Kingdom :      Plantae (Tumbuhan)
  2. Subkingdom :      Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  3. Super Divisi :      Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  4. Divisi :      Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  5. Kelas :      Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  6. Sub Kelas :      Dilleniidae
  7. Ordo :      Malvales
  8. Famili :      Bombaceae
  9. Genus :      Durio
  10. Spesies :      Durio zibethinus Murr

Morfologi Tanaman Durian

Bentuk tanaman durian tumbuh berupa pohon, kemudian batang terlihat jelas, terdapat kayu atau lignosus, dan bentuknya yang silindris.

Sedangkan arah tumbuh dari batang durian tegak lurus dengan setiap percabangan yang ada.

Selain itu arah tumbuh cabang dari tanaman durian condong sedikit keatas dan juga ada yang mendatar.

Kemudian untuk kulit batang atau yang biasa dikenal dengan istilah pepagan, memiliki warna coklat, dan mengelupas terus menerus secara tidak beraturan.

1), Daun atau folium)

Tanaman durian tergolong daun tunggal yang tidak lengkap, karena pada suatu daun yang dikatakan tidak lengkap memiliki beberapa bagian sebagai berikut yaitu:

  • Tangkai dari daun atau petiolus
  • Helaian daun atau lamina

2). Bunga

Tanaman durian mempunyai panjang dengan kelopak tambahan lebih dari 2 cm. Terdapat 2 jenis kelamin bunga pada tanaman durian ini yaitu kelamin jantan dan kelamin betina, oleh sebab itu biasa dikenal dengan sebutan bunga yang sempurna. Proses penyerbukan bunga sempurna ini dilakukan melalui kontak langsung ataupun dilakukan sendiri.

Kemudian juga dapat dibantu oleh lingkungan yang ada di sekitar seperti keadaan angin, juga berbagai jenis hewan yang ada lingkungan sekitar.

3). Biji

Biji pada durian ini berbentuk bulat dan memanjang yang dilengkapi dengan serabut halus pada bagian ujungnya.

Biji durian mempunyai warna bagian dalam yang putih dan warna bagian pada permukaan yang kekuningan.

Untuk biji yang ada pada tanaman durian ini hanya terdiri dari beberapa lapisan saja. Lapisan pertama mempunyai kulit bagian luar ( epidermis ) yang bentuknya tipis, sedangkan bagian dalamnya dermis yang tebal.

4). Kulit

Buah durian mempunyai kulit yang pada permukaan kulit ini terdapat duri yang sangat tajam dengan bentuknya yang runcing serta pada bagian bawah tampak melebar.

Kulit buah durian ini mempunyai tingkat ketebalan lebih kurang sebesar 1,5-2 cm atau bahkan tergantung dari  varietas  seperti warna yang kekuningan atau kehijauan.

5). Tulang Daun

Pertulangan daun tanaman durian tampak menyirip. Pada bagian ibu tulang daun atau dikenal dengan istilah costa, terlihat memanjang mulai dari pangkal daun atau sampai pada ujung daun dan dari costa kemudian keluar ke arah samping tulang-tulang cabang atau nervus lateralis.

Tepi daun tanaman durian tampak rata dan tangkai daunnya berbentuk mirip silindris dan juga tidak akan menebal seperti yang terjadi pada bagian pangkal tanamannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2015 Frontier Theme
    pokerzo.com
  1. Daftar Gratis Online 24 Jam & Raih Bonus Menarik Hanya Di Oriental303 Terbaik.
  2. indo13
  3. indo13