Klasifikasi dan morfologi Tanaman cincau hitam

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cincau Hitam – Tanaman cincau hitam merupakan salah satu tanaman yang memiliki ketinggian sekitar 30 – 60 cm dan berbentuk perdu.

Sangat baik tumbuh pada daerah yang memiliki ketinggian sekitar 75 – 2.300 meter di atas permukaan laut, selain itu tumbuhan ini dapat juga tumbuh ketika musim hujan dan kearau tiba.

Pada umumnya tanaman ini tumbuh baik pada daerah jawa, Bali, Sumbawa, Lombok, Sulawesi dan Sumatera utara.

Baca Juga :

Tanaman yang sangat terkenal karena sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar janggelan atau cao ini membuat sebagian petani untuk memilih membudidayakannya, apalagi permintaan yang cukup banyak dan hasil panen juga bisa bertahan cukup lama karena hasil panen tersebut berbentuk kering.

Tapi sebelum melakukan proses pembudidayaan alangkah baiknya jika nada mengetahui klasifikasi dan morfologi tanaman cincau hitam terlebih dahulu. Berikut ini klasifikasi dan morfologi tanaman cincau hitam yang harus anda ketahhui :

Klasifikasi tanaman cincau hitam

Setiap tanaman memang perlu di klasifikasikan atau di golongkan guna memudahkan pengenalan terhadap jenisya, dengan begitu dapat mudah untuk di kenali untuk dipelajari. Berikut ini adalah klasifikasi tanaman cincau hitam :

Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Sub Kingdom Tracheobionta (Tumbuhan)
Super divisi Spermatophyta (Menghasilkan Biji)
Divisi Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas Magnoliopsida  (berkeping dua)
Sub kelas Asteridae
Ordo Lamiales
Famili Lamiaceae
Genus Mesona
Spesies Mesona Palustris BL

Morfologi tanaman cincau hitam

Morgologi juga sangat diperlukan untuk mengetahui bentuk fisik dari si makhluk hidup, sehingga memudahkan untuk pengenalan terhadapanya dan proses pembelajarannya.

Berikut ini morfologi tanaman cincau hitam seperti daun, batang dan bunga nya :

  1. Batang tanaman cincau hitam

Tumbuhan cincau hitam memiliki batang beruas dan berkayu berbentuk persegi kecil ada bulunya dengan warna kemerahan.

  1. Daun tanaman cincau hitam

Daun yang dimiliki warnanya hijau, memiliki bentuk lonjong yang tipis lemas dengan ujung runcing tetapi pangkal tepian daun bergerigi nan berbulu.

Panjang daun yang dimilikinya memiliki panjang sekitar 10 cm dengan tangkai sekitar 2 cm. Daun ini terletak saling berhadapan tapi selang – seing dengan daun berikutnya.

  1. Bunga tanaman cincau hitam

Cincau hitam memiliki janis bunga majemuk yang berwarna putih keunguan atau merah muda yang berbentuk seperti kemangi .

  1. Akar tanaman cincau hitam

Tanaman cincau hitam memiliki akar serabut yang gunakan untuk menyerap air dan mineral lain dalam tanah.

Tanaman cincau hitam ini memiliki bentuk perdu merumpun yang memiliki banyak kandungan senyawa bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari, seperti  karbohidrat, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Karena kandungan tersebut, menjadikan tanaman cincau ini dapat dijadikan untuk mencegah penyakit diabetes melitus hingga jantung stroke.

Bahkan cincau kering ini dapat dimanfaatkan sebagai minuman cao yang dijual di pinggir jalan atau sebagai campuran minuman lain.

Jika anda sudah mengerti klasifikasi tanaman cincau dan morfolognya, tidak salahnya jika anda memilih untuk membudidayakan cincau hitam ini, apalagi permintaan pasar cukup lumayan banyak dengan harga yang lumayan mahal.

Pastikan anda memilih bibit cincau yang terbaik dari tanaman cincau yang berusia tua di lahan yang telah di bersihkan dari para tanaman pengganggu seperti gulma.

Anda harus memperhatikan proses perawatan tanaman cincau ini juga seperti pemupukan, penyiangan, pengairan dan pencegahan terhadap penyakit guna mngurangi terjadinya hasil yang menurun atau kualitas yang menurun ketika panen sehingga kemungkinan rugi kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anti Spam *

Agroteknologi © 2017 Frontier Theme
    harga wiremesh m8
  1. harga wiremesh m8